August 3, 2020

Keren! Sepeda Listrik Ini Siap Dipakai di Medan Perang

Penulis: Rizki R
Keren! Sepeda Listrik Ini Siap Dipakai di Medan Perang  

Mobitekno – UBCO 2×2 merupakan sepeda listrik yang digunakan untuk misi pengintaian dan pengawasan oleh Angkatan Pertahanan Selandia Baru (NZDF). Mereka menganggap sepeda listrik cocok untuk penggunaan militer, karena paket baterai kendaraan ini dapat ditukar, titik pemasangan aksesori, dan lebih dari itu, kendaraan itu lebih senyap dibandingkan dengan motor bermesin bensin.

UBCO mungkin bukan nama yang akrab di telinga kita saat mendengar sepeda listrik ini, tetapi perusahaan asal Selandia Baru telah didirikan kembali pada 2015 dan mulai mengembangkan Utility Electric Vehicle (UEV). UBCO 2×2 diluncurkan sepeda motor listrik ringan dan serbaguna. Kini, tampaknya sepeda listrik akan mengemban tugas lain untuk dituntaskan, yakni penggunaan militer.

Angkatan Pertahanan Selandia Baru (NZDF) menempatkan UBCO 2×2 untuk melihat seberapa mampu sepeda motor listrik melakukan misi pengintaian dan pengawasan di seluruh medan yang paling kasar di negara itu.

UBCO 2×2 ditenagai oleh dua motor penggerak hub 1 kW yang membagi daya (3,2 hp) secara merata antara roda depan dan belakang. Tingkat torsi maksimum diatur pada 66 lb-ft (90 Nm) dan kecepatan tertinggi adalah 30 mph (50 kph).Selain itu, unit daya dipasang di dalam roda, sementara rangka SuperX yang ringan menggendong baterai Lithium-ion 48Ah 48Ah yang dapat ditukar dan portabel.

UBCO3

Rangka ini serba guna dan dapat mengisi daya perangkat dan perabotan pengendara. Waktu pengisian daya –jika pengendara dalam hal ini, prajurit, tidak mengganti baterai– membutuhkan waktu antara enam hingga delapan jam dengan jarak tempuh berada di 78 mil (120 km). Selain itu, berkat baterai yang dipasang di sisi bawah rangka, UBCO menawarkan pusat gravitasi yang rendah, keseimbangan dan stabilitas yang lebih berguna sebagai sepeda listrik militer.

Suspensi yang empuk dilengkapi dengan garpu ATFZ internal 130mm, dan goncangan ganda disesuaikan untuk preload, kompresi, dan rebound. Sistem pengereman depan dan belakang memakai Tektro Dorado khusus sepeda.dengan rotor 203 x 2.3mm, dengan kaliper hidrolik.

UBCO mengklaim bahwa penggerak listrik ganda tidak memiliki kopling, transmisi atau emisi, perawatan yang sangat rendah dan motor listrik tidak memerlukan penggantian oli atau penggantian mesin khusus. Berat curb adalah 144 pound (65 kg) sementara daya angkut termasuk pengendara adalah 330 pound (150kg).

UBCO2

Tenaga, torsi, atau kecepatan tertinggi mungkin bukan poin utama sepeda listrik ini. Kelebihan yang dimiliki UBCO 2×2 dibandingkan dengan sepeda motor bermesin bensin adalah tidak mengeluarkan knalpot atau panas dan tidak didukung oleh cairan yang mudah terbakar. Selain itu, komputer internal dapat melacak banyak informasi tentang bagaimana sepeda motor listrik digunakan dan ada juga aplikasi yang dapat diunduh untuk mengubah smartphone pengendara menjadi dashboard.

Tampaknya, NZDF sedang melihat potensi sepeda listrik yang merupakan teknologi baru berlaga di medan tempur. UBCO 2×2 akan dipatok senilai € 6.999 dengan garansi tiga tahun untuk rangka, dua tahun untuk baterai dan motor, dan enam bulan untuk suku cadang dan komponen.

Ubco2x2 Bike Diagram 6

Tags: , , , ,


COMMENTS