October 1, 2020

ThinkPad X1 Fold, PC Lipat Pertama di Dunia Resmi Meluncur

Penulis: Rizki Romdoni
ThinkPad X1 Fold, PC Lipat Pertama di Dunia Resmi Meluncur  

Mobitekno – Inovasi paling drastis dalam dasawarsa terakhir di industri PC dan laptop adalah layar lipat (dapat dilipat). Ini dibuktikan pada ajang CES 2019 lalu oleh Lenovo yang sempat memamerkan purwarupa dari laptop barunya yang diberi nama Lenovo ThinkPad X1 Fold.

Mirip seperti smartphone Samsung Galaxy Fold, laptop ini memakai layar fleksibel yang dapat dilipat, namun dengan ukuran yang jauh lebih besar. Saat ini, perangkat tersebut sudah resmi dirilis di Tiongkok. Bagaimana di Indonesia? Belum ada informasi resmi apakah perangkat tersebut bakal hadir di Tanah Air.

Tentunya, inovasi tersebut membuat bangga Lenovo. Perusahaan menyebut laptop terbarunya tersebut sebagai PC layar lipat pertama di dunia. Pasalnya sampai saat ini, memang belum ada perangkat layar lipat yang hadir dengan ukuran sebesar Lenovo ThinkPad X1 Fold tersebut.


Carly Okerfelt, Worldwide Category Leader Lenovo, dalam sebuah event virtual yang digelar pada Selasa (29/9) kemarin, menjelaskan, “Ketika mulai melipatnya, akan ada menu pop-up switch mode yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi bersandingan. Atau bisa membuka satu layar penuh (portrait), kamu bisa scroll pada bagian lekukan lipatan tanpa ada garis hitam pembatas,”

Masih dalam mode lipat, pengguna bisa menampilkan keyboard virtual di layar bagian bawah. Menariknya, permukaan keyboard virtual itu dapat dipasangkan dengan papan ketik magnet fisik yang disertakan Lenovo dan ketika dilipat tidak bikin ‘mengganjal’. Kemudian, saat papan ketik tersebut tertempel, Windows hanya tampil di bagian layar atas saja.

“Ketika kita ingin pergi keluar, tinggal lipat saja. Keyboard bisa terpasang di dalammya dan akan mengisi ulang,” ungkap Carly.

Pada bagian engsel, Lenovo tidak sembarangan saat proses perancangannya. Sehingga ukurannya bisa tipis namun tetap kokoh. Dalam pengujian yang mereka lakukan, engsel ThinkPad X1 Fold bertahan hingga 30 ribu kali. Ini setara dengan 4 -5 tahun penggunaan.

Lenovo ThinkPad X1 Fold launching Sept 30 as the world's first foldable  notebook - Gizmochina

Diketahui bahwa layar fleksibel yang digunakan oleh Lenovo tersebut merupakan layar OLED yang dibuat oleh Lenovo dan juga LG. Pihaknya pun sudah sukses menyelesaikan berbagai macam masalah yang pernah dihadapi mengingat teknologi layar fleksibel ini masih cukup baru dan belum terlalu matang.

Dari sisi dapur pacu, Lenovo memompa tenaga dengan prosesor Intel Core generasi 11 dan Intel Hybrid Technology. Duet teknologi itu menyuguhkan performa dan efesiensi pada sebuah perangkat dengan dua layar ini. Di dalamnya tersemat RAM LPDDR4x 8 GB dan 1 TB SSD. Baterainya sendiri diklaim bisa bertahan hingga 8,5 jam penggunaan dan dibelai teknologi pengisian cepat 65W. Tersedia dua port USB Type C dan slot SIM Card. Untuk koneksi diberikan dukungan WiFi 6 dan 5G.

ThinkPad X1 Fold punya speaker Dolby Atmos sehingga bakal memanjakan telinga. Selain itu, Lenovo juga membekali Lenovo Mod Pen untuk kebutuhan coretan di atas layar ini.

Mengenai harga, Lenovo telah membuka pre-order di sejumlah negara untuk ThinkPad X1 Fold dengan banderol mulai dari USD 2.499 atau kisaran Rp 37 juta.

Tags: , , , , ,


COMMENTS