May 11, 2019

Western Digital Perkenalkan SSD WD Blue Berteknologi NVMe

Penulis: Desmal Andi
Western Digital Perkenalkan SSD WD Blue Berteknologi NVMe  

Mobitekno – Kecepatan menjadi hal yang penting bagi produk PC. Selain prosesor dan memori, proses baca dan tulis dari perangkat penyimpan data juga menjadi penentu cepat tidaknya sebuah PC. Inilah yang juga jadi perhatian Western Digital, perusahaan yang sudah lama berkecimpung di teknologi storage. Tanggal 9 mei 2019 kemarin, Western Digital bahkan baru saja memperkenalkan sebuah produk storage baru berbasis SSD, yaitu SSD WD blue dengan teknologi NVMe.

Digunakannya teknologi NVMe ini ke dalam varian SSD WD Blue bertujuan untuk mempercepat performa PC sehingga bisa memberikan proses baca dan tulis tiga kali lebih baik dibaandingkan dengan SATA. Hal ini tentunya bisa disambut baik oleh para pembuat konten yang selalu membutuhkan perangkat komputer yang cepat, walaupun sedang menggunakan aplikasi-aplikasi berat. Padahal saat ini teknologi video 8K perlahan-lahan sudah mengusik 4K.

WD_blue-2a

“Transisi konten dari 4K dan 8K berarti hal ini adalah waktu yang tepat bagi para editor foto, pembuat konten, pengguna data besar, dan penggemar PC untuk bertransisi dari SATA ke NVMe,” ujar Eyal Bek, vice president marketing, data center and client computing, Western Digital. “SSD NVMe WD Blue SN500 akan memungkinkan para pelanggan untuk membangun PC dan laptop berperforma tinggi dengan kecepatan dan kapasitas yang cukup dalam sebuah form factor yang handal, terproteksi dan ramping,” tambah Eyal.

Memanfaatkan arsitektur SSD buatan sendiri yang mumpuni seperti pada SSD NVMe WD Black® SN750, SSD NVMe WD Blue SN500 terbaru ini juga dibuat dengan teknologi 3D NAND, firmware dan kontroler milik Western Digital, dan memberikan kecepatan baca sekuensial 1.700MB/s dan kecepatan tulis sekuensial 1.450 MB/s (untuk model 500GB) dengan konsumsi daya efisien yang hanya sebesar 2,7W.

Western Digital membuat produk ini untuk kebutuhaan notebook dan PC desktop. Ada dua kapasitas yang tersedia, yaitu 250GB dan 500GB. Western Digital menyarankan harga retail untuk kapasitas 250GB adalah sekitar Rp 975.000. Sementara untuk yang 500GB dibanderol sekitar Rp 1.400.000.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS