November 16, 2018

Jadi Top 5 Games versi Play Store di 35 Negara, Garena FreeFire Bongkar Rahasianya

Penulis: Rizki R
Jadi Top 5 Games versi Play Store di 35 Negara, Garena FreeFire Bongkar Rahasianya  

Mobitekno – Bicara soal game terlaris saat ini, kita tidak bisa menutup mata terkait fakta yang ada bahwa game bergenre ‘Battle Royale’ memang tengah digandrungi oleh generasi muda di seluruh dunia, pun di Indonesia.

Game bergenre Battle Royale terpopuler saat ini masih didominasi tiga kekuatan, antara lain PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Fortnite Battle Royale dan Garena Freefire.

Khusus untuk Garena FreeFire, game ini diluncurkan untuk smartphone berbasis Android dan iOS. Kepopuleran game ini tidak bisa dipandang remeh, karena telah menjadi mobile game nomor 1 di 22 negara, termasuk Indonesia sejak 14 Januari 2018.

“Garena Freefire menjadi game terlaris di Google Play Store terhitung sejak 12 November 2018. Garena Freefire menjadi Top 5 Games versi Play Store di 35 negara, termasuk Indonesia,” ujar Christian Wihananto, Game Producer Freefire saat diwawancara dengan awak media di kantor Garena, SCBD, Jakarta, Rabu (14/11).

Google Play Store Indonesia menempatkan Garena Freefire sebagai Top 5 Game di posisi ketiga. Tercatat, lebih dari 100 juta pengguna telah men-download Garena Freefire di Play Store Indonesia.

Screenshot 2018 11 15 00 57 50 1

“Di tahun ini pertumbuhannya sekitar 600%. Hingga bulan Oktober lalu pertumbuhan pengguna Freefire mencapai 10 juta active monthly users. Bahkan ada celetukan ‘FreeFire udah kayak Go Jek aja’,” papar Chris.

Menurut Chris, Garena Freefire diminati masyarakat dunia karena menyajikan grafis memukau, namun kapasitas aplikasinya cukup kecil. “Kapasitas Freefire hanya 352MB. Kita menyesuaikan kapasitas aplikasi dengan spesifikasi smartphone. Biasanya, game bergenre serupa memiliki ukuran file aplikasi yang cukup besar,” jelas Chris.

Menurut Chris, kualitas grafis yang disajikan Freefire cukup tajam, namun settingan grafis yang disuguhkan tidak begitu tinggi, disesuaikan dengan spesifikasi smartphone.

“Freefire menyuguhkan instant entertainment. Karena waktu pertempuran di dalam game ini cukup singkat hanya 10 sampai 15 menit. Jumlah pemainnya juga lebih sedikit yakni 50 pemain. Tampilannya cukup user friendly serta inventori yang disediakan cukup beragam seperti senjata, pakaian, kendaraan dan perlengkapan lainnya cukup beragam,” tutup Chris.

Dalam waktu dekat, Garena FreeFire juga akan mengadakan tiga flagship turnamen dengan total hadiah 140 ribu USD.

Tags: , , ,


COMMENTS