December 7, 2018

Hadirkan Dua Bus Anyar, Mercedes-Benz Jawab Tuntutan Moda Transportasi Aman

Penulis: Rizki R
Hadirkan Dua Bus Anyar, Mercedes-Benz Jawab Tuntutan Moda Transportasi Aman  

Mobitekno – Agen tunggal penjualan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, yakni PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), baru-baru ini telah meluncurkan dua varian bus baru untuk menjawab kebutuhan pelanggan dalam melayani transportasi jarak menengah dan jauh. Adalah Mercedes-Benz OF 1623 RF dan O500RS 1836 yang menjadi penanda bahwa DCVI selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk terbaiknya demi kebutuhan pasar transportasi di Indonesia.

“Dua kendaraan ini merupakan jawaban atas tuntutan moda transportasi yang aman. Maka dari itu, kami membawa moto Inspired by You Powered by Mercedes-Benz,” kata Marketing Director Daimler Vehicle Mercedes Indonesia, Jung Woo Park saat memberikan sambutan di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Tangerang, Kamis (6/11).

Mengenai spesifikasi yang dibawa oleh kedua kendaraan ini, dilanjutkan oleh Deputy Director Bus dan Van Sales Operation Commercial Vehicle Mercedes-Benz Indonesia, Adri Budiman. Ia menjelaskan bahwa untuk menjamin pengoperasian yang lebih aman, Mercedes-Benz OF 1623 RF dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan eksklusif dari Mercedes-Benz seperti full air brake system, dilengkapi dengan rem tambahan exhaust brake serta open throttle valve.

“Sementara itu, penggunaan stabilizer pada bagian depan maupun belakang serta parabolic spring memberikan kenyaman maksimal bagi penumpang dan pengemudi. Berbekal mesin OM 906 LA (Euro 3) yang telah mencatat perjalanan 1,000,000 km di Indonesia tanpa mengalami overhaul, menjadikan Mercedes-Benz OF 1623 RF sebagai bus yang handal untuk transportasi jarak menengah,” lanjut Adri.

Interior 1623

Ruang kokpit OF 1623 RF

Adri juga menambahkan, “Untuk bus Mercedes-Benz O500RS 1836 menggunakan mesin OM 457 LA (Euro 3) dengan pengembangan transmisi MB G-210 baru menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya serta menjadikan bus ini lebih tangguh,” ujarnya.

Untuk Mercedes-Benz O500RS 1836 versi terbaru merupakan pengembangan dari model bus premium yang telah digunakan oleh para pelanggan dan penumpang bus Mercedes-Benz di Indonesia. Pengembangan transmisi MB G-210 baru menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, menjadikan bus ini lebih tangguh.

JWP AB at Display 1623

Adri Budiman dengan Jung Woo Park berpose didepan bus OF 1623 RF dan sasis OF 1623 RF

Dibangun khusus untuk transportasi jarak jauh dan industri pariwisata di Indonesia, Mercedes-Benz O500RS 1836 hadir dengan mesin OM 457 LA (Euro 3) yang lebih bertenaga serta sejumlah fitur premium seperti cruise control, sistem pengereman canggih yang mengintegrasikan disc brake, Anti-lock Breaking System (ABS) di seluruh roda dan Anti-Skid Regulation (ASR) serta retarder dan suspensi udara dengan rigid beam axle.

Chassis 1623

OF 1623 RF

Chassis 1836

O500 RS 1836

Dalam acara peluncuran ini, Mercedes-Benz bekerjasama dengan dua perusahaan karoseri nasional, Laksana dan Tentrem. Mengutamakan keselamatan penumpang dan pengendara, Laksana mengaplikasikan metode pengujian roll-over sesuai standar UN ECE R66 Eropa pada badan Mercedes-Benz O500RS 1836. Dengan pengaplikasian metode tersebut badan bus Mercedes-Benz 0500RS 1836 dapat dibuat 400 kg lebih ringan. Pada varian Mercedes-Benz OF 1623 RF, sasis dibalut dengan body Max HDD dari Tentrem yang dikenal konsisten menggarap segmen body bermesin depan dengan menampilkan model yang dinamis.

Tags: , , ,


COMMENTS