June 21, 2018

Terus Tumbuh, Grab Dapat Investasi US$ 1 Miliar dari Toyota

Penulis: Desmal Andi
Terus Tumbuh, Grab Dapat Investasi US$ 1 Miliar dari Toyota  

Mobitekno – Grab baru saja mendapatkan pendaanaan dari Toyota Motor Corporation (Toyota) sebesar US$ 1 Miliar sehinggamenjadikan perusahaan otomotif Asal Jepang tersebut menjaadi investor utama dalam putaran pendanaan terbaru dari Grab. Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan pada tanggal 13 Juni 2018 lalu. Investasi ini juga akan mendorong inovasi Grab sehingga adopsi solusi mobilitas baru di Asia Tenggara bisa terwujud.

Investasi yang dilakukan Toyota ini merupakan nilai terbesar dari produsen otomotif dalam sektor ride hailing secara global. Investasi ini akan membawa Grab semakin dekat menccapai visinya menjadi platform mobilitas terpadu satu pintu. Grab juga berencana untuk menciptakan jaringan transportasi yang lebih efisien bersama para mitranya guna mengurangu kemacetan lalu-lintas, terutama di kota-kota besar.

Grab merupakan startup Asia teknologi pertama  yang telah mencapai estimasi pendapatan yang dapat diraih pada masa datang (run rate revenues) yang melebihi US$1 miliar dengan basis pengguna yang telah mengunduh aplikasi Grab mencapai lebih dari 100 juta. Pertumbuhan pesat pengguna dan pendapatan yang pesat merupakan bukti dari kemampuan kami untuk melakukan pendekatan secara hyper-local, mengeksekusi rencana secara efisien dan menyediakan platform yang paling efisien sesuai diverfisikasi kawasan Asia Tenggara. Kami bangga didukung oleh para pemimpin industri seperti Toyota, Uber, Didi dan Softbank,” kata Ming Maa selaku President Grab.

Sebagai mobile platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, investasi Toyota ini memungkinkan Grab untuk mengembangkan ragam layanan O2O yang dimilikinya, seperti GrabFood dan GrabPay, secara lebih luas di wilayah tersebut. Grab kini beroperasi di 217kota di delapan negara di Asia Tenggara dan menawarkan layanan transportasi yang aman dan terjangkau, pengantaran makanan dan paket, pembayaran mobile dan layanan keuangan melalui aplikasi Grab.

Saya gembira bahwa kami telah memperkuat kolaborasi kami, yang memanfaatkan teknologi terhubung yang dimiliki Toyota, dengan Grab, perusahaan ride-hailing terkemuka di Asia Tenggara. Kedepannya, Bersama Grab, kami akan mengembangkan sejumlah layanan yang lebih menarik, aman dan terjamin bagi seluruh pengguna kami di Asia Tenggara,” ujar Shigeki Tomoyama, Toyota Executive Vice President of Toyota in-House Connected car Company.

Untuk meningkatkan kolaborasi strategis dengan Grab, salah satu eksekutif Toyota akan ditunjuk sebagai jajaran direksi Grab dan anggota tim khusus Toyota akan mendukung Grab sebagai executive officer.

Tags: , , ,


COMMENTS