October 13, 2020

Berniat Sisipkan Fungsi Belanja Produk Secara Langsung, YouTube Buka Persaingan dengan E-Commerce

Penulis: Iwan RS
Berniat Sisipkan Fungsi Belanja Produk Secara Langsung, YouTube Buka Persaingan dengan E-Commerce  

Mobitekno – Layanan streaming video paling populer sejagat YouTube dilaporkan sedang menggarap implementasi layanan e-commerce yang terintegrasi langsung dari berbabagi video yang ada di platform yang diakses 30 juta penggua setiap harinya tersebut. Keputusan ini dianggap sebagai respons YouTube untuk menyaingi raksasa e-commerce global Amazon.

Menurut laporan yang dilansir dari Bloomberg, YouTube mulai mendorong para pembuat konten untuk menandai (men-tag) dan memberikan info produk yang ditampilkan dalam klip video mereka. Selanjutnya, Google atau YouTube akan menggunakan data-data produk tersebut untuk membangun perangkat analitik dan belanja yang memungkinkan orang yang menontonnya bisa membeli produk yang ditampilkan atau disebutkan dalam video YouTube-nya.

Keputusan untuk mengizinkan transaksi e-commerce dan penjualan melalui YouTube didasarkan pada uji integrasi pihak YouTube dengan Shopify. Selain itu, tim YouTube juga mengonfirmasi bahwa perusahaanya kini sedang menguji fitur tersebut dengan beberapa kanal video.

Shopping tag (tag belanja) dihadirkan pihak YouTube untuk menyediakan metode baru bagi pembuat video YouTube dalam me-monetize konten mereka. Mereka bisa mengambil komisi atau menjual barang sendiri dengan memanfaatkan fitur tersebut. Sejauh ini YouTube memang menarik perhatian banyak pembuat konten (Youtuber) karena perhitungan bagi hasil iklannya.

Tidak semua platform, termasuk media sosial menawarkan cara berbagi pendapatan yang sama. Facebook saat ini juga sedang bereksperimen dengan model bisnis di platform IGTV yang bersaing langsung dengan YouTube. TikTok menawarkan dana bagi pembuat konten yang populer (top content creator). Fasilitas untuk menjual barang di platform TikTok menjadi salah satu alasan Walmart juga tertarik ingin berinvestasi di platform video pendek tersebut.

Upaya YouTube untuk memperkenalkan integrasi layanan e-commerce ke platform streaming videonya bisa membawa konsekuensi persaingan baru denga berbagai toko belanja online lain yang ada saat ini. Meski belum diketahui apakah strategi YouTube ini akan berlaku secara global atau pada wilayah tertentu saja.

Tags: , , , ,


COMMENTS