January 19, 2020

Toyota Kucurkan Rp4,7 Triliun untuk Startup Taksi Terbang Joby Aviation

Penulis: Muhammad R
Toyota Kucurkan Rp4,7 Triliun untuk Startup Taksi Terbang Joby Aviation  

Mobitekno – Toyota baru saja mengumumkan nilai investasi mereka sebesar US$ 349 juta (setara Rp4,7 triliun) ke dalam startup taksi terbang, Joby Aviation. Kedua perusahaan bersepakat akan bekerja bersama, dimana Joby akan membagi keahlian soal lepas landas dan mendarat berbasis elektris (eVTOL) dan Toyota menuangkan pengetahuannya soal manufaktur, kualitas dan kontrol biaya untuk pengembangan dan produksi pesawat terbang masa depan Joby.

“Transportasi udara telah menjadi tujuan jangka panjang bagi Toyota, dan sementara kami melanjutkan pekerjaan kami di bisnis mobil, perjanjian ini mengarahkan pandangan kami ke langit,” kata Presiden dan CEO Toyota Motor Corporation Akio Toyoda dalam siaran pers. Sebagai bagian dari kesepakatan, Wakil Presiden Eksekutif Toyota Motor Corp. Shigeki Tomoyama akan bergabung dengan dewan direksi Joby.

Pesawat Joby

Investasi Toyota adalah bagian dari putaran pembiayaan Seri C, dimana Joby mengumpulkan $ 590 juta. Investor terdahulu termasuk Intel Capital, JetBlue Technology Ventures dan Toyota AI Ventures.

Toyota bukanlah satu-satunya pabrikan mobil yang mengamati langit. Hyundai juga dilaporkan sedang mengerjakan konsep taksi terbang dengan Uber dan telah mempekerjakan seorang insinyur NASA untuk menjalankan divisi “mobil terbang”-nya. Geely (grup otomotif Cina yang memproduksi mobil Volvo dan Lotus) dan Daimler keduanya berinvestasi di Volocopter, dan Rolls-Royce memiliki konsep eVTOL sendiri.

Pesawat Joby adalah kendaraan electric vertical takeoff and landing (eVTOL) dengan lima kursi berpilot, memiliki kecepatan maksimal 200 mil per jam dan jangkauan lebih dari 150 mil dengan sekali pengisian daya. Berkat penggunaan tekonologi listrik, pesawat ini diklaim 100 kali lebih ‘ramah telinga’ daripada pesawat konvensional saat lepas landas dan mendarat, dan nyaris tidak bersuara saat terbang di atas kepala. Rincian tambahan tentang pesawat prototipe dan rencana produksi akan diumumkan kemudian.

Tags: , , , ,


COMMENTS