April 10, 2020

Berkenalan dengan Katalis EV.500, Motor Listrik Bergaya WWII

Penulis: Rizki Romdoni
Berkenalan dengan Katalis EV.500, Motor Listrik Bergaya WWII  

Mobitekno – Pengembangan kendaraan listrik beserta infrastruktur penunjangnya jelas menemui hambatan akibat penyebaran virus corona atau Covid-19. Pandemi ini jelas membawa dampak yang masif, tidak hanya Indonesia, tapi juga dalam skala global. Namun bagi Katalis Company, hal ini tidak menjadi penghalang mereka untuk berinovasi. Studio desain dan branding yang berbasis di Fatmawati, Jakarta Selatan ini memanfaatkan waktu mereka untuk fokus memodifikasi motor listrik Selis Garuda.

“Bersamaan dengan kompetisi modifikasi motor listrik dari Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, kami meluncurkan karya modifikasi bertajuk Katalis EV.500. Motor ini mengambil landasan desain dari pesawat tempur khas Perang Dunia ke-2,” ujar Principal Designer Katalis Company, Julian Palapa.

“Di rumah bukan berarti diam. Kita dapat belajar sambil melakukan banyak hal. Kami percaya bahwa yang membatasi sebuah desain hanyalah kemauan dari setiap orang untuk berimajinasi. Kalau kami bisa membuat motor dari rumah, generasi muda lainnya juga bisa,” imbuh Julian.

Visi Julian dalam mendesain Katalis EV.500 tidak lepas dari pengalamannya sebagai arsitek. Alih-alih mempertahankan rangka yang ada, ia mengganti keseluruhan rangka dan swingarm dengan bahan baru yang terbuat dari aluminium dengan seri 6061. Secara holistik, motor ini merupakan bauran dari nostalgia desain militer tempo dulu, sedikit elemen visual khas Jepang, terakhir dengan teknologi listrik masa depan.

“Kami rasa cukup langka ada desain motor listrik yang body atau shield-nya menggunakan bahan metal,” tambah Julian.

Selain itu, pengendaranya juga akan dimanjakan berbagai panel instrument yang bergaya retro, namun fungsional. Mulai dari voltmeter analog hingga saklar lampu. Ia juga menjelaskan bahwa tidak hanya meningkatkan visual dari Selis, terutama seri Garuda yang menjadi basis, EV.500 juga diharapkan cukup ergonomis sehingga seakan menyatu dengan gerakan pengendaranya.

Sebagai informasi, Katalis Company adalah studio desain dan branding yang berisikan berbagai ahli di bidang multidisiplin. Berdiri di awal tahun 2020, Katalis saat ini berfokus pada pengembangan desain produk di bidang mobilitas, teknologi dan pembuatan strategi brand dan komunikasi.

Menurut Head of Strategy dari Katalis, Joseph Sinaga, Katalis mengedepankan tiga variabel utama dalam mengembangkan EV.500. Pertama, EV.500 harus memberikan nuansa kebebasan dalam akses terhadap mobilitas bagi para penggunanya. Kedua, EV.500 harus mampu memberikan kebahagian bagi para penunggangnya ketika berkendara.

Hadirnya EV.500, dapat menjadi cetak biru bagi Katalis dalam mengembangkan solusi mobilitas masa depan

“Mengapa hal ini penting, kami merasa bepergian atau mobilitas bukan hanya beranjak dari satu titik ke titik lainnya. Namun, perjalanan yang memiliki makna bagi kehidupan, dengan berbagai latar belakang cerita dari setiap perjalanan tersebut. Tentunya, perjalanan yang ditempuh dengan EV.500 haruslah diiringi dengan kebahagiaan,” ucap Joseph.

Sebagai poin ketiga, ia menjelaskan bahwa EV.500 turut menawarkan pengalaman berkendara yang bebas dari polusi udara dan turut menjaga lingkungan sekitar. Ia juga menambahkan bahwa dengan hadirnya EV.500, dapat menjadi cetak biru bagi Katalis dalam mengembangkan solusi mobilitas masa depan.

“Kami yakin ke depannya semakin banyak elemen masyarakat yang beralih dari kendaraan berbasis energi fosil, ke energi terbarukan. Hal ini diperkuat dengan kualitas udara Jakarta yang membaik, sebagai imbas dari pandemik Covid-19,” ucap Joseph.

Tags: , , ,


COMMENTS