January 17, 2018

Manjakan Seller, Shopee Kembali Gelar Edukasi Mengenai Optimalisasi Jualan Online

Penulis: Eko Lannueardy | Editor: Eko Lannueardy
Manjakan Seller, Shopee Kembali Gelar Edukasi Mengenai Optimalisasi Jualan Online  

Mobitekno – Memasuki tahun ketiganya, Shopee perusahaan e-commerce terkemuka di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan kembali melanjutkan program Roadshow Kampus Shopee untuk memberikan edukasi bisnis dan sesi berbagai informasi.

Menurut Monica Vionna, Marketing Manager Shopee Indonesia, Roadshow Kampus Shopee tahun lalu mendapatkan antusiasme yang tinggi, di mana telah menjangkau sekira 30.000 pengusaha lokal di 13 kota besar Indonesia. Jumlah tersebut meningkat lebih kurang 15 kali dibandingkan tahun awal Kampus Shopee digelar.

“Untuk 2018, kami telah menyiapkan kurikulum yang lebih menarik dan komprehensif yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para penjual agar coverage kami semakin luas,” jelasnya saat memberikan sambutan dalam acara Kick Off Kampus Shopee 2018 di Jakarta, Selasa (16/1).

Targetnya, lanjut Monica, bisa menjangkau ke lebih dari 30 kota di seluruh Indonesia. Tentunya hal ini sejalan dengan visi pemerintah dalam membangun Indonesia sebagai ‘Digital Energy of Asia’ di tahun 2020.

Disamping itu, Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian, menyatakan bahwa salah satu kendala yang dialami oleh para pelaku industri kecil dan menengah adalah bagaimana mengembangkan bisnis mereka.

“Dengan Inisiatif Shopee, kami sangat menyambut positif dan optimis para pengusaha lokal di Indonesia dapat membantu pemerintah untuk mendorong percepatan industri digital ekonomi,” ucapnya.

Apa saja materi dan kegiatan didalam kampus Shopee 2018?

Shopee telah menyediakan beberapa tingkatan kelas bagi para penjual yang tergabung dalam komunitas kampus Shopee, mulai dari Beginner Class hingga Intermediate Class. Didalamnya, para peserta mempelajari beberapa topik edukasi, mulai dari pengenalan aplikasi dan fitur Shopee, hingga bagaimana mengoperasikan bisnis online dengan cara yang lebih baik, termasuk membuat data produk, operasional, penjualan, topik keuangan, dan lain-lain.

Contohnya Denny Rudiansyah, pemilik toko @Isabelshop (produk fashion wanita), yang telah bergabung di Shopee sejak 2016. Sebelum memilih e-commerce sebagai “lahan” jualan, ia dagang secara offline. Dirinya mengaku sejak mengikuti kampus Shopee di 2017, penjualannya meningkat hingga 5 kali lipat!

“Saya merasakan pertumbuhan yang signifikan bagi bisnis saya. Selain itu, berkat pengetahuan dan keahlian yang saya peroleh selama kampus Shopee, toko saya berhasil terpilih menjadi Official Shop di Shopee Mall,” pungkas Denny.

Tags: , , , ,


COMMENTS