December 15, 2018

Dorong Industri Game, Kementrian BUMN RI dan PT Telkom Indonesia Gelar “Spirit of Millenials Games Day 2018”

Penulis: Desmal Andi
Dorong Industri Game, Kementrian BUMN RI dan PT Telkom Indonesia Gelar “Spirit of Millenials Games Day 2018”  

Mobitekno – Saat ini, game tidak lagi dianggap sebagai industri untuk hiburan semata. Industri game sudah sama seperti olahraga sesungguhnya. Terbukti, beberapa event olahraga sudah menyertakan esport ke dalam salah satu cabang yang dipertandingkan. Salah satunya Asian Games 2018 yang baru saja digelar di Jakarta-Palembang.

Esport pun kini turut diperhatikan oleh Pemerintah. Tidak jarang kementrian terkait menjadi penyelenggara atau sponsor resmi pada pergelaran esport. Salah satunya seperti yang baru saja dilakukan oleh Kementrian BUMN RI dan PT Telkom Indonesia pada 13 Desember 2018. Kedua badan usaha tersebut menggelar event Spirit of Millenials Games Day 2018 di JI Expo Kemayoran Jakarta. Acara ini merupakan salah satu bagian dari program Spirits of Millenials yang diinisiasi oleh Kementrian BUMN untuk memberikan wadah kreativitas dan inovasi bagi karyawan muda. Ini juga menjadi salah satu pendorong semangat untuk proses transformasi BUMN dalam menghadapi era perubahan.

Dalam event ini, ada beberapa turnamen permainan yang masuk kategori eSport yang bisa dimainkan oleh para peserta. Permainan tersebut diantaranya adalah turnamen PUBG Millenial BUMN, turnamen Millenial Pro Mobile yang ditujukan untuk komunitas yang didukung jaringan Telkomsel, BOD Games Exhibition, dan turnamen Millenial Pro yan diikuti 16 finalis pertandingan IndiHome E-Sport League 2018 yang tersaring dari 3.000 peserta. Turut hadir dalam acara ini menteri BUMN Rini Soemarno yang mengapresiasi peran aktif Telkom dalam menggali potensi generasi muda.

“Lewat program Spirit of Millennials, Kementerian BUMN mendorong semangat kreativitas, kebersamaan, kerja sama dan sportivitas para generasi muda BUMN yang diharapkan bisa ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat,” kata Menteri Rini.”Telkom menuangkan semangat milenial tersebut dalam sebuah permainan digital yang sedang populer. Apa yang dilakukan Telkom cukup menarik, sebab permainan mencerminkan kecerdasan, kreativitas dan sportivitas para milenial BUMN,” lanjut Rini.

Rini juga menambahkan bahwa inisiatif Spirit of Millennials ini bertujuan agar jajaran manajemen di BUMN dapat terus membina karyawan mudanya agar bisa menjadi pegawai yang berkualitas, inovatif, dan kreatif. “Sehingga nantinya bisa membawa BUMN menghadapi berbagai perubahan di era globalisasi ini. Kami berharap BUMN dapat senantiasa eksis sebagai salah satu instrumen penting yang pendorong perekonomian bangsa,” ujar Rini.

spirit of millenials

Senada dengan Rini Soemarno, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga juga mengatakan bahwa Spirit of Millennial Games Day 2018 ini ditujukan dalam rangka mengembangkan inovasi games digital, yang diharapkan dapat mendorong perkembangan industri games di Indonesia, sehingga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Para milenial diharapkan dapat menciptakan value-added dalam setiap permainan, sehingga yang ditawarkan tidak hanya sekedar permainan yang menyenangkan, tetapi permainan yang mampu mempertajam cara berpikir, menggali kreativitas dan sportivitas, serta edukatif, sehingga games dapat digunakan sebagai media untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan memperkenalkan berbagai kebudayaan lokal atau internasional. Dengan begitu, ekosistem industri games nasional akan semakin berkembang pesat dan daya saing developer games Indonesia pun akan meningkat,” jelas Alex.

Dalam festival games ini, terdapat juga talk show dan coaching clinic dengan tema “Peran Millennials dalam Membangun Industri Games Indonesia di Masa Depan” dengan narasumber yang telah berkarya di industri games Indonesia.

Spirit of Millenials Games Day 2018 menyediakan hadiah dengan total ratusan juta rupiah dan dimeriahkan oleh berbagai pengisi acara dan rangkaian acara menarik lainnya seperti kompetisi cosplay, kompetisi logo tim, kompetisi publikasi media sosial, serta hiburan permainan lainnya seperti archery, can toss, dan dart balloon.

Tags: , , ,


COMMENTS