July 13, 2018

Smart City di Padang Pariaman akan Didukung Oleh Dassault Systemes

Penulis: Desmal Andi
Smart City di Padang Pariaman akan Didukung Oleh Dassault Systemes  

Mobitekno – Smart City menjadi sebuah konsep kota yang saat ini banyak diterapkan di banyak negara, tidak terkecuali dengan Indonesia. Kemudahan dan kenyamanan menjadai salah satu hal dalam sebuah smart city. Di Indonesia sendiri, smart city banyak dibangun di berbagai kota, dan salah satunya adalah padang Pariaman.

Untuk mendukung pembangunan dan pengembangan masa depan Padang Pariaman ini, pada tanggal 10 Juli 2018 Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman pun menandatangani sebuah nota kesepahaman (MoU) dengan Dasssault Systemes, selaku perusahaan yang memiliki solusi 3DEXPERIENCE untuk penerapan smart city. Penaandatanganan MoU ini dilangsungkan bersamaan dengan World Cities Summit 2018 yang berlangsung di Singapura belum lama ini.

“MoU ini merupakan batu loncatan inti untuk merealisasikan “Padang Pariaman Smart City Implementation Project” ungkap Bapak Drs. H. Ali Mukhni, Bupati Padang Pariaman. “Kami melihat peningkatan penetrasi internet dan smartphone dalam jumlah besar karena urbanisasi di kabupaten kami dan sangat penting bagi kami untuk mendorong adopsi teknologi IoT di tingkat kebijakan publik agar tetap terhubung dengan masyarakat dan memahami kebutuhan mereka. Kami memilih bermitra dengan Dassault Systèmes karena pendekatan kolaboratif dan pengalaman mendalam perusahaan terkait proyek kota pintar.”

Kerja sama ini akan memanfaatkan solusi 3DEXPEREIENCECity yang dimiliki Dassault Systemes untuk mendukung transformasi digital dari beragam portofolio pemerintah kabupaten.

Dassault Systèmes

Penandatanganan MoU

“Kami sangat senang bermitra dengan para pemerintah kabupaten Padang Pariaman yang memiliki visi yang sama mengenai perencanaan smart city yang berkelanjutan,” lanjut Masaki Sox Konno, Managing Director, Asia Pacific South, Dassault Systèmes.  “Manajemen smart city adalah tentang cara memahami karakter lokal kota dalam hubungannya dengan lingkungannya dan mampu menyesuaikan teknologi untuk hal unik tersebut. Aspek kolaboratif platform 3DEXPERIENCE sesuai dengan kebutuhan kabupaten setempat. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk transformasi smart city-nya,” lanjut Masaki.

Padang Pariaman sendiri merupakan salah satu kabupaten di Indonesia dan merupakan rumah bagi 17 kecamatan di provinsi Sumatra Barat. Dalam beberapa tahun ini, Padang Pariaman telah berhasil melakukaan modernisasi sistem pertaniannya sehingga dapat menghasilkan komoditas pertanian unggul untuk mendukung perkembangan pusat perkotaan.

Tags: , , , ,


COMMENTS