July 25, 2019

Review Samsung Galaxy A80: A-Series dengan Fitur Terlengkap, Mendekati S-Series

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy A80: A-Series dengan Fitur Terlengkap, Mendekati S-Series  

Mobitekno -Samsung Galaxy A80 merupakan varian terbaru dari A-Series yang dihadirkan secara resmi untuk meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Smartphone ini ditujukan untuk Generasi Live yang memiliki banyak aktivitas dan selalu update dalam kesehariannya. Oleh sebab itu, seperti Galaxy A-Series lainnya, Galaxy A80 juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mengekspresikan penggunanya agar bisa diupdate sebagai identitas mereka.

Setelah resmi diluncurkan, Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk menguji smartphone ini. Tidak perlu menunggu waktu lama, sesaat setelah paket Samsung Galaxy A80 diantarkan ke meja redaksi sehari setelah peluncurnnya, paket smartphone tersebut langsung kami buka agar bisa diuji untuk berbagai kebutuhan.

Samsung Galaxy A80 yang memiliki fitur unik yaitu Rotating Camera membuat kami langsung mengotak-atik fungsi tersebut. Smartphone berwarna Phantom Black tersebut langsung menjadi perangkat yang sibuk memfoto berbagai hal, termasuk Selfie. Bermain di segmen atas, Samsung Galaxy A80 tentunya menjadi sebuah smartphone yang bisa diandalkan untuk banyak hal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sajikan hasil penggunaan Samsung Galaxy A80 selama beberapa hari.

Galaxy A80 opening

 

Kelengkapan

Paket yang kami dapatkan memang bukan paket yang benar-benar baru dan masih tersegel. Namun begitu, isinya tetap lengkap seperti paket baru. Jadi, selain unit smartphone Samsung Galaxy A80, tentu saja terdapat berbagai aksesori pendukung untuk memaksimalkan fungsi smartphone. Apa saja isinya? Berikut ini detailnya.

  1. Satu unit Samsung Galaxy A80 berwarna Phantom Black.
  2. Kabel charger yang berfungsi juga sebagai kabel data, modelnya USB Type C – USB Type C.
  3. Power Adapter yang mengubah arus AC ke DC dengan kekuatan 25 Watt untuk mendukung fungsi Fast Charging.
  4. Earphone standar berwarna hitam.
  5. SIM Card Ejector yang berada di satu kemasan kecil.
  6. Case tambahan berwarna hitam untuk melindungi smartphone dari benturan.
  7. Buku petunjuk singkat.
  8. Kartu SIM dari Telkomsel.

Galaxy A80 kelengkapan

 

Desain

Saat smartphone ini dipegang, kesan pertama yang kami dapatkan adalah unit smartphone dengan desain yang mewah. Ya, bodi smartphone ini memiliki bodi berlapis kaca dengan pelindung Gorilla Glass  baik untuk depan maupun belakang. Berikutnya kesan premium juga kai dapatkan saat mengoperasikan tiga kamera untuk selfie. Kamera akan berotasi secara mekanik saat tombol fungsi kamera depan ditekan. Bagian atas smartphone akan terangkat dan tiga kamera akan berotasi sehingga menghadap ke depan.

Galaxy A80 rotasi1

Smartphone ini memiliki bodi yang cukup besar karena layarnya berukuran 6,7 inci, sama seperti varian Galaxy A70. Hanya saja, pada Galaxy A80 memiliki bodi yang lebih tebal, yaitu 9,3mm (Galaxy A70 memiliki ketebalan 7,9mm. Hal ini disebabkan untuk penempatan rotating camera. Samsung Galaxy A80 juga memiliki bobot yang agak berat, yaitu 220 gram. Karena menggunakan sistem rotasi, dengan demikian, pada bagian layar tidak ada gangguan sama sekali. Semua bagian layar terpakai penuh, tidak ada punch hole maupun notch. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi para penikmat film di layar smartphone.

Masih di bagian layar, Samsung menggunakan jenis layar Super AMOLED dengan teknologi New Infinity Display FHD+ 1080 x 2400pixel. Sementara rasio layarnya adalah 20:9, sama seperti Samsung Galaxy A70. Smartphone ini juga memiliki sensor sidik jari yang berada di bawah layar.

layar A80

Beralih ke sisi-sisinya. Tombol power terletak di sisi kanan dan tombol volume ada di sisi kiri. Untuk slot SIM card ada di bagian bawah, berdekatan dengan port USB type C untuk proses pengisian daya. Slot SIM Card ini memiliki desain bolak-balik. Jadi, bagian atas untuk SIM 1 dan bagian bawahnya untuk SIM 2. Dengan desain seperti ini, tray untuk SIM Card memiliki ukuran yang kecil. Samsung A80 tidak mendukung memori tambahan micro SD yang menjadi salah satu faktor juga mengapa desain tray untuk SIM card begitu kecil.

Samsung hanya menyediakan port USB Type C saja, tidak ada jack audio untuk Galaxy A80. Jadi, earphone bawaannyaa pun sudah didesain dengan ujung kabel berupa USB Type C. Anda bisa juga menggunakan Bluetooth Earphone untuk smartphone ini. DI bagian atasnya praktis tidak ada tombol atau port lainnya, selain lubang mikrofon yang sangat kecil.

Beralih ke bagian belakang, letak tiga kamera berada di paling atas karena meempel pada bagian yang terpisah. Tiga kamera ini mendukung resolusi 48MP untuk kamera utama, 8MP untuk ultra wide, dan satu lagi untuk 3D Bokeh. Kamera selfie tentu saja sama dengan kamera utama. Yang membedakan hanya dari aplikasi kameranya saja, dimana untukk selfie, AI yang ada di bisa membuat wajah lebih cerah saat menggunakan mode Selfie.

bodi belakang A80

DI bagian bawah kamera tepatnya bodi utama belakang, tampil dengan warna Phantom black tanpa adanya gradasi. Logo Samsung terletak persis di bagian tengah.

Untuk baterai, Samsung membekalinya dengan kapasitas baterai cukup besar, yaitu 3.700 mAh. Baterai sebesar ini dapat diisi penuh dengan cepat berkat adanya teknologi Super Fast Charging 25W dari Adapter Samsung.

 

Performa

Setelah mengulas desain, kini kita beralih ke pengoperasian smartphone. Android Pie 9.0 menjadi sistem operasi utama smartphone ini. Performanya kencang karena menggunakan prosesor yang lebih baik yaitu, Snapdragon 730G yang didesain juga untuk kebutuhan gaming. Performa juga diperkuat dengan penggunaan memori sebesar 8GB RAM.

Dari sisi aplikasi, tidak terlalu berbeda jauh dengan Galaxy A70. Perbedaan terlihat jelas di bagian kamera. Untuk aplikasi kamera Galaxy A80 sudah mendukung Night Mode dan Live Focus Video. Kedua fitur ini tentunya menjadi eksklusif karena membuat fitur kamera Galaxy A80 tidak berbeda jauh dengan Galaxy S-Series. Fitur Night Mode sangat membantu pada proses foto di malam hari dengan kondisi cahaya yang minimal. Sementara untuk Live Focus Video membuat pengguna bisa membuat efek bokeh di rekaman video. Live Focus Video bahkan tersedia juga di aplikasi kamera selfie. Dengan demikian,  video bokeh untuk Anda pun bisa dibuat dengan smartphone ini tanpa bantuan orang lain. Satu fitur lagi yang menarik adalah keberadaan fitur Hyperlapse di fungsi kamera depan. Ini cocok untuk yang sering membuat vlog dengan objek Anda sendiri untuk menceritakan keadaan sekitar. Dengan kemampuan kameranya, video pun bisa dibuat hingga resoliso 2160p 30fps.

Satu lagi fungsi yang menarik dari fitur video adalah Super Steady. Aktifkan fitur ini, Anda bisa merekam video tanpa takut hasil rekaman akan bergoyang. Fitur ini mengendalikan pergerakan smartphone, walaupun Anda gunakan saat sedang berjalan menaiki dan menuruni dataran tinggi. Fitur ini membuat hasil rekaman video terlihat profesional, seperti hasil rekaman kamera-kamera dengan tambahan gimbal. Penggunaan Lensa Ultra Wide juga sangat membantu pengambilan gambar dengan objek tangkapan yang lebih luas. Kamera dapat menangkap gambar hingga 123 derajat.

Bagaimana dengan suaranya? Ini juga yang membedakan Samsung Galaxy A80 dengan varian A-series lainnya.Samsung Galaxy A80 sudah memiliki kualitas audio Dolby Atmos yang dapat menghasilkan suara berkualitas dengan detail 360 derajat. . Sementara untuk games,  smartphone dapat menjalankan game seperti Asphalt 9 dengan sangat lancar. Dukungan prosesor Snapdragon 730G tentunya menjadi kunci game berjalan cukup lancar dengan smartphone ini.

Untuk penggunaan baterai, Samsung juga memberikan satu fitur yang sangat berguna untuk membant smartphone bisa beroperasi lebih lama lagi. Melalui fitur Adaptive Power Saving, pengguna diberikan tiga opsi untuk menghemat baterai, yaitu Optimized, Medium Power Saving, dan Maximum Power Saving.

Sementara untuk mengetahui aplikasi yang sering digunakan di smartohone ini, aplikasi Digital Wellbeing dapat memberikan info akurat kepada Anda. Berapa lama kondisi smartphone setelah terakhir diisi ulang, berapa persen penggunaan aplikasi tertentu dalam satu hari, hingga berapa jumlah notifikasi yang masuk bisa diketahui dari sini.

Untuk meningkatkan performa, aplikasi Device Care juga dapat digunakan. Pengosongan ruang memori,menghapus file-file cache, hingga mengaktifkan keamanan tambahan bisa dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan smartphone.

Pengoperasian smartphone juga bisa lebih mudah lagi jika Anda memanfaatkan motion dan gesture. Ada beberapa aplikasi yang bisa diaktifkan dengan hanya menggeser telapak tangan atau membuat karakter tertentu di hadapan layar smartphone. Contohnya seperti untuk melakukan screenshot yang bisa dilakukan dengaan mengusap layar dengan sisi telapak tangan dari kanan ke kiri.

Samsung galaxy A80 juga mendukung penggunaan dual messenger dalam satu aplikasi. Anda cukup mengaktifkan fitur ini dari dalam menu settings.

Bagi pengguna kartu elektronik seperti Mandiri E-Money atau BCA Flazz, smartphone ini bisa digunakan untuk memeriksa atau mengisi saldo dengan cepat,  tanpa harus pergi ke ATM atau lokasi pengisian saldo. Hal ini karena Samsung Galaxy A80 sudah dolengkapi dengan chip Near Field Communication (NFC).

Selain menguji dengan menggunakan langsung (experience), kami juga mengukurnya berdasarkan tiga aplikasi benchmak. Hasilnya bisa dilihat berikut ini.

Berikut ini juga contoh-contoh foto yang ditangkap menggunakan Samsung Galaxy A80.

 

Spesifikasi

Performa yang mumpuni tentunya tidak lepas dari spesifikasi yang ada di dalam smartphone. Berikut ini spesifikasi dari Samsung Galaxy A80.

Display 6,7 inci FHD+ 1080x2400p Super AMOLED New Infinity Display
Chipset Qualcomm Snapdragon 730G
GPU Adreno 618
Dimensi & Bobot 165mm x 76,5mm x9,3mm, 220 gram
Kamera Utama 48MP + Ultra Side 8MP + 3D depth camera
Memori 8GB RAM dan 128GB ROM, tidak ada micro SD
OS Android Pie 9.0
Baterai 3.700mAh 25W Super Fast Charging
Sidik jari On-Screen Fingerprint
Desain 3D Glass + Metal Frame
Warna Phantom Black,  Angel Gold, Ghost White

 

Kesimpulan

Galaxy A80 utama

Smartphone Samsung galaxy A80 merupakan smartphone yang memiliki fitur setingkat di bawah Galaxy S10. Beberapa fitur di Galaxy S10 bisa ditemukan di sini. Dengan demikian, pengalaman yang didapat dari pengguna bisa lebih banyak dibandingkan dengan Galaxy A-Series lainnya yang sudah hadir lebih dahulu di Indonesia.

Samsung Galaxy A80 memiliki desain yang mewaaah daan stylish. Tanpa case tambahan, smartphone terlihat lebih bagus. Hanya saja, Anda harus hati-hati memegangnya karena bodi kaca yang ada membuat smartphone agak licin untuk dipegang. Samsung pun menyediakan case tambahan dalam paket penjualannya untuk memecahkan masalah ini.

Smartphone yang dibanderol dengan harga RP 9.499.000 juga memiliki dua warna lain yang menawan. Selain Phantom Black, ada juga Angel Gold, dan Ghost White. Jadi, bagi Anda yang menginginkan fitur dan fungsi yang ada di smartphone Galaxy S-Series tetapi tabungan belum mendukungnya, Samsung Galaxy A80 ini bisa menjadi solusinya.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS