June 4, 2018

Epson EB-696Ui: Proyektor Interaktif untuk Dunia Edukasi Penuh Fitur serta Mudah Dioperasikan

Penulis: Desmal Andi
Epson EB-696Ui: Proyektor Interaktif untuk Dunia Edukasi Penuh Fitur serta Mudah Dioperasikan  

Mobitekno – Selain seri EB-1460Ui, Epson juga memiliki EB-696Ui untuk kebutuhaan display di segmen High Education. Dari bentuk dan atribut yang dimiliki oleh proyektor ini tidak jauh berbeda dengan seri EB-1460Ui untuk perkantoran. Mengusung jarak tembak yang sangat dekat menjadikan proyektor ini tidak menimbulkan bayangan pengguna pada saat mengoperasikan proyektor EB-696Ui. Dengan menggunakan teknologi 3LCD, Epson EB-696Ui juga dilengkapi dengan berbagai fitur pintar yang tentu saja memudahkan pengguna agar aktivitas belajar mengajar lebih menarik.

Tampilan Interaktif

Ini adalah fitur yang sangat menjadi andalan dari proyektor interaktif Epson EB-696Ui ini. Kita mulia dari User Interface yang sangat mudah digunakan sehingga pengguna dengan cepat dan mudah memahami. Semua menu terlihat tidak kaku seperti melihat sebuah table. Jadi pengguna tidak akan dibuat pusing untuk mencari tools yang akan digunakan dalam proyektor interaktif EB-696Ui tersebut.

EB-696Ui-3

Memiliki fitur Finger Touch dan Dual pen, dengan EB-696Ui ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan anotasi, corat-coret, zoom-in dan out, dan juga untuk memilih objek mana yang ingin diedit. Dengan ada nya fitur sentuh ini, pegguna juga tidak perlu meminta bantuan operator untuk mengganti slide presentasi pada tampilan proyektor. Dengan menyentuh atau menggeser, slide presentasi akan berpindah dari 1 slide ke slide berikut nya.

Proyektor EB-696Ui pun bisa dikolaborasikan dengan Epson Dokumen Kamera untuk menampilkan objek yang biasa nya digunakan dalam kelas praktikum. Objek dilihat oleh Dokumen Kamera lalu ditampilkan  ke proyeksi EB-696Ui. Jadi para siswa dapat melihat dengan jelas dan detail objek tersebut karena tampilan gambar objek di proyektor dapat diperbesar sampai 12x perbesaran.

Kemudahan ini masih ditambah dengan kehadiran dual pen untuk kebutuhan kerja bersama dalam sebuah kelompok. Dual pen ini sama seperti pada seri EB-1460Ui, dapat digunakan pada berbagai jenis atribut untuk kebutuhan presentasi secara dua arah. Dual pen untuk EB-696Ui bisa digunakan untuk warna-warna apapun secara bersamaan layaknya menggunakan spidol warna-warni. Warna-warna baik keadaan tebal dan tipis ini bisa saling bertumpuk satu sama lain. Jadi, sebuah bahasan yang tampil dalam presentasi, bisa langsung dikoreksi dengan cara mencoretnya atau menambahkan catatan pada objek yang diinginkan. Untuk sektor pendidikan, kehadiran dual pen ini tentu bisa membuat guru dan murid bisa bekerja secara simultan. Pen dan jari bisa digunakan secara bersamaan dengan fungsi yang berbeda. Pen untuk menulis dan jari atau tangan untuk menghapus. Jika guru salah menulis dengan pen, ia tinggal langsung menghapus nya menggunakan tangan dengan cara menggesekan jari atau tangan nya ke objek yang ingin dihapus.

epson_eb-696ui-table-top-projection

Bukan Epson jika tidak menyuguhkan fitur menarik di dalam produk-produk nya. EB-696Ui ini bisa diaplikasikan side-by-side untuk mendapatkan hasil proyeksi yang besar. Dengan menggabungkan 2 unit proyektor EB-696Ui untuk mendapatkan 1 tampilan proyeksi. Sehingga dengan fitur ini, dua proyektor EB-696Ui bisa diproyeksikan bersama secara memanjang untuk dapat menampilkan materi yangcukup besar. Menariknya lagi, semua bisa bekerja secara bersamaan dalam satu area. Jadi, saat Anda menulis atau menggambar sebuah objek di tampilan proyektor 1, hal tersebut bisa diteruskan atau menyambung sampai ke tampilan proyektor 2 tanpa terlihat ada bagian pembatas atau penyambung diantaranya. Jadi, semua terlihat menyatu dalam satu tampilan. Padahal, ini terjadi dari hasil proyeksi dua proyektor yang dipasang seara bersebelahan.

epson-600-dual

Fitur interaktif EB-696Ui juga bisa dilihat dengan kemampuannya dalam memproyeksikan pembahasan yang ada melalui banyak PC sekaligus. Jadi para siswa dapat mengirim jendela PC mereka ke proyektor EB-696Ui. Hal ini sangat memudahkan pada saat guru melakukan penilaian kepada siswa secara langsung. Semua siswa yang menggunakan PC atau notebook pun bisa melihat ke layar notebook untuk melihat materi yang sedang diajarkan. Guru pun memiliki akses penuh untuk mengatur tampilan proyeksi di PC atau notebook para muridnya.

Konektivitas dan Performa

Konektivitas tentunya menjadi satu hal penting bagi sebuah proyektor. Semakin fleksibel konektivitas yang ada, semakin mudah proyektor digunakan. Konektivitas yang simpel juga dimiliki oleh Epson EB-696Ui. Pada proyektor ini mulai dari USB 2.0 hingga Wireless LAN bisa digunakan. Jika dilihat pada bagian inputnya, EB-696ui menyediakan banyak input, seperti USB 2.0 Type A, USB 2.0 Type B, RS-232C, Eired network, Wireless LAN 802.11b/g/n, VGA in dan out, 3 port HDMI, S-Video, MHL, audio jack, 2 mini audio jack, microphone, finger-touch interface, dan sync in dan out.

interface

Melihat banyaknya jenis koneksi yang disediakan, tentu saja semakin mudah menggunakan proyektor ini. Device apapun bisa dikoneksikan ke dalam proyektor EB-696ui ini. Bahkan koneksi juga bisa dilakukan secara wireless. Namun, dibutuhkan dongle khusus untuk hal ini. Proses pencarian untuk jenis koneksi yag digunakan juga berjalan otomatis. Jadi, Anda bebas menggunakan pilihan koneksi untuk sumber presentasi, proyektor akan mendeteksinya dan menampilkan pada layar atau whiteboard.

Untuk hal kualitas warna yang ditampilkan tidak perlu diragukan lagi. Teknologi 3LCD yang dimiliki Epson, dapat menyalurkan warna dengan lebih hidup dan nyata. Kemampuan colour light outputnya juga cukup besar, yaitu 3.800 Lumens dalam keadaan standar dan 2.900 Lumens untuk mode ECO nya. Dengan resolusi WUXGA 1920 x 1200 tampilan gambar sudah dapat melampui Full HD (tergantung sumber). Jadi, jika sumber presentasi sudah memiliki resolusi yang tinggi, tampilan proyeksi akan begitu jelas terlihat.

Dengan kemampuan-kemampuan tadi, Epson EB-696Ui ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti whiteboard dan proyektor lama. Sistem kerja keduanya bisa disatukan sehingga bisa dikatakan Epson EB-696Ui ini sebagai Digital Whiteboard yang pintar berkat kekayaan fitur-fiturnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS