July 4, 2018

Rangkul Atensi Kaum Muda, Ajang Tour de France 2018 akan Libatkan Analisis Data dan Medsos

Penulis: Iwan RS
Rangkul Atensi Kaum Muda, Ajang Tour de France 2018 akan Libatkan Analisis Data dan Medsos  

Mobitekno – Amaury Sport Organisation (A.S.O.), penyelenggara ajang balap sepeda legendaris Tour de France telah bekerjasama dengan Dimension Data sejak tahun 2015 untuk membantu meningkatkan jumlah penggemar dari generasi baru 18 – 35 tahun). Hasilnya, sekitar 73 persen audiens Tour de France berhasil dirangkul di media sosial.

Sebagai partner resmi Tour de France, Dimension Data telah konsisten berinovasi dengan dukungan teknologi, video, dan penggunaan data agar experience audiens acara balap sepeda terbesar di dunia semakin meningkat.

Total kunjungan ke website juga mengalami peningkatan 15 persen setiap tahunnya. Jumlah penonton online Tour de France meningkat dari 6 juta di tahun 2014 menjadi 71 juta di tahun 2017. Ini menunjukkan audiens muda lebih menyukai tayangan di platform digital ketimbang tayangan tradisonal atau konvensional.

Untuk mendapatkan insight menarik dari lomba balap legendaris ini, Dimension Data menganalisis lebih dari 150 juta poin data dari setiap etape Tour de France dan menyajikan visualisai data real-time via analisis di kanal sosial media resmi, seperti @letourdata.

Pada ajang Tour de France 2018 kali ini (7-29 Juli 2018), siaran TV untuk pertama kalinya juga akan menampilkan data isingkat yang didapt dari media sosial. Setelah digunakan tahun lalu, Dimension Data juga akan menyertakan kemampuan analisis berbasis machine learning untuk melakukan prediksi hasil lomba. Tahun ini juga teknologi ini juga akan diterapkan untuk sistem proteksi data dari serangan siber.

Dimension Data team - Tour de France 2018

Tahun ini, Dimension Data juga memanfaatkan kreativitas kolektif dari 28 ribu karyawan globalnya melalui program innersourcing yang menciptakan ide-ide baru lainnya untuk peningkatan experience audiens. Misalnya, pemetaan tiga dimensi augmented reality (AR) dan peningkatkan algoritma prediksi hasil balapan yang lebih akurat.

“Sejak menjadi partner teknologi resmi Tour de France di tahun 2015, Dimension Data telah memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan digitalisasi data balapan. Hal ini mendorong optimisme akan adanya peningkatan jumlah penggemar muda yang dirangkul melalui kanal-kanal digital yang ada,” ujar Julien Goupil, Media Director A.S.O.

Scott Gibson, Dimension Data Digital Business Solutions Executive menambahkan bahwa Tour de France merupakan suatu ajang lomba yang komplkes (tidak dilakukan di stadion), sehingga tantangan logistiknya juga signifikan. Target yang ingin dicapai menantang sekaligus menyenangkan. Pusat data mobile dan platform analisis prediktif dikombinasikan dengan semangat tim yang luar biasa telah mendorong Dimension Data selalu inovatif pada setiap gelaran Tour de France ini.

Tags: , , ,


COMMENTS