April 14, 2020

Ajak Telkomsel, KitaBisa, dan Go-Jek, MPR RI dan BPIP Gelar Program “MPR RI Peduli Lawan Covid-19”

Penulis: Desmal Andi
Ajak Telkomsel, KitaBisa, dan Go-Jek, MPR RI dan BPIP Gelar Program “MPR RI Peduli Lawan Covid-19”  

Mobitekno – Wabah Covid-19 yang telah berjalan cukup lama ini, banyak menimbulkan berbagai kekhawatiran di banyak hal, mulai dari bisnis, aktivitas masyarakat, hingga proses pendidikan. Namun, di kondisi seperti ini, yang paling merasakan dampaknya adalah para pekerja yang mendapatkan penghasilan harian, seperti para mitra Gojek, mulai dari pengemudi hingga pelaku UMKM. Apalagi Jakarta sudah menerapkan Pembatasan Sosial berekala Besar sejak Jumat lalu, dan akan disusul Depok, Bekasi, Bogor, pada rabu esok, serta Tangerang di hari Sabtu.

Melihat kenyataan ini dan sebagai bentuk wujud rasa peduli dengan dampak Covid-19 ini, MPR RI dan BPIP menjalankan sebuah program donasi “MPR RI Peduli Lawan Covid-19”. Program donasi ini akan dijalankan MPR RI dan BPIP, bersama Telkomsel, KitaBisa, dan tentunya Gojek. Rasa gotong-royong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia ini yang melatar belakangi MPR RI dan BPIP menggelar program ini.

“Upaya yang digagas MPR RI dan BPIP ini merupakan perwujudan dari sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang adil dan bedarab, serta sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. MPR menyadari bahwa keberhasilan menangani Covid-19 memerlukan komitmen dan kerja bersama seluruh komponen bangsa. Kegiatan ini semoga bisa menjadi stimulus yang dapat membuka kembali solidaritas dan jiwa kegotong-royongan sesama anak bangsa,” kata Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI, di gedung DPR/MPR RI, Selasa, 14/4/2020. “Hampir seluruh fraksi yang saya hubungi tadi pagi, sudah menyumbangkan dan merelakan pemotongan gajinya untuk membantu masyarakat yang memerlukan. Ini juga sebagai bukti MPR dan DPR peduli dengan Covid-19 ini,” lanjut Bambang Soesatyo.

Bersama Telkomsel dan KitaBisa.com, donasi bisa diberikan baik dalam bentuk uang maupun pulsa. Melalui menu akses *811# di layanan Telkomsel, halaman kitabisa.com/mprripeduli, serta fitur GoGive di aplikasi Gojek, masayrakat bisa melakukan donasi. Untuk donasi pulsa dari Telkomsel, pelanggan Telkomsel bisa memilih jumlah donasi yang akan dipotong pulsanya untuk dibagikan ke para mitra Gojek. Tidak hanya pelanggan prepaid, pelanggan post paid pun bisa melakukannya. Tagihan donasi pulsa akan muncul di akhir bulan.

“Telkomsel mengajak kepada seluruh pelanggan, mari kita besama berperan aktif untuk berpartisipasi melalui menu akses UMB sebagai saluran donasi. Pelanggan bisa memilih jumlah donasi. Yang perepaid akan dipotong pulsa, yang postpaid akan ditagih diakhir bulan,” kata Irfan A tachrir selaku Direktur Human Capital management Telkomsel. “Kami percaya bahwa penanggulangan Covid-19 hanya bisa berlangsung dengan upaya yang nyata. Dan ini merupakan bagian dari manifestasi sila kedua Pancasila. Jadi, mari kita tepuk semangat bertoleransi untuk saling berbagi ke sesama sudara kita bangsa Indonesia. Telkomsel optimis sebagai bagian dari satu kesatuan masyarakat Indonesia bisa melewati masa-masa ini,” tambah Irfan.

Menu UMB Telkomsel
Donasi dari menu akses *811# di layanan Telkomsel

Pandemi ini memang berdampak kepada para mitra Gojek yang mengandalkan pendapatan harian dari para pelanggannya. Oleh sebab itu, adanya inisiatif MPR ini disambut baik oleh Gojek.

“Gojek menyambut baik penggalangan dana ini untuk membantu para mitra yang tergabung dalam ekosistem Gojek. Dukungan pulsa untuk mitra Gojek dapat membantu mereka yang terdampak Covid-19 ini. Pulsa ini akan disalurkan ke mitra Goride, mitra GoCar, merchant UMKM, mitra GoFood, dan mitra-mitra GoLive kami seperti GoClean dan GoMassage yang belakangan ini tidak memiliki penghasilan. Seperti yang dilakukan Telkomsel melalui layanannya, kami pun memberikan kesempatan kepada konsumen Gojek untuk berdonasi melalui layanan GoGive di aplikasi Gojek,” kata salah satu perwakilan manajemen Gojek yang hadir di gedung DPR/MPR RI.

Dalam kesempatan tersebut, bambang Soesatyo menyebutkan bahwa hampir seluruh fraksi yang ada sudah mengikhlaskan pendapatannya dipotong untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Bahkan, sebagai ketua MPR RI, Bambang memulainya dengan melakukan donasi sebesar Rp 79 juta. Penggalangan dana ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat. Sampai siang tadi, sudah ada 800 ribu orang yang berpartisipasi di dalamnya. Rata-rata anggota MPR juga turut mendonasikan penghasilannya, baik sebagai pribadi maupun dalam sebuah fraksi.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS