January 25, 2018

Forbes: 87% Perusahaan di Asia Pasifik Meyakini IoT Penting Bagi Perjalanan Bisnis

Penulis: Eko Lannueardy
Forbes: 87% Perusahaan di Asia Pasifik Meyakini IoT Penting Bagi Perjalanan Bisnis  

Mobitekno – Perkembangan Internet of Things (IoT) yang telah menjadi tren saat ini ternyata bukan hanya sekadar jadi perbincangan menarik dikalangan para pemain IT belaka.

Lebih dari itu, IoT juga telah jadi menjadi suatu tren yang menyasar para pebisnis.Hal ini setidaknya terungkap dari hasil survei yang dilakukan oleh Forbes baru-baru ini.

Digadang-gadang sebagai sebuah pondasi untuk berbagai trobosan, IoT kini juga sudah berkaitan erat dengan artificial intelligent, robotik dan berbagai potensi lainnya.Jelas, ini semakin menarik.

Namun bagi para pengambil keputusan di sejumlah perusahaan atau para eksekutif, untuk mengimplementasikan IoT terkadang terasa mustahil.

Mereka merasa kesulitan untuk memisahkan fakta dari tren yang ada didepan mata. Bahkan lebih menakutkan lagi untuk mengetahui langkah-langkah praktis yang diperlukan untuk memulai IoT dalam bisnis mereka.

Terkait dengan hal itu, untuk memahami lebih dalam mengenai situasi terkini dari IoT, Forbes Insight bekerja sama dengan Hitachi Vantara telah melakukan survei kepada 502 lebih dari eksekutif senior di seluruh dunia.

Tak hanya itu, survei tersebut juga melibatkan 220 orang dari kawasan Asia Pasifik yang memimpin inisiatif IoT di dalam perusahaan mereka.

Penelitian ini menyoroti beberapa hal, seperti apakah IoT masih merupakan aspirasi atau telah menjadi kenyataan operasional, bagaimana IoT digunakan dalam sebuah perusahaan dan seperti apa implementasinya di tahap awal.

Dari hasil survey yang disajikan dalam laporan bertajuk “Internet of Things: Dari Teori kepada Realita”, terungkap sebanyak 70% perusahaan di wilayah APAC percaya bahwa IoT sangat penting bagi bisnis yang mereka jalankan.

Sebanyak 87% percaya bahwa IoT akan menjadi bagian penting bagi masa depan bisnis mereka. Temuan lainnya, IoT disebut-sebut menjadi salah satu teknologi baru yang paling penting.

Seperti disebutkan Bruce Rogers, Chief Insight Officer (CIO) Forbes Media, diseluruh kawasan Asia Pasifik terlihat jelas bahwa para eksekutif menyadari nilai dari inisiatif IoT.

“Dengan 70 persen dari mereka yang menyatakan telah mempertimbangkan IoT sebagai sesuatu yang penting atau krusial bagi bisnis mereka, IoT dengan cepat menjadi pembeda kompetitif yang akan mempengaruhi hampir setiap industri,” ucap Rogers.

Sementara itu menurut Daniel Chong, wakil presiden senior Asia Pasifik di Hitachi Vantara mengungkapkan bahwa temuan survei Forbes Insights dengan jelas menunjukkan dampak yang dimiliki IoT terhadap bisnis di wilayah APAC.

“Kami ingin melihat bahwa sebagian besar pebisnis telah melihat IoT sebagai kunci kesuksesan. Kesamaan dari organisasi-organisasi bisnis di seluruh dunia adalah kebutuhan mendapatkan dukungan top-down pada masa awal inisiatif,” jelas Daniel.

 

Temuan penting lainnya, di Asia Pasifik, perusahaan sudah melihat keuntungan dari IoT. Sebanyak 76% menjalankan IoT untuk menghasilkan pendapatan, sementara 60% setuju bahwa IoT menghasilkan data yang sangat berguna untuk bisnis mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS