January 22, 2020

Qualcomm Luncurkan Tiga Mobile Platform Terbaru, Inilah Fitur Kunci Ketiganya

Penulis: Rizki R
Qualcomm Luncurkan Tiga Mobile Platform Terbaru, Inilah Fitur Kunci Ketiganya  

Mobitekno – Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan peluncuran tiga mobile platform terbaru, yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 720G, 662 dan 460 yang akan meningkatkan pengalaman pengguna di bidang konektivitas, gaming dan hiburan. Tiga mobile platform ini menggunakan fitur kunci Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 yang terintegrasi dengan teknologi audio canggih melalui subsistem Qualcomm® FastConnect™ seri 600, mendukung Dual-Frequency (L1 dan L5) GNSS (Global Navigation Satellite System), dan merupakan solusi system-on-chip pertama untuk mendukung Navigasi dengan Indian Constellation (NavIC).

Didesain untuk memberikan pengalaman pengguna AI terbaru di bidang fotografi, voice assistant, dan tampilan skenario always-on untuk kesadaran kontekstual, tiga platform baru ini juga mendukung Qualcomm® AI Engine dan Qualcomm® Sensing Hub. “Pengguna ponsel pintar saat ini menginginkan konektivitas yang cepat, tanpa batas, fitur-fitur canggih dan baterai yang tahan lama,” kata Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Pertama kalinya didukung di perangkat seluler, Qualcomm® Location Suite sekarang didukung hingga tujuh satelit secara bersamaan, termasuk penggunaan semua satelit operasi NavIC untuk lokasi yang lebih akurat, penguncian lokasi awal atau TTFF (time-to-first-fix) yang lebih cepat, dan peningkatan layanan berbasis lokasi agar lebih akurat.

Snapdragon 720G

Snapdragon 720G mengubah pengalaman bermain game dan hiburan yang luar biasa dengan fitur Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™, kemampuan fotografi/video yang luar biasa dan kinerja yang cerdas. Memanfaatkan fitur Snapdragon Elite Gaming dari platform mobile kelas premium, Snapdragon 720G menghadirkan permainan game HDR yang mulus, permainan warna dan kontras yang dinamis, penampilan game yang realistis dan imersif, serta suara tersinkronisasi berkualitas tinggi dengan Qualcomm® aptX ™ Adaptive.

Qualcomm Snapdragon 720G Mobile Platform

Snapdragon 720G juga menghadirkan Qualcomm® AI Engine generasi ke-5 terbaru dengan Qualcomm® Hexagon™ Tensor Accelerator yang ditingkatkan dan memungkinkan sejumlah pengalaman AI baru untuk gaming, fotografi, voice assistant, dan kesadaran kontekstual yang always on. Snapdragon X15 LTE modem yang terintegrasi mendukung 3-carrier aggregation, 4×4 MIMO untuk dua carrier dan modulasi 256- QAM (quadrature amplitude modulation) untuk kecepatan unduh hingga 800 Mbps.

Selain itu, dengan subsistem FastConnect 6200, Snapdragon 720G menggandakan kecepatan dan jangkauan Wi-Fi untuk permainan dan penelusuran website, dibandingkan dengan perangkat yang memiliki satu antena, dan juga menghadirkan fitur utama dari Wi-Fi 6 seperti penggunaan antena 8×8 dengan MIMO multi-pengguna untuk 2x peningkatan dibandingkan perangkat Wi-Fi 6 yang kompetitif, Target Wake Time untuk efisiensi daya hingga 67% dan rangkaian keamanan WPA3 yang lengkap, serta Bluetooth 5.1 terintegrasi dengan kemampuan audio canggih. Terakhir, Anda akan merasakan penghematan daya dan peningkatan kinerja karena proses teknologi 8nm Snapdragon 720G dan arsitektur CPU yang ditingkatkan.

Snapdragon 662

Untuk pertama kalinya, Snapdragon 662 menghadirkan kemampuan kamera dan AI yang menakjubkan ke seri 600. Dengan menampilkan Qualcomm Spectra 340T terbaru yang mendukung konfigurasi tiga kamera baru dan peralihan yang mulus di antara keduanya — pertama dalam seri 600.

Qualcomm Snapdragon 662 Mobile Platform

ISP yang lebih kuat akan mendukung pengambilan foto dalam format HEIF (high efficiency image file) untuk kualitas gambar yang menakjubkan dengan ukuran setengahnya. Penambahan pada Qualcomm AI engine generasi ke-3 dengan Hexagon Vector Extensions dan Qualcomm Spectra 340T juga akan memberikan pengalaman pengguna berbasis AI seperti avatar, fotografi malam, dan otentikasi wajah dan suara. Snapdragon 662 juga dilengkapi Snapdragon X11 LTE modem baru dengan kecepatan unduh hingga 390 Mbps berkat 2-carrier aggregation, 2×2 MIMO dan modulasi 256-QAM, dengan kecepatan unggah hingga 150 Mbps untuk mendukung penjelajahan web dan media sosial yang cepat.

Snapdragon 460

Snapdragon 460 merupakan lompatan besar dalam kinerja di semua seri 400, serta peningkatan dalam segi konektivitas, AI dan kamera untuk pasar ponsel pintar generasi selanjutnya. Untuk pertama kalinya dalam seri 400, Snapdragon 460 menampilkan performa CPU dan arsitektur GPU. Dibanding Qualcomm® Snapdragon™ 450 Mobile Platform yang diperbarui, masing-masing menghasilkan peningkatan hingga 70% untuk inti CPU dan 60% untuk arsitektur GPU.

Sementara itu, kinerja sistem secara keseluruhan meningkat 2 kali dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor Hexagon dengan Qualcomm® Hexagon ™ Vector eXtensions (HVX) juga diperkenalkan ke dalam seri 400 untuk pertama kalinya, dilengkapi dengan Qualcomm AI Engine generasi ke-3 dan Qualcomm Sensing Hub untuk pengalaman AI baru dalam fotografi dan voice assistance.

Qualcomm Snapdragon 460 Mobile Platform

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 85 perangkat komersial berbasis Snapdragon mobile platform seri 700, lebih dari 1.600 perangkat komersial berbasis Snapdragon mobile platform seri 600, dan lebih dari 2.500 perangkat komersial berbasis Snapdragon mobile platform seri 400 telah diumumkan oleh OEM global.

Jika digabungkan, ketiga lini platform ini telah berhasil mencapai lebih dari 4.000 desain – suatu prestasi yang mengesankan untuk segmen ini. Perangkat berbasis Snapdragon 720G diharapkan tersedia secara komersial pada Q1 2020 dan perangkat berbasis Snapdragon 662 dan 460 diperkirakan akan tersedia secara komersial pada akhir tahun 2020.

Tags: , , , ,


COMMENTS