June 20, 2018

Seperti WhatsApp, Android Messages Kini Dapat Dipakai di Perangkat Mobile dan Desktop

Penulis: Iwan RS
Seperti WhatsApp, Android Messages Kini Dapat Dipakai di Perangkat Mobile dan Desktop  

Mobitekno – Selama ini, jika Anda ingin mengirimkan pesan teks ke sesorang di Android, Anda harus mengirimkannya menggunakan sebuah ponsel. Untuk urusan kirim-mengirim teks lintas perangkat (mobile dan non-mobile), pengguna Apple boleh berbangga karena aplikasi iMessage-nya sudah dapat mengirim pesan teks antara perangkiat macOS dan iOS.

Google sudah menyadari hal tersebut. Sebagai buktinya, raksasa search engine tersebut akhirnya membuat Android Messages dapat diakses dan dikirimkan melalui desktop.

Google sudah meluncurkan messages.android.com pada minggu ini sebagai portal khusus bagi para pengguna PC agar dapat mengakses dan membalas (replies) berbagai pesan.

Mekanisme untuk mengakses Android Messages mirip seperti penggunaan WhatsApp di PC desktop (WhatsApp web). Pengguna cukup men-scan sebuah QR code yang tampil agar semua pesan dapat di-sync dengan perangkatnya. Seperti WhatsApp, proses verifikasi QR code ini hanya perlu dilakukan sekali untuk setiap perangkata (PC/notebook).

Android Messages

Interface web-nya sudah mendukung fitur-fitur utama, seperti text messaging dan stickers. Fitur lainnya diperkirakan akan terus dilengkapi sejalan dengan waktu. Meski sedikit terlambat (Apple iMessage sudah tersedia), langkah Google untuk mendukung pengiriman pesan antar perangkat (bukan hanya di ponsel) ini patut diapresiasi.

Selanjutnya, fitur yang masih ditunggu banyak pengguna adalah kehadiran fitur video dan voice chat. Akankah kedua fitur ini akan hadir di update Google berikutnya? Kita simak saja kelanjutannya.

Tags: , , ,


COMMENTS