February 7, 2018

Teknologi VR Dimanfaatkan untuk Siasati Ketakutan Anak Saat Sunat

Penulis: Iwan RS
Teknologi VR Dimanfaatkan untuk Siasati Ketakutan Anak Saat Sunat  

Mobitekno – Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) sudah diprediksi akan banyak membawa dampak positif ke berbagai aspek kehidupan manusia. Meski lebih sering diimplementasikan di dunia hiburan, VR dan AR juga mulai dicoba untuk aplikasi di industri lainnya, seperti pendidikan, industri, dan juga kesehatan atau medis.

ApIikasi VR di dunia medis belum lama ini diterapkan di Indonesia, dalam hal ini pada klinik sunat (circumcision clinic). Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, praktek sunat/khitan/sirkumsisi sudah lumrah dilakukan di Indonesia.

Kini, beberapa klinik/rumah sunat diketahui mulai mengadopsi teknologi VR dalam membantu menurunan kecemasan dan stres si anak yang akan menjalani prosedur penyunatan.

Beberapa klink sudah mulai menerapkan teknologi VR, seperti Rumah Sunatan yang memiliki jaringan klinik yang tersebar di Indonesia. Menurut Risky Febrian, analis IDC Indonesia, beberapa klinik sejenis di Indonesia juga sudah mulai mengadopsinya.

Achmad Syarif Kurniawan, Direktur Operasional Rumah Sunatan, menyatakan bahwa tujuan dari pengaplikasian teknologi VR di beberapa jaringan kliniknya adalah meningkatkan kenyamanan pasien sunat, dalam hal ini umumnya anak-anak.

“Seperti kita ketahui, anak-anak selalu suka akan hal baru. Setelah sebelumnya kami menggunakan tablet dan ipad untuk mereka yang sunat di klinik kami, sekarang kami memperbaharuinya dengan teknologi VR,” ungkap Achmad.

Dengan Virtual Reality Glasses, pengalaman sunat Jagoan Sunat serasa seperti sedang nonton film favorit di bioskop layar…

Dikirim oleh Omah Sunat pada 27 November 2017

Pada intinya aplikasi VR di sini bertujuan sebagai sarana ‘pengalih perhatian’ si anak ke berbagai konten VR yang menarik saat menjalani prosedur sunat. Tidak harus menggunakan headset VR yang mahal, seperti Oculus Rift, tapi cukup dengan menggunakan headset VR standar yang didukug dengan samrtphone yang bisa menjalankan aplikasi VR.

Tags: , , ,


COMMENTS