October 10, 2020

Aman dan Praktis, DANA Rilis Fitur ‘Face Login’

Penulis: Rizki R
Aman dan Praktis, DANA Rilis Fitur ‘Face Login’  

Mobitekno – Komitmen DANA untuk menghadirkan keamanan bagi penggunanya terus menjadi prioritas utama. Fitur yang saat ini sudah tersedia dan bisa digunakan adalah Face Login atau fitur pengenalan wajah. Kabar menggembirakannya, fitur Face Login yang tadinya hanya dapat dimanfaatkan oleh pengguna DANA Premium yang telah melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer), kini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna DANA tanpa terkecuali, termasuk para pengguna yang belum melakukan KYC.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA, menerangkan, “Penggunaan aplikasi digital dan koneksi antaranya makin meningkat, termasuk dalam bertransaksi nontunai dengan dompet digital DANA. Dengan situasi ini, faktor keamanan makin penting dan selaras dengan komitmen DANA yang selalu mengutamakan keamanan serta proteksi data pelanggan maka pemanfaatan fitur keamanan Face Login kini dapat dirasakan oleh semua pengguna tanpa terkecuali,”

Fitur keamanan Face Login ini sangat menarik berkat kepraktisan penerapannya serta tingginya tingkat proteksi bagi penggunanya. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu khawatir untuk gagal melakukan login akibat lupa PIN. Atau yang paling kritis bisa menghindarkan dari kemungkinan pengambilalihan akun DANA akibat informasi tentang PIN pengguna diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Teknologi Face Login pada dompet digital DANA memberikan perlindungan keamanan yang makin protektif berkat keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Selain lebih praktis karena tidak perlu harus selalu mengingat PIN dan lebih mudah penggunaannya, Face Login juga lebih terjamin keamanannya karena didukung dengan teknologi pengenalan wajah yang akurat.

DANA

“Contohnya, meskipun pengguna telah menonaktifkan Face Auth fitur dalam Pengaturan, namun ketika pengguna ingin mengaktifkannya kembali, pengguna tetap akan dikenali dengan menggunakan gambar referensi yang pernah digunakan sebelumnya. Ini untuk memastikan bahwa yang tengah memanfaatkan dompet digital DANA adalah penggunanya yang asli,” ujar Vince.

Cara Menggunakan Fitur Face Login

Cara memanfaatkan fitur Face Login sangat mudah. Pertama, silakan masuk ke menu ‘Saya’ dan tap untuk ‘Pengaturan Profil’, lalu pilih ‘Aktifkan’ di bagian Verifikasi Wajah. Selanjutnya, masukkan PIN DANA dan lakukan proses aktivasi Verifikasi Wajah dengan cara memindai atau scan wajah di depan kamera.

Fitur Face Login melengkapi proteksi yang menjadi komitmen DANA untuk seluruh pengguna yang sudah ada lebih dahulu sebelumnya seperti:

  • Memiliki DATA Center (DC) dan DATA Recovery Center (DRC) di Indonesia
  • DC dan DRC selalu menyala secara paralel
  • Memiliki Sertifikat PCIDSS (Payment Card Industry Data Security Standard)
  • DANA tidak menyimpan data kartu kredit dan kartu debit yang disimpan pengguna pada dompet digital DANA-nya. Semua data ditokenisasi dan bersifat rahasia.
  • Menerapkan Program DANA Protection, jaminan 100% uang kembali untuk pengguna
  • Bekerja sama dengan DUKCAPIL untuk verifikasi data pengguna
  • Menerapkan zero-data sharing policy

“DANA selalu mengedepankan keamanan data pengguna dalam setiap fitur yang dikembangkan. Lewat keamanan dan proteksi yang mumpuni, DANA ingin membangun kepercayaan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi digital. Dengan begitu, pengguna akan mudah beradaptasi dan beralih ke transaksi nontunai,” pungkas Vince.

Tags: , , ,


COMMENTS