July 11, 2018

Astra dan UGM Dukung Akademi Kewirausahaan Masyarakat

Penulis: Desmal Andi
Astra dan UGM Dukung Akademi Kewirausahaan Masyarakat  

Mobitekno – Kewirausahawan merupakan salah satu kegiatan yang diapresiasi PT Astra international tbk karena dapat menghasilkan kreativitas,inovasi, dan menampilkan potensi masyarakat di sekitarnya. Oleh sebab itu, adanya kewirausahawan yang dijalankan oleh Creative Hub Fisipol Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta juga menjadi perhatian bagi Astra. PT Astra International Tbk pun mendukung penuh kegiatan ini karena sejalan dengan cita-cita Astra Sejahtera Bersama Bangsa.

Program AKM yang dijalankan Astra memaang menitikberatkan pada pengembangan desa. Hal ini juga sejalan dengan program Kampung Berseri Astra (KBA) yang selama ini sudah dijalankan Astra sejak tahun 2013.  KBA ini dikembangkan dengan melihat potensi dari masyarakat serta pemberdayaan apa yang cocok dengan budaya setempat tanpa menghilangkan kearifan lokal. KBA dijalankan berdasarkan 4 pilar yang dimiliki Asta dalam kegiatan kontribusi sosialnya, yakni kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan.

Sampai saat ini, Astra telah mengembangkan 73 KBA di 34 provinsi di seluruh Indonesia dan nantinya menuju 300 Desa Sejahtera di 100 Kabupaten di Indonesia.

Selain itu, Grup Astra memiliki 9 yayasan dan salah satunya adalah Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang fokus di bidang kewirausahaan dengan membina UMKM. Hingga Desember 2017, YDBA telah membina 10.374 UMKM. Untuk pemuda putus sekolah, YDBA telah melatih 716 pemuda putus sekolah menjadi mekanik. YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 65.855 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Tags: , , , , ,


COMMENTS