May 16, 2018

F5 Luncurkan Advanced WAF Untuk Memperketat Keamanan Aplikasi Multi-Cloud

Penulis: Rizki R | Editor: Desmal Andi
F5 Luncurkan Advanced WAF Untuk Memperketat Keamanan Aplikasi Multi-Cloud  

Mobitekno – Seiring upaya industri untuk meningkatkan perlindungan dari semakin berkembangnya ancaman terhadap aplikasi, F5 baru-baru ini meluncurkan Advanced Web Application Firewall™ (WAF) sebuah solusi perlindungan yang komprehensif untuk keamanan aplikasi (firewall). Bukan Cuma Advanced Web Application Firewall, F5 juga mengembangkan portfolio solusi terintegrasi dan mandiri yang khusus didesain untuk keamanan aplikasi.

Ram Krishnan, SVP dan General Manager unit Security Business F5, mengatakan, “Riset terbaru dari F5 Labs menunjukkan, aplikasi adalah target awal pada sebagian besar upaya pembobolan. Ini menunjukkan, aplikasi manapun bisa menjadi sasaran serangan,”

F5, lanjut Krishnan, menawarkan aplikasi perlindungan terlengkap, dengan Advanced WAF sebagai teknologi fundamental yang bisa diterapkan, dikelola, serta model konsumsi yang sesuai keinginan konsumen.

Penjahat cyber, menurutnya, menggunakan software khusus yang didesain untuk membawa serangan berbahaya atau dikenal sebagai exploit. Selain exploit berlapis dan canggih, mereka juga menggunakan gelombang ancaman otomatis, memanfaatkan bot, dan melakukan semuanya berbasis perangkat internet (Internet of Things/IoT) yang bisa menghindari pendeteksian berdasarkan ciri sederhana atau reputasinya.

Advanced WAF™ yang merupakan produk terbaru F5, mendukung berbagai model konsumsi dan lisensi termasuk yang berbasis per-appbilling, langganan, dan utilitas agar pusat cloud dan pusat data bisa berjalan secara fleksibel dan maksimal.

Dengan demikian, SecOps (keamanan dan operasional) akan berkolaborasi dengan lebih baik lagi bersama DevOps (pengembangan dan operasional) dan NetOps (jaringan dan keamanan) dalam menempatkan layanan perlindungan aplikasi pada environment apapun.

“Solusi WAF dari F5 berperan penting dalam menyingkirkan berbagai ancaman. Kami akan terus mempercayakan perlindungan penting untuk keamanan aplikasi di seluruh lingkungan penting kami,” kata Dajid Fiaz, IT Infrastructure Manager, Premier Management Company.

Baik aplikasi yang dikonfigurasi untuk individual maupun massal. Pendekatan holistik ala F5 untuk mengamankan aplikasi ini bertujuan mengurangi kerumitan manajemen, meningkatkan biaya operasional (OpEx), dan mengantarkan layanan secara efisien untuk menetralkan serangan.

Meski sudah memimpin industri dalam penyediaan WAF, solusi terbaru ini akan mendorong F5 untuk lebih kompetitif. Sebab, Advanced WAF ikut menguatkan dan mendukung kinerja berbagai produk sebelumnya seperti WAF Express® dan layanan Silverline® WAF. Advanced WAF menawarkan fungsi yang berbeda untuk pelanggan, diantaranya:

  • Perlindungan terkuat terhadap pencurian dan penyalahgunaan data
  • Satu-satunya WAF yang memiliki fungsi mitigasi komprehensif terhadap ancaman bot di web dan mobile
  • Pendeteksian pada Layer 7 DDoS menggunakan machine learning dan analisa tingkah laku (behavioral analytics) untuk akurasi tinggi
  • Solusi WAF yang paling terukur di pasar

 

Tags: , , , ,


COMMENTS