November 27, 2019

Samsung The Frame 2019 dan The Serif: TV 4K Premium yang Padukan Teknologi dan Seni

Penulis: Iwan RS
Samsung The Frame 2019 dan The Serif: TV 4K Premium yang Padukan Teknologi dan Seni  

Mobitekno – Salah satu produsen TV yang mencoba menggabungkan sentuhan teknologi dan seni (art) pada produknya adalah Samsung. Sejak beberapa tahun lalu, raksasa elektronik Korea Selatan ini sudah merilis TV premium bernuansa seni untuk memikat para konsumen yang memang sangat peduli dengan desain produk.

Memasuki kuartal terakhir 2019, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) meluncurkan dua seri smart TV QLED 4K terbaru di Tanah Air, yakni The Frame 2019 dan The Serif. Apabila Sony akhirnya ‘menyerah’ menawarkan konsep TV sebagai bingkai/frame elektronik, Samsung tampaknya masih percaya akan prospek kedua ‘TV nyeni’ ini di masa mendatang. The Frame 2019 merupakan generasi ketiga, sedangkan The Serif merupakan generasi kedua.

“Setelah The Frame generasi pertama mendobrak batasan akan makna sebuah TV, kini The Frame 2019 hadir menyempurnakan pengalaman menikmati sebuah TV sekaligus karya seni, dari klasik hingga kontemporer, menjadikan rumah layaknya galeri seni kelas dunia,” ugkap Simon Sim, Head of TV & AV Business, Samsung Electronics Indonesia.

“Demikian juga halnya dengan The Serif, TV terbaru Samsung yang stand out, berdiri mencuri perhatian dengan desain industrial nan ikonik. Bentuk ‘I’ yang khas tampil tajam, elegan, memberikan tampilan yang sepenuhnya berbeda dibandingkan TV lain, tercipta untuk berikan kepuasan terdepan pada estetika desain,” tambah Simon.

Adapun bagi Leonard Theosabrata, Culture Observer, Goods Dept Co-Founder, dan Whiteboardjournal Co-Creator, kedua TV Samsung tersebut merupakan suatu ‘Expresion of art within technology’

The Frame 2019

The Frame 2019 dengan panel layar QLED 4K telah mendapat pengakuan asosiasi sertifikasi kelas dunia, VDE (Verband Deutscher Elektrotechniker) atas kemampuannya memproduksi 100% volume warna sehingga gambar ampil jernih meski dalam adegan paling terang atau paling gelap sekalipun.

Dengan kemampuannya untuk menampilkan 100 persen volume warna, Samsung menawarkan pengguna The Frame 2019 untuk dapat mengakses lebih dari 1.000 karya seni dan lukisan dari seniman dunia (Cezanne, Monet, Bosch, Klimt, Van Gogh) melalui layanan Samsung Art Store.

Karya seni tersebut dapat ditampilkan ketika TV The Frame 2019 tidak digunakan pengguna untuk menonton. Jadi, layaknya bingkai lukisan, The Frame 2019 akan menampilkan satu atau beragam karya seni tersebut sesuai keinginan pengguna

Berbagai karya seni tersebut disediakan langsung dari galeri dan museum bergengsi di dunia. Setiap pembelian TV The Frame tersebut, pengguna otomatis mendapatkan 1+3 bulan langganan ke Samsung Art Store. Selanjutnya, pengguna akan dikenakan biaya Rp 69 ribu per bulan.

The Frame 2019 juga memiliki fitur Intelligent Sensor yang dapat mendeteksi pencahayaan ruangan, menyeimbangkan warna layar, dan tone warna secara otomatis. Dengan demikian, tampilan karya seni di layar tetap tampak jelas pada siang maupun malam hari.

The Serif

The Serif adalah TV QLED 4K yang berdesain unik dibandingkan TV layar datar umumnya. Terinspirasi dari desain huruf Serif (Serif font), The Serif merupakan hasi rancangan desainer furnitur Perancis, yaitu Bouroullec bersaudara (Ronan dan Erwan Bouroullec).

Melalui profil desain ‘I’ yang berkarakter, TV The Serif tampil elegan dan mempesona baik dilihat dari sisi depan, belakang, maupun samping. Yang juga mencuri perhatian adalah stand atau kaki pijakannya yang berdesain minimalis layaknya sebuah objek seni.

Seperti juga The Frame, The Serif juga menawarkan gambar dengan kontras mendalam, hitam nan gelap, dan 100% volume warna agar pengguna dapat menikmati tampilan gambar yang tajam dan nyata.

The Frame juga menyediakan pelengkap bezel berwarna beige dan One Invisible Connection sebagai kabel optik transparan untuk menyalurkan daya listrik sekaligus video ke TV. Ini mebuat TV tersebut tampil lebih estetis dan terhindar dari masalah kabel berbelit.

Adapun The Serif dilengkapi juga dengan kemampuan fitur NFC untuk melakukan proses pairing dan pertukaran konten dengan smartphone (misalnya mendengarkan musik) secara mudah dan cepat.

Baik The Frame 2019 dan The Serif juga dilengkapi fitur AI yang dihadirkan oleh asisten digital Bixby untuk mengontrol tampilan TV dan membantu akses Art Mode melalui perintah suara.

The Frame 2019 tersedia dalam ukuran 55 inci dan 65 inci seharga berturut-turut Rp 20,999 juta dan Rp 26,499 juta. Sedangkan The Serif yang tersedia dalam ukuran layar 55 inci (warna putih) dengan stand/kaki pijakan dibanderol seharga Rp 19,999 juta

Bagi pembeli The Frame 2019 dan The Serif melalui Samsung.com/id selama periode 27 November – 31 Desember 2019, akan mendapatkan bonus deco bezel dan berlangganan Art Store 1+3 bulan (khusus untuk The Frame) dan cashback Rp 5 juta.

Tags: , , , , ,


COMMENTS