April 21, 2020

Samsung Berencana Mengembangkan Sensor Kamera 600MP!

Penulis: Rizki Romdoni
Samsung Berencana Mengembangkan Sensor Kamera 600MP!  

Mobitekno – Samsung telah membuat kemajuan besar dalam hal sensor kamera smartphone. Raksasa teknologi dari Negeri Ginseng merupakan yang pertama meluncurkan sensor kamera 64 megapiksel dan juga sensor gambar 108 megapiksel. Tentu dengan semua kemajuan yang diraih, Samsung tidak berpuas diri.

Buktinya, Samsung hari ini, Selasa (21/4), mengungkap dalam sebuah artikel bahwa mereka tengah berencana untuk mengembangkan sensor kamera dengan resolusi 600 MP! Melebihi kemampuan mata manusia yang dapat menangkap resolusi di kisaran 500 MP. Gokil!

Untuk menempatkan itu dalam satu perspektif, Yongin Park, Executive Vice President and Head of Sensor Business Team, System LSI Business, mengatakan bahwa mata manusia dapat cocok dengan resolusi 500 megapiksel.

Yongin Park, Executive Vice President and Head of Sensor Business Team, System LSI Business

Namun dengan sensor 48MP dan 12MP yang saat ini masih standar, nampaknya perjalanan pengembangan sensor kamera 600MP masih sangat panjang. Untuk mewujudkan ini, raksasa Korea Selatan juga perlu mengembangkan teknologi baru.

Perusahaan telah memajukan teknologi pixel binning. Sensor 64MP dari Samsung menggunakan 2 × 2 pixel binning sedangkan sensor 108MP menggunakan 3 × 3 pixel binning untuk meningkatkan penyerapan cahaya dan mengurangi masalah yang terkait dengan kondisi cahaya rendah.

Ambisi Samsung untuk sensor kamera di masa depan tidak terbatas pada resolusi 600MP. Divisi Sistem LSI Bisnis Samsung, yang berurusan dengan sensor gambar, juga mencari cara untuk membuat sensor yang dapat mendaftarkan bau dan rasa.

Selain memasok sensor gambar untuk smartphone, perusahaan ini juga dilaporkan berencana untuk menyediakan sensor kamera untuk kasus penggunaan lain, termasuk kendaraan otonom (AV), drone, dan perangkat IoT (Internet of Things) lainnya. Saat ini, sensor kamera 108MP masih tetap yang tertinggi untuk ponsel cerdas, mungkin tak lama lagi bisa berubah. Samsung sedang mengerjakan sensor 150MP menggunakan teknologi Nonacell, dan diharapkan tiba mulai Q4 2020.

Tags: , , ,


COMMENTS