December 13, 2020

Kolaborasi dengan Tokopedia, ‘Indodana PayLater’ Tebar Diskon hingga 80%

Penulis: Rizki R
Kolaborasi dengan Tokopedia, ‘Indodana PayLater’ Tebar Diskon hingga 80%  

Mobitekno – Tokopedia terus memperluas metode pembayaran mereka untuk meningkatkan layanan dan kemudahan transaksi bagi pelanggan setianya. Salah satunya kolaborasi dengan Indodana. Belum lama ini, perusahaan Unicorn tersebut merilis fitur pembayaran digital ‘Indodana PayLater’ sebagai solusi alternatif metode pembayaran saat belanja di Tokopedia.

Fitur baru ini merupakan bentuk kerja sama strategis perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan layanan, kemudahan transaksi dan pemerataan ekonomi secara digital sekaligus mendorong inklusi keuangan untuk masyarakat Indonesia.

Jerry Anson, Vice President of Business & Operations Indodana, dalam acara virtual press conference kolaborasi Indodana & Tokopedia, beberapa waktu lalu, mengungkapkan. Kami bersyukur dan senang karena Tokopedia sebagai perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia telah resmi menjadi merchant rekanan yang terintegrasi dengan Indodana PayLater.

Konsep ‘buy now, pay later’ diharapkan bisa semakin memudahkan masyarakat Indonesia, khususnya segmen under-banked yang masih belum terjangkau oleh institusi keuangan formal, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan hasil riset dari Bain & Company tahun 2019 terungkap baru sebanyak 42 juta jiwa penduduk dewasa Indonesia yang sudah mendapat layanan finansial melalui institusi perbankan (banked). Sisanya, 47 juta jiwa penduduk dewasa sudah memiliki rekening bank tetapi belum mendapat layanan finansial lainnya (under-banked) dan 92 juta jiwa penduduk Indonesia belum tersentuh layanan finansial atau perbankan (un-banked).

Kondisi tersebut menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Indodana dan Tokopedia dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Adapun berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi Keuangan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2019, terungkap indeks inklusi keuangan di Indonesia baru mencapai 76,19%.

Foto 1 Marina Tjuanda Senior Lead BD Tokopedia Jerry Anson VP Indodana

Marina Tjuanda (Senior Lead BD Tokopedia) – Jerry Anson (VP Indodana)

Indodana PayLater sendiri merupakan sistem pembayaran digital berizin OJK yang didukung oleh manajemen resiko mutakhir berbasis Artificial Intelligence, sistem keamanan bersertifikasi ISO 27001, serta proses collection yang sesuai dengan standar OJK. Hingga saat ini, Indodana PayLater telah tersedia sebagai metode pembayaran di lebih dari 150 merchants di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Lead Business Development (Fintech) Tokopedia, Marina Ivana Tjuanda, mengungkapkan, “Tokopedia selalu mengedepankan kolaborasi dengan para mitra strategis yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satunya Indodana, untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah masyarakat mendapatkan akses terhadap layanan pembiayaan non-bank sekaligus meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,”

Indodana PayLater kini dapat digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (mulai dari produk makanan & minuman, kecantikan, elektronik, home & living, handphone/tablet, hingga otomotif) melalui sistem pembayaran fleksibel dan opsi cicilan yang bervariatif. Selama bulan Desember, pengguna bisa menikmati keuntungan belanja dengan Indodana PayLater di Tokopedia dengan diskon menarik hingga 80%.

“Kami optimis fitur ‘Indodana PayLater’ di Tokopedia akan memberikan dampak positif seperti halnya meningkatkan inklusi keuangan, mendorong peningkatan daya beli masyarakat, membantu percepatan pemulihan ekonomi hingga terus mendukung perputaran roda ekonomi Indonesia melalui sektor e-commerce di tengah kondisi pandemi,” tutup Jerry.

Tags: , , ,


COMMENTS