October 1, 2019

IMX 2019 Bawa Industri Modifikasi Lokal Naik Kelas

Penulis: Putra | Editor: Desmal Andi
IMX 2019 Bawa Industri Modifikasi Lokal Naik Kelas  

Mobitekno – Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 sudah berlangsung pada akhir minggu kemarin. Event expo modifikasi terbesar ini sudah dilaksanakan kedua kalinya Tanah Air. IMX merupakan event yang digagas National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan tujuan mengerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia – Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) – Kementerian Perindustrian – Ir. Harjanto, M.Eng, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, serta Andre Mulyadi – founder NMAA sekaligus Project Director IMX pun secara simbolis membuka expo modifikasi terbesar di Indonesia ini.

Pada tahun kedua penyelenggaraan ini IMX mencatat 30% lebih banyak exhibitor dari dalam dan luar negeri. Khusus tenant luar negeri yang berpartisipasi di IMX 2019 di antaranya adalah rumah modifikasi Rywire Motorsport Electronics dari Amerika Serikat, tuner JDM Yard dari Australia, penyelenggara Osaka Automesse dari Jepang, majalah modifikasi Super Street dari Amerika Serikat, brand velg SSR dari Jepang, serta legenda kustom kulture Mooneyes asal Jepang.

Shige Sunaguma selaku pemilik Mooneyes yang juga dianggap sebagai The Godfather of Japanese Custom Scene” menyempatkan datang ke IMX 2019 sebagai bagian dari rangkaian kegiatannya di Indonesia.

Inilah pertama kalinya ia menyapa penggemar modifikasi melalui IMX, dan merespons positif adanya expo modifikasi di Tanah Air. Ia berharap ranah custom mobil di Indonesia terus bertumbuh dan berkembang seperti di Jepang dan Amerika.

imx 04
Menteri Perindustrian Republik Indonesia – Airlangga Hartarto

 

Produk Terbaik Dengan Harga Terbaik

Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2019 memiliki program promosi untuk para pengunjung. Mulai dari produk busi, karpet mobil, sticker, car cover, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai car detailing memberikan harga terbaiknya dalam dua hari penyelenggaraan IMX 2019. Selain  itu terdapat dukungan Tokopedia yang akan memberikan kemudahan dan keuntungan berbelanja melalui program cicilan 0% serta ratusan cashback voucher.

“Dalam setiap penyelenggaraan IMX kami ingin selalu memanjakan pengunjung yang datang tak hanya dengan konten acara yang menarik, tetapi juga lewat program penjualan produk terbaik yang bisa didapatkan dengan harga terbaik. Apalagi pengunjung sekaligus berkesempatan mendapatkan produk modifikasi terbaru yang dirilis hari ini,” bilang Andre Mulyadi.

Pada hari pertama penyelenggaraan IMX beberapa produk, kolaborasi, dan karya modifikasi dirilis ke pasaran. Di antaranya adalah;

  1. Kolaborasi Datsun Indonesia dengan brand legenda kustom kulture Mooneyes membuat Datsun GO edisi khusus.
  2. AMMDes 1:1 berkonsep mini mixer truck hasil karya pemenang kompetisi digital AMMDes Digimodz.
  3. Mobil modifikasi Lamborgini Aventador dengan produk lokal KARMA Bodykit.
  4. Mobil Toyota Terios dan Mitsubishi Xpander dengan produk lokal Garuda Bodykit.
  5. Honda HR-V modifikasi di booth Honda Indonesia yang berkolaborasi dengan influencer Kiki Anugraha.
  6. Peluncuran produk velg lokal Avantech jenis beadlock untuk penyuka tampilan off-road.
  7. Peluncuran merek velg aftermarket lokal Torsion Wheel dengan desain-desain yang atraktif
  8. Produk lampu LED RS300 Autovision yang memiliki 3 warna.
  9. Produk radiator coolant Prestone dengan tutup biru dengan formula dan keunggulan yang lebih baik.
  10. Penampilan perdana Suzuki New Carry Pick Up dengan gaya yang lebih macho.
  11. Kopdar akbar ratusan komunitas mobil dari seluruh Indonesia.

Konten Spesial

Selalu ada konten-konten spesial pada tiap penyelenggaraan event, tak terkecuali tahun ini. Misalnya NMAA TOP 50 yang merupakan kumpulan mobil terbaik hasil kurasi yang tahun ini menyajikan karya modifikasi lebih beragam dan advanced.

Misalnya mobil Toyota Land Cruiser 40 Series yang dimasukkan mesin modern LS V8 buatan General Motors. Lainnya ada sebuah Honda S2000 yang dibangun secara detail dengan kit Spoon Sports. Selain itu sebuah MINI Countryman dimodifikasi dengan fitment roda maksimal memanfaatkan velg dan ban super lebar. Kalau belum cukup ada pula mobil hatchback Suzuki Swift dengan komponen JDM, atau Honda Brio bergaya VIP.

Kegiatan lain adalah Garage Sale produk aftermarket berkualitas yang bahkan sudah sejak pagi diserbu pengunjung. Sementara itu pengunjung juga bisa membeli merchandise resmi IMX 2019 berupa t-shirt dan hoodie edisi terbatas di booth yang disediakan dengan harga khusus.

 imx

Untuk pengunjung yang membawa anak, booth Indonesia Diecast Expo (IDE) menyajikan kegiatan balap diecast dengan hadiah-hadiah menarik untuk para pemenang. Keseruan fun competition ini terbilang menyita perhatian karena untuk berpartisipan, pengunjung cukup mendaftarkan nama anak dan diecast balapnya sudah disediakan panitia.

IMX juga membawa misi edukasi dalam tiap penyelenggaraan dengan mengadakan 4 sesi talk show yang dibagi dalam 2 hari. Hari pertama talk show diadakan bertema “JDM Culture in Indonesia” serta “Modification Industry Business” yang dibawakan narasumber kompeten di bidangnya dari dalam dan luar negeri.

“Beberapa tuner dan pelaku modifikasi dalam dan luar negeri kami libatkan dalam talk show interaktif ini, sehingga kita bisa sama-sama belajar dan mendapat wawasan baru soal modifikasi dari sudut pandang lain. Dengan begitu harapannya modifikasi kita bisa ‘naik kelas’,” tutupAndre Mulyadi.

Tags: , ,


COMMENTS