June 22, 2020

Bersama Kemenperin RI, Tokopedia Ajak Masyarakat Ikuti #GerakanOtomotifNasional

Penulis: Desmal Andi
Bersama Kemenperin RI, Tokopedia Ajak Masyarakat Ikuti #GerakanOtomotifNasional  

Mobitekno – Kampanye #GerakanOtomotifNasional ini diluncurkan Tokopedia bersama Kemenperin RI untuk membantu industri otomotif di tengah kondisi pandemi Covid-19. Selama pandemi, para pelaku usaha di industri otomotif mengalami penurunan kinerja hingga 40 persen. Oleh sebab itu, inovasi di sektor otomotif ini diharapkan dapat membantu mereka dengan memanfaatkan sarana penjualan online.

“Kampanye #GerakanOtomotifNasional bertujuan mengajak masyarakat untuk mendukung IKM lokal di sektor otomotif agar mereka dapat terus mengembangkan usahanya walau di tengah pandemi melalui platform daring,” ujar Agus Gumiwang, Menteri Perindustrian RI. “Inisiatif tersebut juga sejalan dengan fokus pemerintah untuk membangkitkan kembali semangat pelaku IKM dalam menghasilkan produk otomotif lokal berdaya saing demi memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor,” lanjut Agus Gumiwang.

Program ini sendiri akan berlangsung selama 22-29 Juni 2020. Masyarakat bisa menemukan berbagai produk otomotif di dalamnya. Tidak hanya produk, masyarakat juga bisa menemukan cerita inspiratif para pegiat usaha otomotif lokal bunaan, serta informasi yang mengangkut kampanye di halaman khusus di Tokopedia.

“Sejalan dengan fokus Tokopedia dalam #JagaEkonomiIndonesia, kampanye #GerakanOtomotifNasional ini merupakan salah satu komitmen kami bersama para mitra strategis dalam memastikan pelaku industri otomotif lokal, dapat terus menjalankan bisnisnya secara online melalui Tokopedia, sekaligus menjaga perputaran roda ekonomi Indonesia di tengah pandemi ini,” kata William Tanuwijaya, CEO dan Founder Tokopedia.

Tokopedia

Saat ini, terdapat lebih dari 8,3 juta penjual di Tokopedia yang 94%nya berskala ultra mikro. Jika dibandingkan dengan Januari lalu – tercatat 7,2 juta penjual – artinya ada lebih dari 1,1 juta masyarakat yang baru memulai menciptakan peluang bisnis daring lewat Tokopedia.

Dalam membantu para pengusaha otomotif lokal ini, Tokopedia selalu mendampingi mereka dalam mengembangkan usahanya. Pendampingan mulai dari mendorong peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran. Tokopedia juga menyediakan akses rangkaian webinar dan kelas daring secara gratis kepada mereka.

“Kami sangat menghargai inisiatif pemerintah dan Tokopedia dalam membantu pengusaha otomotif lokal tetap beroperasi di tengah pandemi melalui kampanye #GerakanOtomotifNasional. Kami berharap kolaborasi ini dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk terus mendukung keberlangsungan industri otomotif dalam negeri, salah satunya dengan membeli produk-produk yang dihasilkan oleh kreator lokal,” kata Ramadhan Rizal Putra, pemilik brand Nutens, yang sempat mengalami penurunan penjualan hingga 70 persen di masa pandemi.

Dalam membantu perekonomian Indonesia, sebelumnya Tokopedia juga telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menginisiasi beragam program dalam rangka mendukung tumbuh kembang pegiat usaha lokal dari berbagai industri yang terdampak pandemi, mulai dari #BanggaBuatanIndonesia, #SatuDalamKopi hingga #RamadanBanggaLokal.

Tags: , , , ,


COMMENTS