January 30, 2018

Dukung Layanan 5G Komersial, Nokia akan Pasok peralatan 5G untuk NTT DoCoMo

Penulis: Desmal Andi
Dukung Layanan 5G Komersial, Nokia akan Pasok peralatan 5G untuk NTT DoCoMo  

Mobitekno –  Kesepakatan dengaan NTT DoCoMo ini dilakukan Nokia guna mendukung operator seluler terbesar di Jepang tersebut untuk menggelar layanan 5G komersial  pada tahun 2020. Produk-produk baseband 5G dari Nokia akan diterapkan dalam jaringan mobile 5G NTT DoCoMo.

“Kami telah berkolaborasi dengan mitra seperti Nokia dalam berbagai uji coba teknologi 5G dan kasus penggunaan sejak tahun 2014. Melalui kesepakatan dengan Nokia ini, kami kini berlanjut ke langkah selanjutnya untuk meluncurkan layanan mobile 5G pada tahun 2020 dan mempercepat kolaborasi penciptaan layanan dan bisnis baru dengan mitra-mitra industri vertikal,” ujar Hiroshi Nakamura, Executive Vice President and Chief Technology Officer di NTT DoCoMo.

Dalam menyokong NTT DoCoMo, dengan peralatan dari Nokia ini, NTT DoCoMo bisa menghadirkan peningkatan baseband unit yang sudah ada dengan mengintegrasikan AirScale Nokia berbasis 5G New Radio. Dengan demikian, pelanggan bisa merasakan pengalaman baru untuk layanan mobile dengan kecepatan yang sangat tinggi di tahun 2020 nanti.

“Kesepakatan dengan NTT DoCoMo ini merupakan suatu tonggak yang penting dalam mewujudkan 5G komersial menjadi kenyataan, terutama di negara dengan sejarah yang panjang dan membanggakan di bidang kemajuan teknologi dan pelopor dalam adopsi teknologi. Bersama-sama kami telah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir untuk memulai persiapan peluncuran layanan 5G operasional NTT DoCoMo pada tahun 2020, yang telah kita mulai melalui pengumuman hari ini,” kata Marc Rouanne, President of Mobile Networks di Nokia

Kesepakatan ini merupakan salah satu komitmen Nokia untuk menjalin hubungan kerja sama jangka panjang dengan operator terbesar di Jepang ini. Kedua perusahaan juga telah bekerja sama dalam uji coba teknologi 5G, dan kini telah menyepakati penyediaan BBU 5G Nokia agar dapat melakukan manajemen terpusat untuk 5G RRH (remote radio head) yang akan diterapkan dalam jaringan 5G. Hal ini sesuai dengan visi 5G NTT DoCoMo, yang sepenuhnya memanfaatkan arsitektur C-RAN yang ada untuk 5G.

 

Tags: , , ,


COMMENTS