October 20, 2020

Paduan S Pen dan S Note di Galaxy Tab S7 Series Bikin Produktivitas Makin Maksimal

Penulis: Desmal Andi
Paduan S Pen dan S Note di Galaxy Tab S7 Series Bikin Produktivitas Makin Maksimal  

Mobitekno – Seperti yang diutarakan pihak Samsung saat meluncurkan produk ini, produktivitas menjadi salah satu perhatian Samsung. Oleh sebab itu, berbagai hal yang mendorong penggunanya untuk selalui produktif, kreatif, dan inovatif, ditingkatkan oleh Samsung. Dan, S Pen menjadi salah satu fitur yang mengalami pengembangan tersebut. S Pen memang identik dengan tablet Samsung di kelas atas. Kehadirannya bisa membuat pengguna semakin nyaman menggunakan tablet. 

Baik Samsung Galaxy Tab S7 maupun Galaxy Tab S7+ kini dilengkapi dengan S Pen yang telah ditingkatkan performanya. S pen pada duo Galaxy Tab S7 ini memiliki tingkat latency sangat rendah, yaitu 9ms. Dengan demikian, S pen pada tablet ini mampu bekrja lebih responsif, tanpa lag, sehingga seperti menggunakan pensil atau pena sesungguhnya. Corat-coret di atas layar pun semakin menyenangkan. 

Performa S Pen juga semakin bertambah dengan disematkannya modul bluetooth dan antena di dalamnya. Hal ini membuat S Pen bisa difungsikan sebagai remote device untuk bebeberapa aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi kamera. Anda bisa menggunakannya untuk tombol shutter. Dengan modul ini, Anda pun bisa memfingsikan S pen sebagai alat kontrol presentasi yang Anda lakukan. 

S Pen pada Galaxy Tab S7 Series memang didesain tidak seperti stylus dari berbagai brand pesaingnya. S Pen pada tablet ini didesain seperti pensil sesungguhnya. Ujungnya seperti bola pena yang biasa digunakan untuk menulis. Bagian ujung S pen yang disebut Pen Nib ini bahkan memiliki tingkat sesnsitivitas yang tinggi. 

Samsung juga membekali S Pen ini dengan baterai berkapasitas 0,35mAh yang dapat di charge sampai penuh dalam waktu hanya 10 menit saja. Proses pengisiannya pun menggunakan teknologi wireless charging. Cukup tempelkan pada bagian belakang atau samping bodi tablet, baterai S Pen bisa diisi ulang kembali secara otomatis.

Perpaduan S Pen dengan S Notes, Semakin Mudah Melakukan Banyak Hal

Selain meningkatkan performa S Pen, Samsung juga meningkatkan fungsi aplikasi catatan miliknya, yaitu S Note (Samsung Notes). Kini, aplikasi yang menjadi salah satu icon produk Samsung ini tampil dengan fitur lebih optimal di Galaxy Tab S7 Series. Fitur-fitur baru sudah ditambahkan ke dalamnya, seperti dukungan ekspor dan impor untuk file PDF. Pengguna bahkan bisa melakukan catatan di atas file tersebut dan hasilnya disimpan kembali ke format yang sama, lalu di-share ke teman kerja lainnya. Dalam melakukan corat-coret ini, tentunya S Pen menjadi faktor pembantu kelancaran pekerjaan. Tingkat sensitivitas dan responnya yang tinggi membuat proses edit berjalan sempurna. 

Tidak hanya itu, saat mendengarkan sebuah penjelasan dari orang lain dan Anda harus segera mencatatnya, S Pen dapat membantu dengan sigap. Lakukan penulisan catatan di atas layar tanpa harus memikirkan kerapihan teks terlebiih dahulu. Biarkan saja sampai semua catatan selesai dibuat. Setelah itu, tulisan bisa dirapikan menjadi dokumen menarik. Caranya dengan memanfaatkan fungsi Convert to Text. Tulisan yang berantakan pun menjadi rapi dan lurus. 

Satu fitur baru lainnya adalah Audio Bookmark. Audio Bookmark mampu memberikan kemudahan saat mencatat menggunakan S Pen. Fitur ini dapat memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan yang Anda buat disaat yang bersamaan. Apabila anda melupakan salah satu poin pada catatan anda, tidak usah khawatir, cukup tekan tombol play pada kanan atas S Notes anda, dan ketuk S Pen anda pada poin yang ingin anda ingat. Samsung Galaxy Tab S7 Series Anda akan secara otomatis memainkan Voice Notes di waktu anda membuat tulisan tersebut.

Paduan antara S Pen dan S Notes juga ada pada fitur Screen of Memo. Saat layar tablet dalam keadaan mati, dan Anda harus mencatat sesuatu yang penting dengan segera, kini tidak perlu repot lagi membuka kode PIN untuk masuk ke home screen terlebih dahulu. Anda juga tidak perlu membuka aplikasi catatan lagi untuk mencatat hal yang penting tadi. Cara lama ini malah bisa membuat Anda ketinggalan penjelasan penting yang harus di catat. Dengan Screen of Memo di Galaxy Tab S7 Series, Anda cukup mengetukkan S Pen pada layar, lalu lakukan pencatatan di atas layar Galaxy Tab S7 Series, tanpa harus membuka lock screen. Jangan khawatir hasil catatan akan hilang, karena akan disimpan dalam format S Notes. Anda pun bisa membuka catatan tersebut di waktu berikutnya. 

Nah, sudah sangat jelas pentingnya S Pen dan S Notes yang ada di Samsung Galaxy Tab S7 Series ini. Bahkan, seorang animator profesional bernama Wahyu Aditya juga mengagumi kehadiran S Pen baru ini. 

“Saya kepincut dengan Samsung Galaxy Tablet S7 Series ya karena ada stylus khususnya (S Pen) yang performanya sangat responsif. Saya sendiri sudah mengerjakan banyak hal dengan S Pen sejak Galaxy Note 8,” ujar pria yang akrab dipanggil Wadit. “Saya kini juga mengandalkan tablet Galaxy Tab S7 Series ini untuk bekerja, berkoordinasi dengan tim, menggelar meeting dengan klien, dan mengisi waktu luang saya untuk menikmati hiburan seperti menonton video tanpa jeda di Youtube,” lanjut Wadit. 

Nah, bagi Anda yang masih penasaran dengan fitur-fitur lainnya yang dapat membuat produktivitas Anda meningkat di tengah pandemi Covid-19 ini, Anda bisa mengunjungi alamat ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS