January 24, 2018

Setelah Synaptics, Produsen Layar ini Juga Siap dengan Teknologi Sidik Jari di Layar

Penulis: Iwan RS
Setelah Synaptics, Produsen Layar ini Juga Siap dengan Teknologi Sidik Jari di Layar  

Mobitekno – Bukan Synaptics saja yang eksis dengan teknologi sidik jari langsung di layar (in-finger/in-display fingerprint scanner). Setelah Synaptics dan Vivo memamerkan sensor pada layar OLED smartphone di ajang CES 2018, kini Japan Display Inc (JDI) dikabarkan akan segera menyusul.

Produsen Jepang yang layarnya banyak digunakan pada produk elektronik Sony, Hitachi, dan Toshiba ini diketahui sudah menyiapkan teknologi serupa untuk layar LCD tapi dengan metode yang tidak sama.

Menggunakan teknologi bernama Pixel Eyes technology, sensor sidik jari capacitive dapat dimuat langsung pada tampilan kaca untuk memindai sidik jari yang ditempelkan padanya.

Pixel Eyes ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan JDI sejak 2013 lalu meski saat itu teknologinya masih terkendala pada beberapa aspek, seperti resolusi layar dan area pandang yang rendah, konsumsi daya, dan ketebalan layar.

JDI optimis jika teknologi sensor Pixel Eyes ini juga dapat diterapkan bukan hanya pada layar datar tapi juga lengkung (fleksibel). Implementasi Pixel Eyes bukan hanya sebatas di smartphone, tapi juga merambah ke produk lainnya, seperti mobil pintar, mesin ATM, modul akses hingga berbagai perangkat IoT.

Sensor Pixel Eyes hanya berukuran 8 x 8 mm sehingga sangat mudah diintegrasikan pada layar LCD. Rencananya, sensor JDI ini sudah mulai digunakan oleh produsen OEM pada kuartal pertama 2019.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS