December 31, 2019

Revolusi Parkir Bawah Tanah, Volkswagen Luncurkan Robot Pengisian Daya

Penulis: Rizki R
Revolusi Parkir Bawah Tanah, Volkswagen Luncurkan Robot Pengisian Daya  

Mobitekno – Pabrikan otomotif asal Jerman, Volkswagen telah merevolusi pengisian baterai bagi pengguna mobil listrik. Volkswagen Group Component hadir dengan inovasi menarik, yakni mobile robot pengisian baterai di kala masih terbatasnya tempat pengisian ulang baterai mobil listrik.

Secara mandiri mobile robot tersebut akan menuju mobil yang telah memesan pengisian baterai. Masih kurang canggih? mobile robot tersebut akan menuju mobil tanpa bantuan manusia untuk pengoperasian pengisian baterai mobil listrik. Usai melakukan pengisian baterai sesuai permintaan pemilik mobil listrik, mobile robot tersebut akan kembali lagi ke tempatnya untuk mengisi ulang baterai yang dibawanya.

Dikatakan oleh Mark Möller, Head of Development Volkswagen Group Components, bahwa mobile robot pengisian baterai listrik menjadi terobosan baru dalam pengisian ulang di fasilitas perparkiran, seperti parkiran umum hingga parkiran bawah tanah.

“Kami membawa infrastruktur pengisian ulang baterai ke mobil dengan cara berbeda,” lanjutnya.

volkswagen robot

Setiap robot dibekali kamera dan pemindai laser serta sensor ultrasonic. Semuanya bekerja secara bersamaan untuk memungkinkan navigasi di sekitar area parkir dan menyelesaikan pengaturan pengisian daya.

“Adanya terobosan ini akan memudahkan semua mobil listrik yang terparkir, tanpa terkendala ketersediaan infrastruktur. Ini adalah prototype masa depan, yang bisa diwujudkan dalam waktu dekat, bila kondisinya sangat memungkinkan,” urai Möller.

VW robot

Setiap robot memiliki kapasitas 25 kWh yang dapat dikoneksikan dengan aplikasi atau komunikasi V2X. Perangkat pengisian juga memungkinkan melakukan pengisian cepat DC dengan langsung menyuntikkan 50 kW ke kendaraan.

Memang, mobile robot ini masih bagian dari rencana Volkswagen menyediakan fasilitas untuk kendaraan listriknya. Pada tahap awal hingga tahun 2025, Volkswagen akan menyiapkan 36.000 tempat pengisian di kawasan Eropa. Selain itu, VW juga meluncurkan kotak untuk pengisian di rumah, yakni ID.Charger.

Video dibawah ini akan memperlihatkan cara kerja mobile robot pengisian daya untuk mobil listrik

Kerjasama pengisian baterai juga akan melibatkan IONITY dengan menempatkan tempat pengisian cepat sebanyak 400 buah di jalan raya Eropa. Rencana jarak menengah adalah memastikan kendaraan listrik akan pengisiannya semudah menggunakan ponsel.

Tags: , , ,


COMMENTS