January 23, 2019

Selamat! JD.com Mengumumkan Penerbangan Drone Resmi Pertama di Indonesia

Penulis: Rizki R
Selamat! JD.com Mengumumkan Penerbangan Drone Resmi Pertama di Indonesia  

Mobitekno – JD.com, retailer terbesar di China belum lama ini telah mengumumkan suksesnya uji coba penerbangan drone untuk pengiriman barang yang secara resmi dan pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia. Kesuksesan uji coba ini berhasil membuka pintu bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Sebagai wujud dukungan pemerintah, pada uji coba terbang drone tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP), TNI AU, dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (atau yang umum dikenal dengan Air Navigation atau AirNav Indonesia) untuk menyaksikan uji coba terbang drone untuk pengiriman barang tersebut. Berita ini diumumkan pada konferensi pers dalam Pertemuan Tahunan “World Economic Forum (WEF)” atau Forum Ekonomi Dunia tahun 2019.

“Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta,” kata CEO JD.ID, Zhang Li.

Ia menambahkan, “Hal ini menjadi satu bukti kepeloporan, kepemimpinan dan komitmen kami, melebihi dari bisnis utama kami di bidang e-dagang dan juga perusahaan teknologi yang akan berkontribusi secara signifikan terhadap bangsa Indonesia, yang sejalan dengan salah satu misi kami, Advancing Indonesia,”

Penerbangan uji coba tersebut berlangsung pada 8 Januari 2019 lalu, di kawasan Jawa Barat, Indonesia, dimana rute terbang drone tersebut dimulai dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles dengan tujuan mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada para siswa.

Drone JD

JDrone seri Y3 disaat terbang dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles yang membawa kotak JD.ID berisikan tas ransel, buku-buku dan bola sepak.

Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah sebagian dari donasi peralatan sekolah yang lebih besar dari JD.com ke sekolah tersebut. JD.com dan mitra joint venture-nya, perusahaan e-dagang JD.ID adalah pelopor awal dalam membawa e-dagang berkualitas tinggi ke Indonesia. JD.ID yang memulai operasi e-dagang pada tahun 2016 lalu, kini telah memiliki lebih dari 1 juta SKU dan melayani lebih dari 20 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

JD.ID memiliki jaringan infrastruktur logistik yang terdiri dari sepuluh gudang di tujuh pulau di nusantara yang mencakup 483 kota dan 6.500 kecamatan. Mengingat fakta bahwa negara ini terdiri dari banyak pulau, penerapan drone untuk penggunaan reguler dalam pengiriman e-dagang serta layanan terkait logistik lainnya akan memungkinkan warga di Indonesia untuk menikmati layanan yang lebih efisien dan andal serta membantu JD.ID mewujudkan cita-citanya untuk dapat mengirimkan 85% pesanan pada hari yang sama atau keesokan harinya.

Zhang Li

CEO JD.ID, Zhang Li disaat menyerahkan donasi dari JD.ID kepada Kepala Sekolah MIS Nurul Falah Leles, Robul Bustomi di acara Penerbangan Uji Coba Pertama JDrone 

Kepala Drones and Tomorrow’s Airspace, Timothy Reuter pada Pertemuan Tahunan “World Economic Forum (WEF)” tahun 2019 juga mengatakan bahwa uji coba terbang drone ini menjadi lambang operasi pengiriman drone pertama yang disetujui pemerintah dalam sejarah Indonesia.

“Berbagai uji coba terbang drone ini adalah peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin di kawasan Asia Tenggara dengan memanfaatkan pengiriman drone untuk meningkatkan akses ke peralatan medis, kemanusiaan, dan produk-produk komersil yang penting di daerah terpencil” jelas Timothy Reuter.

Tags: , , , , ,


COMMENTS