August 26, 2019

Bugatti Singkap Centodieci Selama Pekan Monterey Car Week 2019

Penulis: Muhammad R
Bugatti Singkap Centodieci Selama Pekan Monterey Car Week 2019  

Mobitekno – Memiliki desain luar biasa dan kekuatan yang besar telah menjadi ciri khas kendaraan Bugatti selama sekitar 110 tahun. Kini,  pabrikan mobil hiper sport Prancis secara konsisten mengejar jalur ini lebih jauh dengan Centodieci edisi khusus. Sebagai tambahan, baru-baru ini Bugatti menggemakan sejarahnya dengan seri kecil yang eksklusif dan tak kalah luar biasanya.

Stephan Winkelmann, Presiden Bugatti, mengatakan, “Dengan Centodieci, kami memberi penghormatan kepada mobil super sport EB110 yang dibangun pada 1990-an dan sangat banyak bagian dari sejarah yang penuh dengan tradisi kami,”

Dirinya menambahkan, “Dengan EB110, Bugatti melambungkan dirinya ke puncak dunia otomotif sekali lagi setelah tahun 1956 dengan model baru.”

EB110 dibangun di Campogalliano, Italia, tetapi sejak awal ia tidak pernah menyangkal pengaruh Prancisnya. Mantan pemilik Romano Artioli membuka pabrik pada hari ulang tahun Ettore Bugatti yang ke-109 (15 September 1990). Artioli membuat pilihan yang disengaja dalam memilih Campogalliano, sebuah kota kecil di Emilia Romagna. Lokasi tersebut memiliki keuntungan tersendiri pada 1990-an, dimana di daerah itu banyak beberapa merek mobil sport Italia berseliweran, sehingga Artioli dengan mudah dapat merekrut karyawan berpengalaman untuk proyeknya. Artioli mempersembahkan mobil super sport EB110 kepada publik pada hari ulang tahun Ettore Bugatti yang ke-110 – maka dari itu penunjukan tipe: EB untuk Ettore Bugatti, 110 untuk ulang tahunnya yang ke-110.

Desain 3D yang Segar

Ada banyak area dimana Bugatti Centodieci edisi khusus baru menggemakan mantan mobil sport super tahun 1990-an. Bahkan, kendaraan ini lebih sporty dan lebih ekstrem daripada Bugatti Chiron dan Divo hyper sports cars, namun elegan dan abadi seperti La Voiture Noire.

Achim Anscheidt, Kepala Desainer di Bugatti, menjelaskan bahwa tntangannya adalah tidak membiarkan diri terpikat terlalu banyak oleh desain kendaraan bersejarah dan hanya bekerja dalam retrospeksi, tetapi untuk menciptakan interpretasi modern dari bentuk dan teknologi pada waktu itu,”

“Kami menghadapi sejumlah tantangan teknis dalam hal pengembangan dan desain Centodieci,” lanjut Achim.

EB110 adalah mobil super sport dua dimensi yang sangat datar. Mengangkut tampilan klasik ke milenium baru tanpa menyalinnya secara teknis terbilang rumit. Tim desainer harus menciptakan cara baru untuk menggabungkan persyaratan aerotermal kompleks dari teknologi Chiron yang mendasarinya dengan penampilan estetika yang sama sekali berbeda.

Dari sisi tampilan, radiator pipih dan berbentuk tapal kuda di bagian depan mengungkapkan kedalamannya dengan spoiler yang baru ditempatkan pada posisi yang dalam dan asupan udara tiga bagian memberikan kesesuaian yang sempurna. Tapal kuda Bugatti yang ikonik telah dikurangi, sementara logo Bugatti Macaron nangkring di kap mesin. Bagian depan yang dioptimalkan dengan splitter depan yang diperluas dan aliran udara melalui kap lebih meningkatkan aerodinamika mobil.

“Ini memungkinkan kami untuk menghidupkan kembali kenangan EB110,” kata Achim Anscheidt.

Lampu depan yang baru dikembangkan, kompleks, dan sangat sempit dengan lampu LED daytime running terintegrasi memberikan kesesuaian yang sempurna.

Tags: , , , , ,


COMMENTS