September 23, 2019

Ketimbang PS4, PlayStation 5 Dikabarkan akan Lebih Hemat Daya

Penulis: Rizki R
Ketimbang PS4, PlayStation 5 Dikabarkan akan Lebih Hemat Daya  

Mobitekno – Konsol PlayStation generasi berikutnya (PS5) dikabarkan akan mampu mengonsumsi daya yang jauh lebih sedikit dalam mode siaga daripada PS4. Fitur hemat daya itu merupakan pengaturan opsional, bukan default. Berita itu datang sebuah posting blog berjudul PlayStation Joins Forces with the United Nations to Combat Climate Change.

“Saya juga sangat senang mengumumkan konsol PlayStation generasi berikutnya akan mencakup kemungkinan untuk menangguhkan gameplay dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah daripada PS4 (yang kami perkirakan dapat dicapai sekitar 0,5 W),” tulis Jim Ryan, President and CEO of Sony Interactive Entertainment.

PS 5

“Jika hanya satu juta pengguna mengaktifkan fitur ini, itu akan menghemat setara dengan penggunaan listrik rata-rata 1.000 rumah AS.” lanjut tulisan tersebut.

Baik konsol PlayStation maupun Xbox telah dikritik, karena konsumsi daya tingkat tinggi saat mode siaga. Sebuah laporan pada 2014 dari Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam menunjukkan PS4 dapat menghabiskan sebanyak 8,5 watt dalam keadaan siaga. Penelitian itu menyimpulkan bila dibandingkan saat bermain game (137 watt) atau saat streaming video (89 watt).

Sony telah meningkatkan profil energi PS4 dari waktu ke waktu. Dengan mengurangi penarikan daya siaga menjadi hanya setengah watt akan menjadi peningkatan signifikan yang bisa berdampak nyata. Terutama jika PS5 disebut mendekati 100 juta unit terjual seperti PS4 di seluruh dunia hingga saat ini.

Tags: , , ,


COMMENTS