March 10, 2020

Gunakan Konsep Industri 4,0, Ini Empat Fitur Utama MeeberPro untuk Kembangkan Bisnis Kuliner

Penulis: Desmal Andi
Gunakan Konsep Industri 4,0, Ini Empat Fitur Utama MeeberPro untuk Kembangkan Bisnis Kuliner  

Mobitekno – PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) baru saja meluncurkan aplikasi MeeberPro untuk para pelaku usaha kuliner di Indonesia. Aplikasi ini melengkapi dua aplikasi yang sudah ada sebelumnya, yaitu Meeber Lite dan Meeberian.

Hadirnya MeeberPro ini merupakan jawaban dari masalah sistem POS yang ada saat ini. Menurut Meeber, aplikasi yang ada saat ini hanya berfokus kepada sistem pembayaran saja (kasir). Padahal apa yang dilakukan POS saat ini baru melakukan setengah dari kebutuhan pelaku usaha bisnis kuliner. Setengah bagian lagi adalah engagement dan interaksi dengan konsumen, yang tentunya sangat dibutuhkan pelaku usaha di era digital.

“Tugas inti aplikasi POS memang Monitoring, Controlling, dan Reporting. Sayangnya, sistem POS saat ini hanya mewujudkan setengah bagian dari yang dibutuhkan pelaku usaha di zaman sekarang. Itulah mengapa MeeberPro hadir sebagai solusi utuh yang tidak hanya menangani sisi POS-nya saja, tetapi juga menangani customer engegement,” ujar Gerry Kurniawan selaku Chief Product Officer PT Meeber Teknologi Indonesia, Kamis, 4/3/2020.

Gerry juga menambahkan bahwa MeeberPro merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang menghadirkan POS baru yang sesuai dengan era digital, di industri 4.0. Aplikasi ini menyasar para pelaku bisnis kuliner, terutama UMKM. Selama kehadiran Meeber sejak tahun 2016, Meeber telah berhasil merangkul lebih dari 10.000 merchant. Di tahun ini, diharapkan ada 28.000 merchant yang bisa bergabung dengan MeeberPro.

Dalam aplikasi ini, Meeber memiliki empat keunggulan utama yang membedakan MeeberPro berbeda dengan aplikasi POS lainnya. Keunggulan tersebut adalah:

  1. Fitur POS yang bisa berkomunikasi denga pelanggan. Fitur POS yang ada di aplikasi ini bisa menerima pemesanan dan pembayaran secara langsung. Jadi, sudah tidak dibutuhkan aktivitas dari manusia. Semuanya bisa dijalankan dari aplikasi.
  2. Bukan hanya berkomunikasi, fitur POS dalam aplikasi ini juga dapat memberikan sesuatu kepada pelanggan selama kedua belah pihak melakukan transaksi di suatu bisnis F&B (kuliner).
  3. Fungsi POS di MeeberPro juga bisa menghasilkan keuntungan lain bagi para pelanggannya. Tidak hanya melakukan pembayaran, tetapi juga memiliki customer engagement. Dengan demikian, tingkat loyalitas konsumen bisa lebih ditingkatkan.
  4. Fungsi POS di sini juga dapat berintegrasi dengan layanan lain yang dibutuhkan para pelaku bisnis kuliner. Jadi, tidak hanya mengurusi pembayaran, tetapi juga dapat menawarkan layanan lain seperti pesan antar, pre-order, atau reservasi tempat.

Saat ini, layanan customer Meeber sudah ada di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dan Bali. Namun begitu, tidak ada batasan area bagi para pelaku bisnis kuliner yang ingin menggunakan MeeberPro karena sifatnya yang digital.

Tags: , , ,


COMMENTS