January 30, 2018

Tokopedia Luncurkan TokoPoints, Program Loyalti untuk Manjakan Pengguna

Penulis: Eko Lannueardy
Tokopedia Luncurkan TokoPoints, Program Loyalti untuk Manjakan Pengguna  

Mobitekno – Perang e-commerce di Indonesia semakin sengit. Mereka pun berlomba-lomba menyuguhkan beragam hal menarik yang bertujuan untuk menggaet konsumen sebesar-besarnya. Salah satu e-commerce yang kembali menyajikan hal itu adalah Tokopedia yang meluncurkan TokoPoints.

Lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com, TokoPoints disebut-sebut sebagai program loyalitas pelanggan. Lewat program ini, memungkinkan pengguna setia Tokopedia alias Toppers untuk mengumpulkan loyalti dan point dari setiap transaksi yang dilakukan melalui website ataupun aplikasi Tokopedia.

Nantinya, point yang terkumpul dapat ditukarkan dengan kupon-kupon reward menarik, seperti ongkir gratis, cashback untuk pulsa listrik, paket data dan beragam hadiah menarik lainnya. Sementara itu lewat pengumpulan loyalty, Toppers juga dapat meningkatkan level akun mereka di Tokopedia, sehingga dapat mengakses berbagai keuntungan istimewa lainnya.

Seperti diungkapkan oleh Aldo Tjahjadi, Co-Head Marketplace Tokopedia bahwa TokoPoints merupakan wujud rasa terima kasih Tokopedia terhadap kesetiaan para Toppers Tokopedia. Harapannya, program ini bisa lebih menarik di mata para pengguna setia Tokopedia.

“Kami  mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap Tokopedia selama lebih dari delapan tahun ini. Kesetiaan Toppers adalah motivasi Tokopedia untuk terus berinovasi dalam memberikan pengalaman berbelanja online terbaik untuk masyarakat Indonesia,” ucap Aldo.

Lebih jauh Aldo juga mengatakan,lewat TokoPoints, Tokopedia berharap lebih banyak lagi masyarakat yang terdorong memanfaatkan kemudahan berbelanja lewat platform digital Tokopedia. Harapan lainnya, program ini juga semakin menggerakkan pertumbuhan jutaan UMKM yang telah bergabung sebagai merchant Tokopedia.

Selain pengumpulan poin yang dapat ditukarkan dengan kupon reward, TokoPoints juga memberikan status membership loyalty yang memungkinkan Toppers untuk meraih keuntungan berbeda di tiap tingkatnya. Status ini ditentukan dari jumlah loyalty yang dikumpulkan.

Terdapat empat tingkatan membership loyalty bagi Toppers, yakni Classic, Silver, Gold dan Platinum. Semakin tinggi status membership Toppers, semakin tinggi pula jumlah kupon dan nominal maksimal gratis ongkir serta akumulasi poin yang bisa didapatkan.

Misalnya, nominal maksimal ongkir untuk Classic Member dan Silver Member adalah Rp 20.000 sementara untuk Gold Member dan Platinum Member 1 sebesar Rp 25.000. Khusus untuk Gold Member dan/atau tingkatan di atasnya, Toppers juga dapat mengirimkan kupon yang ada di Katalog Kupon ke Toppers lain.

“Sistem ini sengaja diberlakukan untuk menjadikan pengumpulan poin dan loyalty menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan untuk Toppers. Justru itulah letak fun-nya. Namun tentu, semakin banyak transaksi yang dilakukan dan semakin tinggi membership loyalty, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak poin,” tambah Aldo.

Setiap Toppers dengan akun yang telah terverifikasi akan terdaftar secara otomatis menjadi akun TokoPoints, sehingga tidak perlu melakukan aktivasi kembali ke akun TokoPoints. Seluruh Toppers yang baru pertama kali berbelanja di Tokopedia juga secara langsung akan mendapatkan kupon gratis ongkos kirim senilai Rp20.000.

Untuk sementara, Poin dan loyalty tersedia untuk Toppers yang bertransaksi di Tokopedia baik Marketplace, Official Store, dan Produk Digital. Toppers dapat menukarkan poin dari transaksi sebelumnya menjadi kupon yang ditampilkan di Katalog Kupon untuk kemudian digunakan dalam melakukan transaksi selanjutnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS