January 30, 2018

Ini Spesifikasi Tiga iPhone Terbaru 2018 yang Diungkap oleh KGI

Penulis: Iwan RS
Ini Spesifikasi Tiga iPhone Terbaru 2018 yang Diungkap oleh KGI  

Mobitekno – Berbeda dari rumor terdahulu yang menyebutkan akan ada empat model iPhone yang akan dilrilis Apple, Ming-Chi Kuo, analis dari KGI Securities menyebutkan niat Apple untuk merilis ‘hanya’ tiga model iPhone tahun ini.

Ketiga model iPhone (mungkin dinamakan iPhone X2/X2 Plus) akan meneruskan ‘DNA desain’ dari iPhone X sebelumnya, seperti layar tanpa bingkai dengan sedikit notch di bagian atas tengah layah. Perbedaaa ketiganya terletak pada ukuran dan jenis layar yang diunakan.

Model pertama adalah iPhone dengan ukuran dan jenis layar seperti iPhone X generasi pertama (OLED 5,8 inci). Dua lainnya adalah iPhone X Plus dengan ukuran layar terbesar (OLED 6,5 inci) dan iPhone termurah dengan layar LCD berukuran 6,1 inch.

Ming-Chi Kuo juga menyebutkan alasan kenapa Apple tidak akan merilis iPhone SE generasi terbaru (iPhone SE 2) tahun ini. Menurut analisisnya, sumber daya untuk pengembangan model produk tahun ini hanya tersedia untuk tiga model iPhone.

Analis yang prediksi kerap terbukti benar ini juga membagikan informasi tambahan seputar model iPhone paling terjangkau dengan layar LCD 6,1 inci. Model iPhone ini akan menggunakan panel LCD buatan JDI Display dengan ukuran frame tipis (hanya 0.5 mm setiap sisi).

Frame yang tipis tersebut memungkinkan model iPhone 6,1 inci ini memiliki desain layar yang mirip (near bezel-less dan notch) seperti iPhone X tahun lalu, meski panelnya berjenis LCD (bukan OLED).

Baterai iPhone 6,1 inci akan berkapasitas 2850-2950 mAh, yang berarti 8.5% lebih besar dari iPhone X. Model ini juga akan tetap mengusung fitur FaceID tapi mengganti panel kaca di sisi belakang dengan panel aluminium yang lebih terjangkau.

Produksi iPhone model terjangkau ini akan diserahkan pada Pegatron, Foxconn, Wistron dengan konstribusi berturut-turut 60%, 30%, dan 10%. Terkait harga, iPhone 6,1 inci akan lebih terjangkau dan dibanderoal pada kisaran US$ 700 hingga US$ 800.

Seperti jadwal di tahun-tahun sebelumnya, Apple paling cepat baru akan merilis ketiganya pada September 2018.

Varian iPhone lainnya dengan layar lebih besar (OLED 6,5 inci) akan ditebnagai dengan baterai 3.300 – 3.400 mAh (L-shaped, 2 cell). Penambahan kapasitas dimungkinkan berkat penerapan desain board SLP.

Terakhir, Ming-Chi Kuo juga menyebitkan jika kamera TrueDepth pada iPhone tahun ini mungkin tidak banyak membawa perubahan besar. Apple lebih memilih perubahan kamera yang signifkan untuk model iPhone tahun 2019.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS