November 19, 2020

Berkat Samsung SmartThings, Semua Perangkat Pintar Bisa Dikontrol dari Galaxy A31 dan Galaxy A21

Penulis: Desmal Andi
Berkat Samsung SmartThings, Semua Perangkat Pintar Bisa Dikontrol dari Galaxy A31 dan Galaxy A21  

Mobitekno – Adanya teknologi membuat berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan lebih mudah dan sederhana. Salah satunya adalah kehadiran smartphone. Kini, smartphone sudah seperti pengawal pribadi yang selalu menemani penggunanya setiap saat dalam melakukan aktivitas rutinnya. Selain itu, ada juga teknologi pintar Internet of Things (IoT). Teknologi ini membuat beberapa perangkat yang kita pakai sehari-hari dapat bekerja dengan lebih praktis dan mudah. Bahkan, dengan koneksi internet, perangkat-perangkat tersebut bisa diakses dari jarak jauh.

IoT sendiri berkembang cukup cepat dalam beberapa tahun belakangan ini. Bahkan, menurut data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), diprediksi jumlah perangkat IoT yang beredar di 2021 akan lebih banyak dibandingkan smartphone yang terkoneksi. Perangkat-perangkat IoT tersebut seperti lampu, televisi, smart plug, kulkas, mesin cuci, speaker, hingga smart bulb. Samsung sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi perangkat smartphone dan IoT ini pun terus mengembangkan teknologi ini. Bahkan, di acara Samsung Galaxy Unpacked beberapa waktu yang lalu, Samsung memperkenalkan adanya Galaxy Ecosystem. Ini merupakan ekosistem perangkat-perangkat pintar yang dimiliki Samsung. Dan, melalui aplikasi SmartThings, semua perangkat IoT bisa saling terkoneksi satu sama lain.

Namun, tidak diperlukan perangkat mahal untuk mengakses semua perangkat tadi. Salah satu smartphone yang juga mendukung ekosistem ini adalah Samsung Galaxy A31 dan Galaxy A21. Kedua smartphone dengan harga cukup terjangkau ini sudah dibekali aplikasi SmartThings di dalamnya, yang membuat smartphone bisa menjadi pusat kontrol berbagai perangkat IoT tadi.

 

Perangkat-perangkat yang bisa dikoneksikan ke aplikasi SmartThings di Samsung Galaxy A31 dan Galaxy A21

Mengatur Perangkat dengan Lebih Mudah

Bayangkan, akan menjadi mengesalkan, saat Anda sudah terbaring di tempat tidur, namun lupa mematikan televisi atau lampu ruang kamar. Anda harus bangun kembali untuk mematikan televisi dan lampu tersebut. Dengan aplikasi SmartThings, semuanya bisa dilakukan langsung dari perangkat smartphone, seperti di Galaxy A31 dan Galaxy A21, tanpa harus beranjak dari tempat tidur. Cukup membuka aplikasi SmartThings, lalu pilih perangkat yang terkoneksi, dan matikan keduanya. Mudah bukan?

Aplikasi SmartThings yang masuk dalam Galaxy Ecosystem ini memang dikembangkan agar dapat melakukan sinkronisasi antara perangkat-perangkat pintar berbasis IoT dengan smartphone. Pengguna akan dibawa ke gaya hidup digital yang lebih menyenangkan. Hampir semua perangkat pintar keluaran Samsung sudah mendukung teknologi ini. Mulai dari mengatur mesin cuci, menurunkan suhu di dalam kulkas, mengganti channel televisi, memantau aktivitas yang ada di Galaxy Watch, hingga menyalakan audio system, bisa dilakukan dalam satu smartphone, seperti Samsung Galaxy A31 dan Galaxy A21.

Menariknya, aplikasi ini juga asisten digital lain yang sudah banyak dikenal pengguna smartphone, seperti Google Assistant, Alexa, dan Bixby. Integrasikan perangkat-perangkat ini dengan smartphone dan perangkat IoT lainnya dengan Samsung SmartThings. Anda pun bisa mengatur dan mengelola perangkat pintar dengan perintah suara.

Bahkan, saat Anda pulang dari liburan bersama keluarga, Anda bisa mengaktifkan beberapa perangkat pintar di rumah, seperti AC atau lampu. Jadi, saat benar-benar tiba di rumah, suasana yang nyaman pun langsung bisa didapat.  

Samsung Galaxy A31 dan Galaxy A21 sendiri sudah dapat menjadi perangkat yang dapat mengontrol semua perangkat pintar yang terhubung di SmartThings. Dengan prosesor MediaTek Helio P65 yang dibuat dengan teknologi 12nm, Galaxy A31 tentunya memiliki memiliki performa yang andal saat menjadi pusat kontrol perangkat dengan aplikasi SmartThings. Begitu juga dengan Galaxy A21 yang menggunakan prosesor MediaTek Helio P35. Kedua smartphone ini bisa diandalkan untuk masuk ke Galaxy Ecosystem melalui aplikasi SmartThings.  

 

Tags: , , , ,


COMMENTS