December 17, 2018

Tingkatkan Kompetensi di Bidang TI, Netika Indonesia dan QUNIE Bersama SBM-ITB Gelar Seminar Big Data dan IoT

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Tingkatkan Kompetensi di Bidang TI, Netika Indonesia dan QUNIE Bersama SBM-ITB Gelar Seminar Big Data dan IoT  

Mobitekno – Setelah sukses dengan seminar eksekutif pertamanya pada awal tahun 2018 yang membahas topik “HR Meets IT”, kini Netika Indonesia dan QUNIE Bersama School of Business and management ITB, sekolah bisnis terbaik di Indonesia di tahun 2017 menurut Global Brands Magazine dari Inggris, kembali menggelar seminar eksekutif selama satu hari bertema “The Power of Big Data & IoT in Business: Practical Case Studies in Japan and Indonesia”.

Seminar yang berlangsung pada akhir November tersebut dimaksudkan untuk melengkapi program-program yang ditawarkan oleh “QUNIE Academy”, sebuah solusi pelatihan dan pengembangan yang diluncurkan pada awal tahun ini.

“QUNIE Academy” merupakan hasil kolaborasi Netika dengan QUNIE Corporation, salah satu perusahaan konsultan manajemen terkemuka di Jepang dan anggota dari NTT Group. QUNIE Academy bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang terampil dan kompeten dengan menyediakan layanan kelas dunia, dengan program-program khusus untuk para profesional tingkat atas termasuk para manajer, direktur dan eksekutif.

Seminar yang diadakan di Kampus Jakarta SBM-ITB pada tanggal 29 November 2018 tersebut, pada sesi pagi memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar mengenai beberapa cara untuk mengaplikasikan teknologi seperti Internet of Things (IoT) dan Big Data di dalam bisnis mereka dengan menggunakan contoh- contoh yang relevan serta kasus-kasus bisnis yang nyata.

Sementara pada sesi siangnya diadakan workshop interaktif mengenai penggunaan skema inovasi model bisnis, yang menggunakan kasus dari sektor pertanian, serta pelaksanaannya di indsutri- industri lainnya.

Menurut Rizal Siddik, Manager dari QUNIE Academy, ini merupakan sesi yang sangat berguna karena, para partisipan bisa mendapatkan pemahaman mengenai bagaimana teknologi Big Data dan IoT diimplementasikan di Jepang, dan bagaimana cara mengimplementasikan teknologi tersebut dalam konteks bisnis di Indonesia, khususnya dalam industri dari masing-masing peserta.

Kunci pembelajaran dari workshop ini adalah bagaimana mengaplikasikan business model navigator, yang merupakan metodologi utama dari skema inovasi model bisnis. Peserta melakukan visualisasi model bisnis, belajar menggunakan 55 jenis model bisnis, dan mencoba merancang model bisnis dalam kelompok-kelompok kecil, sebelum mempresentasikan hasilnya kepada peserta yang lainnya.

Sementara itu menurut Dr. Ide dari QUNIE Corporation, dengan seminar tersebut para peserta banyak mendapatkan masukan yang berharga, dan diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan mereka.

Netika Indonesia dan QUNIE bersama-sama dengan SBM-ITB optimis bahwa seminar eksekutif ini telah membawa manfaat kepada para peserta yang hadir.

Seminar tersebut juga mendapat tanggapan yang positif dari para pesertanya, diantaranya peserta yang berasal dari industri IT (System Engineer). “[Ini] membuka mata kepada kita untuk praktek Big Data di Jepang sudah sejauh apa. Jadi [kita] bisa [meng] antisipasi [tren] kedepannya,”  ujar peserta tersebut  seuasai mengikuti seminar di Jakarta baru-baru ini.

Tanggapan posistif juga diungkapkan oleh Wakil Direktur dari kampus Jakarta SBM ITB, Dr. Yudo Anggoro yang memandang bahwa seminar dan workshop tersebut merupakan contoh yang baik dari kolaborasi yang dekat antara SBM ITB dengan industri.

“Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk sekolah tinggi tersebut untuk mengeksplorasi ranah-ranah baru seperti Big Data dan IoT,” ujar Yogo pada kesempatan tersebut.

Netika Indonesia dan QUNIE Bersama-sama dengan SBM-ITB yakin bahwa pendidikan profesional yang berkualitas akan menghasilkan dampak yang positif terhadap praktek bisnis di Indonesia di masa depan.

QUNIE Academy  sendiri  adalah unit yang dibentuk oleh Netika Indonesia dan QUNIE CORPORATION, yang didedikasikan untuk menyediakan solusi kepada pelaku bisnis di Indonesia. QUNIE CORPORATION dan NETIKA Indonesia membentuk kerjasama strategik pada tahun 2013. QUNIE Academy sendiri terfokus pada pengembangan pegawai dan manajemen di semua industri dan bisnis di Indonesia.

Sedangkan QUNIE CORPORATION merupakan bagian dari NTT DATA Group. NTT DATA adalah perusahaan layanan TI terdepan dan mitra inovasi bertaraf global, yang berpusat di Tokyo dan beroperasi di lebih dari 50 negara.

Tags: , , , , ,


COMMENTS