November 18, 2020

Hadirkan ‘Dynamic Feature’, Ruang Penyimpanan Aplikasi Tokopedia di Android Bisa Hemat 27%

Penulis: Muhammad R
Hadirkan ‘Dynamic Feature’, Ruang Penyimpanan Aplikasi Tokopedia di Android Bisa Hemat 27%  

Mobitekno – Sejak diluncurkan tahun 2014 silam, Tokopedia, salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia kini telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna dengan 100 juta pengguna aktif bulanan. Tercatat juga ada 9,7 juta penjual didominasi oleh UMKM yang terdaftar di Tokopedia.

Hal ini membuat mereka terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi masyarakat, termasuk pengguna sistem operasi seluler Android, untuk memberikan nilai tambah dalam memenuhi kebutuhan harian.

Baru-baru ini, Tokpedia mengumumkan inovasi penting lewat peran talenta digital muda Indonesia, Rico Harisin selaku Head of Engineering Tokopedia. Meski masih muda, beliau merupakan salah satu insinyur perangkat lunak (software engineer) yang terlibat dalam mengembangkan aplikasi Android Tokopedia dari nol.

Adapun inovasi yang dihadirkan Rico bersama 45 tim software engineers yang dipimpinnya di Tokopedia sebagai berikut:

  1. Dynamic Features – Melalui fitur ini aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB.

“Hal tersebut memungkinkan perangkat kita menyimpan fitur-fitur yang akan digunakan nanti, jadi saat user pertama kali memasang Tokopedia akan disuguhkan hal-hal yang basic (sederhana),” ungkap Rico.

  1. App Action & Google AssistantFitur ini mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dengan perintah suara lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu. Fitur ini juga telah memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data, dengan lebih cepat dan mudah.
  1. Android App ShortcutNah, fitur ini menjadi salah satu yang banyak disukai pengguna. Pasalnya, pengguna bisa mengakses berbagai layanan Tokopedia dengan sekali tap pada ikon aplikasi Tokopedia di halaman ponsel, lalu pengguna akan langsung diarahkan ke layanan yang dibutuhkan.

Sebagaimana diungkapkan oleh Wisnu Kumoro, Content Creator bahwa dia paling sering menggunakan fitur Shortcut, karena sangat mempermudah penggunaan aplikasi Tokopedia.

“Lewat fitur ini, saya dapat mengakses layanan Tokopedia yang saya butuhkan dengan lebih cepat, hanya sekali tap dari homescreen,” kata Wisnu.

  1. Voice to Text di Search Bar – Kemudahan ini membantu masyarakat mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian Tokopedia dengan fitur pengetikan teks lewat input suara.
  2. NFCFitur ini sudah tersedia di Tokopedia sejak 2018. Masyarakat, termasuk pengguna perangkat Android, bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.

Rico menjelaskan, “Tokopedia percaya bahwa inovasi terbaik lahir dari talenta terbaik, maka kami selalu berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi talenta-talenta terbaik yang ingin berkarya untuk Indonesia melalui teknologi.

Rico Harisin selaku Head of Engineering Tokopedia

Hal tersebut, menurut Rico, terus dilakukan Tokopedia lewat kolaborasi dengan para mitra strategis, salah satunya melalui START Summit Extension. “Memajukan ekosistem industri teknologi tanah air agar dapat bersaing di pasar digital global adalah hal yang perlu diupayakan bersama,” ungkapnya.

Berkat sederet inovasi yang terus dihadirkan, Tokopedia pernah terpilih menjadi salah satu aplikasi Android terbaik dunia pada 2018. Saat itu adalah kali pertama aplikasi e-commerce (kategori Belanja) asal Indonesia berhasil masuk ke dalam kategori Android Excellence App.

Tags: , , , , ,


COMMENTS