October 5, 2018

SCG Kembangkan Sayap Bisnis Digitalnya Melalui AddVentures by SCG

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
SCG Kembangkan Sayap Bisnis Digitalnya Melalui AddVentures by SCG  

Mobitekno – Melalui ajang Investment Forum 2018 yang digelar di Jakarta, Rabu (3/10), konglomerat ASEAN asal Thailand telah memperkenalkan AddVentures, sebagai salah satu anak perusahaannya untuk memperluas bisnis dan investasinya di sektor teknologi digital.

AddVentures by SCG yang merupakan perusahaan venture capital tersebut telah diluncurkan sejak Juni 2017. Pendirian  AddVentures dimaksudkan untuk menggandeng dan mengembangkan para startup yang akan menjadi mitra SCG.  AddVentures dalam operasionalnya telah menyediakan 3 cara kerja sama dengan  para startup  tersebut melalui venture capital fund, kemitraan ekosistem, dan investasi langsung.

Menurut Joshua Pas, Ph.D., Managing Director and Investment Committee of AddVentures by SCG, meyakini bahwa digital dan teknologi merupakan masa depan bisnis.

AddVentures by SCG dirancang secara strategis untuk memungkinkan & mendukung startup dan wirausaha di wilayah ini untuk tumbuh. Sesuai dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk menjadi ‘The Digital Energy of Asia’, “ ujar Joshua saat jumpa media di acara  Investment Forum 2018 yang mengusung tema #DigitalPassion: Transformations that Change You, di Jakarta, Rabu (3/10).

“Kami membuka kesempatan kerja sama dengan startup digital Indonesia di mana kita bisa bersama-sama berkembang dengan memanfaatkan jaringan, keahlian, dan sumber daya SCG,” Joshua menambahkan.

Menurut Joshua, tahun ini, ada 11 startup di Asia Tenggara yang telah bekerja sama dan menjadi bagian dari AddVentures by SCG. Selain ASEAN, perusahaan juga melakukan investasi dalam skala dunia seperti di Sillicon Valley, Tel Aviv, dan China.

Joshua juga menjelaskan bahwa starup yang akan diajak kerjasama tersebut adalah starup yang menggunakan konsep bisnis B2B yang menggarap bidang-bidang seperti Cement-Building Material, Packaging, dan Petrol-Chemical, sesuai dengan 3 unit bisnis utama SCG di Indonesia.

Menurut Joshua, dari Indonesia sendiri saat ini sudah ada yang berminat untuk bermitra dengan AddVentures by SCG. Joshua juga menjelaskan bahwa SCG tidak membatasi jumlah starup yang akan bermitra dengan. AddVentures by SCG, selagi masih sejalan dengan visi SCG sendiri, termasuk juga starup yang berasal dari Indonesia.

“Dengan teknologi digital, SCG dapat memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan dan mitra. Selain itu, SCG juga yakin bahwa digitalisasi adalah kunci untuk masa depan pembangunan berkelanjutan dari operasi SCG di Indonesia,”  tegas Joshua.

Selama 3 tahun terakhir, menurut Joshua,  SCG telah berfokus pada transformasi digital dalam 5 bidang utama, yaitu pasar untuk bahan bangunan, platform pembayaran untuk B2B E-Commerce, platform logistik, platform pencocokan kontraktor, serta otomatisasi bisnis dan proses manufaktur. Semua aspek transformasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dari 3 unit bisnis utama SCG di Indonesia yaitu Cement-Building Material, Packaging, dan Petrol-Chemical

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia, mengungkapkan bahwa SCG selalu berkembang dan beradaptasi terhadap evolusi dan trend selama lebih dari 100 tahun dan akan terus tumbuh di masa depan untuk memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan dan mitra. Hal ini merupakan perwujudan dari semangat kami, “Passion for Better” yang merupakan fondasi dari setiap operasi bisnis kami. Era industri 4.0 telah di depan mata dan hal ini semakin penting bagi pertumbuhan di kawasan ASEAN.

“Teknologi merupakan kunci yang dapat mendorong bisnis untuk tumbuh dan berkembang saat ini. Untuk mendorong pertumbuhan, kami semakin berfokus untuk mengadopsi teknologi pada seluruh proses perusahaan serta mengembangkan investasi ke dalam bisnis teknologi digital,” jelas Nantapong.

Tags: , , ,


COMMENTS