October 19, 2020

Review Samsung Galaxy Watch3, Fungsinya Semakin Luas dan Fitur Kesehatan Semakin Banyak

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy Watch3, Fungsinya Semakin Luas dan Fitur Kesehatan Semakin Banyak  

Mobitekno – Samsung Galaxy Watch3 hadir di Indonesia pada awal September 2020. Jam tangan pintar besutan Samsung ini hadir untuk mendukung gaya hidup sehat namun tetap mempertahankan gaya modern dan stylish penggunanya. Sebagai produk yang belum lama hadir, tentu saja ada banyak fitur baru yang menemani Galaxy Watch3 ini.

Di Indonesia sendiri, ada dua varian yang ditawarkan ke pencinta smart watch. Selain hadir dalam ukuran layar 41mm, Samsung juga menyuguhkan Galaxy Watch3 dalam ukuran layar 45mm. Semuanya tetap memiliki rotating bezel yang menjadi ciri khas Samsung Galaxy Watch. Sementara untuk warnanya juga ada dua jenis, yaitu Mystic Bronze dan Mystic Silver untuk yang berukuran 41mm, serta mystic silver dan mystic black untuk yang berukuran 45mm. Selain itu, ada juga versi Titanium yang tentunya memilki harga lebih tinggi dari dua varian tadi.

Mobitekno sempat menguji smart watch ini dalam beberapa hari. Selain untuk menemani beraktivitas sehari-hari, Galaxy Watch3 yang berukuran 45mm ini juga digunakan untuk mencatat aktivitas olahraga. Memang ada peningkatan fitur yang hadir di Galaxy Watch3 ini dibandingkan versi sebelumnya. Oleh sebab itu, fitur-fitur ini menjadi target utama kami untuk mengujinya.

Galaxy Watch3

Kelengkapan

Paket utuh Galaxy Watch3 berukuran 45mm ini langsung kami buka ketika sampai ke meja redaksi. Pertama melihatnya, langsung terasa kesan mewah dari jam tangan pintar ini. Bahkan, untuk pria, jam tangan ini bisa membuat penggunanya semakin percaya diri. Apalagi jika menggunakan bahan strap dari kulit.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini item-item yang ada di paket Samsung Galaxy Watch3:

  1. Satu unit Samsung Galaxy Watch3 Mystic Black dengan strap berbahan kulit
  2. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  3. Wireless dock beserta kabel USB untuk proses pengisian daya

Galaxy Watch3

Desain

Pertama kali melihat ukuran diameter jam yang hadir di Galaxy Watch3 ini, kami langsung berpikir ada perbedaan dari sebelumnya. Samsung  selalu mengubah ukuran layar di setiap versi Galaxy Watch. Kini, di galaxy Watch3, Samsung menggunakan ukuran jam 41mm dan 45mm. Sementara ukuran layarnya adalah 1,4 inci. Ini lebih luas dari sebelumnya yang hanya

Layarnya sudah Super AMOLED dengan resolusi 360 x 360 piksel. Sementara rasio layarnya 1:1. Untuk menjaga layar tahan terhadap goresan dan benturan, Samsung melapisinya dengan Gorilla Glass DX. Layar dari Galaxy Watch3 ini juga mendukung fitur Always on Display.

Layar SuperAMOLED dengan perlindungan Gorilla Glass DX

Kesan mewah begitu terasa di bodi Galaxy Watch3 ini karena terbuat dari bahan baja (stainless Steel) yang solid. Di sekeliling layar terdapat bezel yang bisa berputar ke kiri dan kanan untuk navigasi menu. Rotating bezel ini juga memiki sisi-sisi yang tidak dibuat halus, tetapi terdapat barisan guratan vertikal di keseluruhan sisinya. Dengan demikian, akan nyaman dipegang saat ingin memutar bezel tersebut menuju ke menu yang diinginkan.

Di sisi kanan terdapat dua tombol fisik yang memiliki fungsi berbeda. Tombol di bagian atas jika ditekan akan mengaktifkan fungsi “Back” atau kembali ke menu sebelumnya. Sementara tombol bagian bawah berfungsi mengembalikan tampilan ke Home Screen. Tombol bawah ini juga berfungsi sebagai tombol power.

Galaxy Watch3
Dua tombol fisik yang berfungsi sebagai tombol back dan tombol power / Home screen

Di sisi kirinya terdapat speaker yang dapat menyuguhkan suara yang cukup kencang. Selain digunakan untuk menjawab panggilan telpon dengan menggunaan mode speaker phone, speaker di Galaxy Watch3 ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan musik dan entertainment lainnya yang ada di dalam jam. Di sisi kiri ini juga terdapat lubang mikrofon untuk melakukan panggilan atau perintah suara.

Sementara itu jika kita perhatikan pada bagian belakang, terdapat sensor pengukur detak jantung. Sensor ini jelas sekali terlihat karena di sisi luarnya dilindungi lagi oleh lapisan kaca transparan. Di bagian ini juga terdapat modul yang dapat terkoneksi ke wireless charging. Jadi, hanya dengan menempelkan bagian belakang pada plate wireless charger.

Galaxy Watch3
Desain bodi belakang dengan sensor detak jantung

Fitur-Fitur Galaxy Watch3

Agar perangkat ini bisa digunakan dengan maksimal, kita harus memasang aplikasi Galaxy Wearable di smartphone yang kita gunakan. Hal ini penting untuk mengatur dan menjadikan fitur Galaxy Watch3 lebih optimal dan maksimal. Proses awal akan melalui install aplikasi, pairing dengan smart watch, dan sinkronisasi data yang diperlukan Galaxy Watch3. Terkadang Samsung juga menawarkan aplikasi pendukung lainnya seperti Samsung Health. Aplikasi kesehatan ini menurut kami fungsinya cukup penting karena Galaxy Watch3 juga dibangun untuk tujuan menemani dan memantau aktivitas olahraga penggunanya.

Jika sudah terkoneksi melalui Bluetooth, yang pertama kali diperhatikan tentu saja watch faces. Tentunya Anda menginginkan tampilan layar dari jam terlihat keren bukan? Di sinilah Anda bisa mencari interface jam yang sesuai keinginan Anda sendiri. Jika watch faces sudah dipilih, biasanya Anda akan melakukan explore lebih jauh di Galaxy Watch3 ini. Di sinilah fungsi Rotating Bezel berperan. Putar ke kanan, Anda akan melihat deretan opsi dan menu yang bisa diakses. Mulai pemantauan aktivitas harian, melihat kumpulan aplikasi yang ter-install di jam tangan, pemantauan berbagai macam olahraga, keadaan cuaca terkini di sekitar anda, jadwal aktivitas yang bisa disinkronkan dengan akun email, musik, pengaturan detak jantung, hingga yang terbaru adalah pengukuran level oxygen (SpO2).

Ada banyak Watch Faces yang disediakan Samsung untuk daya tarik Galaxy Watch3

Dari home screen, jika bezel diputar ke kiri, Anda akan diantarkan ke bagian notifikasi dan Samsung Pay. Di sinilah kumpulan notifikasi yang masuk ke smartphone bisa muncul di Galaxy Watch3. Sementara settings untuk jenis notifikasi apa saja yang muncul bisa diakses dari aplikasi Samsung Galaxy Wearable.

Salah satu fitur baru di Galaxy Qatch3 ini adalah pengukur kadar oksigen di dalam darah (SpO2).Fitur ini menjadi pelengkap fitur pendeteksi detak jantung yang sudah ada sejak lama. Di fitur ini Anda bisa mengukur tingkat kandungan oksigen dalam darah hanya dengan menggunakan jam tangan ini di pergelangan tangan. Memang, untuk mendapatkan hasil yang baik, pergelangan harus dalam keadaan diam. Posisi jam pun harus tidak begitu jauh dengan dada.

Galaxy Watch3
Fungsi pengukur kadar oksigen dalam darah

Samsung Galaxy Watch3 juga terhubung ke galaxy ecosystem melalui Smart Things. DI sini, berbagai perangkat pintar yang sudah mendukung galaxy ecosystem bisa dikumpulkan jadi satu, Perangkat-perangkat IoT ini pun bisa saling terhubung. Dengan begitu, tidak heran jika jam tangan ini pun bisa menjadi remote TV yang andal untuk smart TV Samsung yang Anda miliki. Pemilihan chanel hingga mengatur volume bisa dilakukan dari jam. Hal yang sama pun bisa dilakukan dengan perangkat IoT lain yang terhubung ke aplikasi Smart Things. Misalnya saja, jika Anda memiliki smart bulb atau perangkat smart home lainnya, Anda bisa mengaturnya dari Samsung Galaxy Watch.

Melalui Samsung Smart Things, berbagai perangkat IoT bisa terkoneksi satu sama lain

Sebagai perangkat wearable, Galaxy Watch3 sudah tentu dilengkapi berbagai macam program fitness untuk menjaga kesehatan penggunanya (Home workout). Total ada 120 program yang bisa Ada ikuti untuk menjaga kebugaran. Tidak tanggung-tanggung, program latihan ini pun bisa dipandu oleh instruktur. Tidak hanya dalam bentuk animasi, instruktur juga tampil dalam bentuk video. Menariknya, dengan ekosistem Galaxy di Smart things, program latihan ini pun bisa dikoneksikan ke smart TV. Anda pun bisa melihat panduan berolahraga dengan layar lebih besar. Dan, Anda bisa melihat progress detak jantung secara realtime langsung dari smart TV.

Berolahraga dengan Galaxy Watch3 bisa ditemani oleh instruktur pribadi

Fitur menarik lainnya yang hadir adalah PPT Controller. Fitur ini sama seperti remote yang sudah disebutkan sebelumnya. Hanya saja, jam bisa berfungsi sebagai touchpad untuk perangkat pendukung presentasi, seperti tablet atau smart tv. Anda bisa membuka file presentasi, baik yang tersimpan di perangkat lain (yang terhubung juga ke jam tangan ini) atau yang tersimpan di storage internal. Mode touchpad membuat perangkat yang terkoneksi menjadi memiliki kursor. Anda pun bisa melakukan navigasi seperti yang dilakukan di laptop atau PC Desktop.

Untuk aplikasi fitur-fitur kesehatan lainnya, masih tetap sama dengan Galaxy Watch sebelumnya. Anda juga bisa menambahkan aplikasi-aplikasi dan widget menarik ke dalam jam tangan ini. Contohnya untuk hiburan. Anda bisa menjalankan pemutar musik, spotify, Youtube, dan berbagai aplikasi hiburan lainnya. Sementara untuk menunjang produktivitas, selain mendukung file presentasi, Galaxy Watch3 juga terkoneksi dengan Microsoft Outlook di smartphone. Anda pun tidak akan ketinggalan update email harian. Dengan demikian, jam tidak hanya menemani aktivitas olahraga, tetapi juga nyaman diajak bekerja dan menikmati hiburan.

UI Galaxy Watch3

Khusus buat pengguna perempuan, Samsung Galaxy Watch3 juga memiliki fitur pengontrol sikulus menstruasi. Anda bisa memanfaatkan ini untuk melihat siklus menstruasi. Anda bisa melihat prediksi periode menstruasi berikutnya. Dengan begitu, Anda pun bisa mengatur aktivitas lainnya sehingga produktivitas tetap berjalan tanpa gangguan.

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 340mAh, Galaxy Watch3 ini bisa menunjang aktivitas Anda dengan durasi seharian penuh. Dari pengalaman Mobitekno dengan beban aktivitas yang normal, jam tangan ini baru merasakan di charge ulang kembali setelah digunakan hampir tiga hari. Itu berjalan dengan baterai di posisi penggunaan “Standard”. Akan lebih lama lagi jika Anda menggunakan mode “Power Saving” atau “Watch Only”.

Galaxy Watch3 ini juga mendukung beberapa gesture yang cukup bermanfaat bagi penggunanya. Salah satu contohnya adalah gerakan mengepalkan tangan untuk menerima panggilan telpon. Anda juga bisa memutar pergelangan tangan untuk mematikan alarm atau menolak panggilan telpon. Ada juga gesture 2 jari untuk mengubah tampilan layar dari berwarna menjadi hitam putih. Ini bisa menghemat penggunaan baterai. Dan, kini untuk melakukan screenshot juga dapat dilakukan dengan cara yang sama saat Anda mengcapture layar smartphone. Yaitu menekan dua tombol secara bersamaan.

Samsung Galaxy Watch3 juga sudah memiliki fotur Always on Display. Jika fitur ini Anda aktifkan, layar jam akan tetap menyala. Hanya saja, saat sedang tidak dilihat oleh Anda, layar akan lebih meredup. Dengan fitur ini, Galaxy Watch3 akan terlihat seperti jam analog karena tidak akan tampil gelap saat sedang tidak diperhatikan.

Fitrur Women’s health untuk melihat siklus menstruasi dan masa subur

Untuk keamanan pengguna, di Galaxy Watch3 kini terdapat fitur pendeteksi jatuh. Fitur Detect Falls ini akan melakukan telpon ke nomor yang sudah diregistrasikan sebagai nomor darurat, saat mendeteksi pengguna jatuh. pengaktifan fitur ini ada di dalam menu SOS di bagian Settings.

Spesifikasi

Samsung memang membekali Galaxy Watch3 ini dengan spesifikasi hardware yang lebih bertenaga untuk menunjang aktivitas penggunanya. Selain prosesor dari Exynos 9110 (10nm) Dual core, Galaxy Watch3 ini juga dilengkapi dengan memori 1GB RAM dan storage internal 8GB eMMC.

Untuk lebih detail, inilah spesifikasi Samsung Galaxy Watch3

Ukuran Bodi 45mm
Dimensi 46,2 x 45 x 11,1 mm
Bobot 54 gram
Display 1,4 inci Super AMOLED 360 x 360 piksel, Always on Display
Chipset Exynos 9110 (10nm) Dual Core 1.1GHz Cortex-A53 Mali-T720
Memori 1GB RAM dan 8GB untuk Storage internal
Baterai 340mAh
FOS Tizen 5.5
Sensor Accelerometer, gyro, heart rate, barometer; NFC; Natural language commands and dictation
Fitur Lainnya Samsung Pay, CG certified, Blood pressure monitor, Compatible with standard 20/22mm straps, Rotating bezel, Loudspeaker, LTE.

Kesimpulan

Masuk di ssegmen smart watch kelas atas, Samsung Galaxy Watch3 ini memang memiliki fitur yang sangat banyak. Tidak hanya fitur untuk menunjang aktivitas olahraga, tetapi juga kini ditambah fitur untuk menunjang produktivitas. Contohnya adalah fitur PPT Control yang membuat jam tangan ini dapat membuka file dari Powerpoint. Dan, kontrol presentasi pun bisa dilakukan dari Galaxy Watch3 karena layarnya dapat diubah menjadi touchpad.

Sinergi dengan perangkat pintar lainnya dalam Galaxy Ecosystem di aplikasi Smart Things juga membuat fungsi Galaxy Watch3 menjadi lebih luas lagi. Berbagai perangkat pintar pun bisa dikontrol dari jam tangan ini. Selama pengujian, kamu bahkan mengoperasikan smart TV Samsung menggunakan jam saja, tidak dengann remote bawaan TV-nya.

Layarnya yang Super AMOLED juga menampilkan tampilan yang begitu jernih. Namun begitu, Samsung tetap memberikan opsi untuk mengatur kecerahan layar agar bisa lebih menghemat baterai. Namun, untuk pria, kami menyarankan untuk menggunakan ukuran 45mm. Sementara 41mm lebih cocok untuk perempuan.

Fitur baru seperti pengukur kadar oksigen dalam darah (SpO2) juga sangat bermanfaat bagi pengguna. Jadi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum sirna, Galaxy Watch3 bisa membantu pengguna untuk menjaga kebugarannya setiap hari. Bahkan Anda seperti memiliki intruktur latihan probadi berkat adanya banyak program latihan di aplikasi Samsung Health.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS