March 17, 2020

Jangan Salah Langkah, Inilah Beberapa Hal Penting Seputar Monitor Gaming

Penulis: Muhammad R
Jangan Salah Langkah, Inilah Beberapa Hal Penting Seputar Monitor Gaming  

Mobitekno – Memiliki sistem komputer yang mumpuni merupakan satu keharusan bagi seorang gamers. Mengapa? Karena pemilihan sistem PC yang tepat dapat mendongkrak pengalaman memainkan gim tersebut. Bukan cuma soal prosesor (CPU), graphic card, RAM, atau storage, satu hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu dicermati seorang gamer, yakni monitor (dalam hal ini monitor gaming).

Monitor gaming bukan hanya penting bagi pengguna PC, tapi juga bagi penting bagi pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai perangkat output visualnya.

Meskipun mobile device, seperti smartphone (83%) telah menjadi platform favorit gamer di Indonesia, platform PC/laptop (45%) dan game console (18%) masih cukup signifikan digunakan di Indonesia (menurut Twitter Gaming Insights Survey). Ini dapat menjadi indikasi jika pasar monitor gaming di Indonesia masih akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan industri game di Indonesia.

Meski ada sedikit unsur subjektivitas (merek, desain, dan unsur selera lain), ada panduan atau batasan jelas yang harus diperhatikan dalam memilih monitor gaming ideal bagi seorang gamer. Agar tidak salah memilih monitor gaming, ada beberapa istilah penting yang perlu diketahui seorang gamer, yaitu Resolusi, Refresh RateResponse timeAdaptive Sync, Jenis Panel, Color Gamut, dan Dukungan Konektor.

Untuk lebih memahami hal-hal diatas, berikut ini penjelasan singkatnya.

Resolusi

Resolusi layar merupakan salah fitur monitor yang paling pasti disebutkan dalam spesifikasi teknis monitor. Saat ini, mayoritas monitor yang beredar di pasar memiliki dukungan resolusi:

  • Full HD / 1080p
  • 2K / Quad HD / 1440p
  • 4K / Ultra HD / 2160p

Meskipun masih dominan, layar resolusi 1080p perlahan mulai ditinggalkan para gamer (enthusiast gaming), karena tidak lagi memenuhi ekspektasi mereka dalam ketajaman dan kualitas visual gambar. Akibatnya, sebagian besar para gamer setuju bahwa tampilan dengan resolusi 1440p menjadi standar baru dalam monitor gaming. Terlebih lagi, monitor yang mendukung resolusi 1440p masih lebih terjangkau daripada monitor 4K. 

Refresh Rate

Refresh Rate adalah kemampuan monitor memperbarui (refresh) tampilan gambar setiap detiknya di layar. Diukur dalam satuan Hertz (Hz), semakin tinggi nilainya, semakin banyak jumlah sinyal gambar yang di-refresh.

Oleh karena itu, monitor dengan nilai refresh tinggi berguna saat menjalankan genre game yang sangat dinamis atau bergerak cepat, seperti genre FPS (First-person shooter), bertarung (fighting), balapan (racing games), RTS (real-time strategy), dan olahraga (sports). Jenis game ini membutuhkan gerakan yang sangat cepat dan pergerakan yang akurat. Itu artinya Anda membutuhkan monitor dengan refresh rate yang sangat tinggi agar lebih kompetitif saat bermain.

Sebelum menentukan pilihan Anda, pertimbangkan kompatibilitas monitor Anda dengan GPU di PC/laptop. Apabila GPU mampu menghasilkan frame rate tinggi, monitor pun harus dapat mengimbanginya dengan refresh rate yang tinggi. Apabila monitor hanya mendukung refresh rate yang rendah, kemampuan maksimal dari GPU Anda pun menjadi sia-sia.

Response time (waktu respons)

Response time adalah waktu yang dibutuhkan pixel (piksel) di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lain (hitam menjadi putih atau dari abu-abu ke warna lain). Biasanya diukur dalam satuan milidetik untuk menunjukkan seberapa cepat gambar bergerak.

Dalam layar monitor modern, response time 1 ms biasanya ada pada layar monitor berpanel TN dan 4 ms pada panel IPS. Untuk genre game yang pergantian gambarnya sangat cepat (FPSracing games, dll), Anda harus memprioritaskan layar monitor dengan response time 1 ms agar terhindar dari efek screen tearing (tampilan layar solah robek atau terbelah dua) dan frame rate yang fluktuatif.

Tags: , ,


COMMENTS