February 9, 2018

Lebih dari 16 Produsen Siap Buat Smartphone 5G di Tahun 2019

Penulis: Desmal Andi
Lebih dari 16 Produsen Siap Buat Smartphone 5G di Tahun 2019  

Mobitekno – Teknologi konektivitas untuk smartphone semakin berkembang. Setelah 4G, di pertengahan tahun 2017 teknologi 5G sudah mulai diperkenalkan. Bahkan, salah satu produsen chip prosesor smartphone, Qualcomm telah menyatakan siap menggelar teknologi 5G ke semua smartphone. Qualcomm memang baru saja memperkenaalkan Snapdragon X50 modem yang mendukung koneksi 5G.

Dengan X50 modem, Qualcomm juga menyatakan siap mendukung standar baru untuk konektivitas yang lebih cepat ke 18 OEM, termasuk produsen smartphone besar seperti Asus, Fujitsu, HMD Global, LG, Oppo, Sharp, Sony, Vivo, Xiaomi, dan ZTE. Qualcomm juga siap dengan rencana mereka untuk memasarkan produk mobile 5G pada tahun 2019.

Dikutip dari GSMArena, kesiapan menggelar jaringan 5G juga sudah ada di beberapa operator besar. Operator seperti AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon, dan Vodafone sudah menyatakan kesiapannya untuk mengujicoba standar baru yang dapat meningkatkan kinerja jaringan mereka.

Dari pihak Qualcomm sendiri, perusahaan ini akan menggelar demo 5G di acara Mobile World Congress (MWC) 2018. Pada demo tersebut, Qualcomm akan menunjukkan kemampuan Snapdragon X50 5G dalam hal kecepatan jaringan dengan htungan “gigabits per detik”.

Sementara itu pengujian produk dengan standar 5G jjuga akan dilakukan oleh pihak produsen paling lambat pada akhir 2018. Dengan demikian, smartphone-smartphone 5G pun bisa cepat dipasarkan pada tahun 2019. Untuk kemampuan smartphone, teknologi standar 5G NR bisa meningkatkan berbagai fitur lain, termasuk VR dan AR.

Tags: , , , , ,


COMMENTS