June 9, 2020

Solusi-solusi F5 Ini Bikin Perusahaan Bisa Percepat Transformasi Digital

Penulis: Desmal Andi
Solusi-solusi F5 Ini Bikin Perusahaan Bisa Percepat Transformasi Digital  

Mobitekno – Transformasi digital memang banyak digaungkan oleh perusahaan-perusahaan dalam beberapa tahun belakangan ini. Teknologi memang harus tetap update agar bisnis tetap berjalan baik, namun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan. Inilah yang dilakukan F5 dengan memperkenalkan solusi-solusi terbaru mereka pada saat event tahunan Agility 2020 yang belum lama berlangsung.

Solusi-solusi F5 ini menyediakan visibilitas yang komprehensif bagi pelanggan, terutama mengenai kondisi dan performa aplikasi, kontrol trafik, keamanan, dan manajemen API yang terintegrasi. Hal ini tentunya dapat membuat perusahaan mengambil tindakan positif berdasarikan informasi tersebut. Cara ini juga membuat pelanggan dapat menurunkan biaya operasional dan emmpercepat penyediaan layanan di pasar.

“Kini, hampir semua perusahaan mempercepat langkah transformasi digitalnya. Tapi mereka seperti terbang tanpa arah karena tidak begitu mengetahui jumlah aplikasi yang dijalankan. Bahkan, mereka tak tahu performa setiap aplikasi atau apakah aplikasi-aplikasi itu sudah aman,” kata Kara Sprague, EVP dan General Manager BIG-IP di F5.

“Aplikasi, baik tradisional maupun modern, memberikan banyak keuntungan ketika dijalankan pada lingkungan data center parusahaan (on-prem), cloud, dan microservices. Namun hal ini seringkali membuat visibilitas dan kontrol aplikasi di seluruh perusahaan menjadi terpecah-pecah. F5 membekali pemilik aplikasi, pengembang, dan operator TI dengan hasil pemantauan dan kemampuan pengelolaan jaringan secara mandiri (closed-loop automation) yang diperlukan untuk mengatasi masalah (troubleshoot), mengidentifikasi area ancaman, dan menghadirkann berbagai kemampuan digital baru dalam hitungan menit, bukan hari atau minggu,” lanjut Sprague.

Bagi sebagian perusahaan, menghadirkan pengalaman digital baru ke karyawannya merupakan hal yang mengesankan dan dapat meningkatkan bisnis. Namun, semua itu sangat bergantung dari kemampuan arsitektur dan infrastruktur TI yang sudah ada sebelumnya. Ketika perusahaan mulai menerapkan strategi multi-cloud tentunya situasinya akan semakin beragam dan kompleks. Padahal aplikasi adalah aset terpenting sebuah perusahaan digital.

Mengingat aplikasi adalah aset terpenting sebuah perusahaan digital sedangkan banyak perusahaan saat ini kekurangan tool (alat) untuk mengelola aset-aset tersebut secara efektif, F5 pun memfokuskan pada upaya dalam mempersempit kesenjangan tersebut melalui visibilitas komprehensif yang berfokus pada aplikasi. Solusi-solusi F5 ini dapat memberi kekuatan pada aplikasi, mulai dari pengembangan hingga siklus hidup secara keseluruhan.

Kemampuan-kemampuan tadi, semuanya ada pada tiga produk F5 berikut ini:

  • F5 Beacon Beacon, software as a solution (SaaS) terbaru, menyediakan platform untuk memperoleh aplikasi yang komprehensif. Dengan demikian, solusi ini menyediakan informasi yang bisa ditindaklanjuti untuk memfasilitasi penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemilik aplikasi dan operasional TI. Beacon memproses aliran hasil pemantauan data dari berbagai sumber seperti BIG-IP, NGINX, dan F5 Cloud Services serta teknologi pihak ketiga guna memberikan informasi yang komprensif yang berisi topologi, ketergantungan, pengalaman pengguna, kelaikan, dan performa aplikasi. Selain itu, Beacon Insight, melalui platform yang terbuka dan dapat diperluas, membantu memecahkan berbagai tantangan terkait deteksi anomali yang komprehensif, analisis akan permasalahan, serta visibilitas dan kepatuhan pada persyaratan keamanan.
  • BIG-IQ 7.1 – Solusi manajemen sentral, orkestrasi, dan analitik yang paling komprehensif untuk layanan aplikasi BIG-IP dari F5. Kemampuan BIG-IQ mencakup manajemen layanan aplikasi, dasbor khusus keamanan, dan integrasi erat dengan F5 Automation Toolchain. Dengan BIG-IQ, tim operasional bisa memperoleh visibilitas terhadap keseluruhan kelaikan, status, dan performa layanan aplikasi BIG-IP yang mereka gunakan serta layanan keamanan dari dasbor yang berpusat di aplikasi.
  • NGINX Controller 3.4 – Platform layanan dan performa aplikasi milik NGINX ini menawarkan serangkaian layanan untuk load balancing, analitik, dan manajemen API di dalam dan antar cloud. Melalui pendekatan yang berpusat di aplikasi, versi NGINX Controller ini meningkatkan analitik per-app dan memperbaiki kemampuan declarative API, memastikan NetOps, DevOps dan tim lainnya bisa mengelola tugas di keseluruhan siklus hidup aplikasi. Hasilnya, perusahaan-perusahaan bisa mempercepat kehadiran solusi di pasar (time to market), melalui alur kerja kolaboratif yang terintegrasi ke jalur CI/CD melalui panggilan API atau GUI yang diperbaru. NGINX Controllerjuga bisa membuat tim menyederhanakan implementasi, konfiguasi, dan pengawasan untuk NGINX Plus, baik ketika digunakan sebagai load balancer, gateway API, maupun proxy dalam lingkungan microservices.

Ketiganya merupakan produk yang didesain untuk mengintegrasikan kemampuan dari seluruh jalur data aplikasi, yakni jalur trafik yang dilalui aplikasi untuk mencapai penggunanya, sehingga membantu pelanggan untuk:

  • Memperoleh Visibilitas yang Komprehensif dari Fungsi Dinamis Aplikasi untuk Optimalisasi Pengalaman Digital
  • Menggabungkan Visibilitas dan Kontrol untuk Meningkatkan Hasil Bisnis
  • Menyederhanakan Implementasi Advanced Control untuk SaaS dan Aplikasi Berbasis Container

 

Tags: , , , ,


COMMENTS