November 3, 2018

Mozilla Resmi Rilis Firefox Lite dan Firefox ScreenshotGO beta untuk Meningkatkan Ecosystem Lintas Asia

Penulis: Karyo
Mozilla Resmi Rilis Firefox Lite dan Firefox ScreenshotGO beta untuk Meningkatkan Ecosystem Lintas Asia  

Mobitekno – Setelah Mozilla meluncurkan Firefox Rocket November lalu di Jakarta, Browser yang dirancang secara spesifik untuk melayani pengguna smartphone di Indonesia, kini kembali menghadirkan layanan baru Firefox Lite dan Firefox ScreenshotGO beta.

Firefox Lite adalah merupakan rebranding dari Firefox Rocket. Perubahan nama tersebut dalam rangka ulang tahunnya yang pertama (1/11 ), yang sekaligus secara resmi berubah nama menjadi Firefox Lite .

Untuk mendukung hal itu perusahaan juga akan menjalin kerja sama dengan ExpressVPN, pemimpin global dalam layanan VPN (virtual private network), untuk menyediakan pengalaman browsing yang lebih aman bagi para pengguna di Asia.

“Dengan lebih dari 130 juta pengguna smartphone, Indonesia tentunya merupakan salah satu pasar penting untuk mewujudkan misi Mozilla,” ujar Joe Cheng, Head of Product Mozilla Asia, saat peresmian Firefox Lite di Jakarta, Kamis ( 1/11/2018).

“Kami sudah melakukan beberapa penelitian untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan dari pengguna smartphone di Indonesia, dan kami juga merancang Firefox Lite berdasarkan hasil penelitian tersebut. Tentunya kami semua di Mozilla sangat gembira untuk bisa menyaksikan bagaimana browser ini mendapatkan sambutan dan reaksi yang sangat positif dari para pengguna selama setahun terakhir,” tambah Joe.

Menurut Joe, Firefox Lite telah menghemat lebih dari 4,000 jam (kuranglebih 166 hari/5 bulan) waktu pengguna sejak Firefox Lite diluncurkan. Mozilla juga memberikan estimasi bahwa mode Turbo dari Firefox Lite, yang dapat digunakan untuk memblokir konten pihak ketiga seperti iklan di halaman web, telah menghemat lebih dari 25,000 jam (lebih dari tiga tahun) waktu pengguna selama satu tahun terakhir.
Oleh karenanya lanjut Joe, Firefox Lite adalah salah satu browser dengan nilai rating tertinggi (4.6 bintang) di Google Play Store, bahkan lebih tinggi dari browser lain yang cukup populer di Indonesia. Ukuran dari Firefox Lite kurang dari 3,5MB, atau hanya 10% dari ukuran sebagian besar browser yang ada di pasaran. Karena ukuran aplikasi yang ringan, pengguna dapat terus
menggunakan update terbaru dari Firefox Lite tanpa harus khawatir akan penggunaan data yang besar. Hal ini juga sangat penting untuk pasar seperti Indonesia, mengingat hampir setengah (46%) dari pengguna internet seluler di negara ini tidak menggunakan layanan broadband (3G/4G) seperti yang tertera di laporan We Are Social versi tahun ini

Sementara itu Charles P.C Chen , Head of Business Development, Mozilla Asia, mengungkapkana bahwa pesatnya tingkat pengadopsian Firefox Lite bisa memberikan pengalaman browsing aman menggunakan ExpressVPN.

Kami melihat VPN sebagai alat penting untuk mewujudkan keamanan dan privasi berinternet. Melalui kemitraan ini, kami dapat mewujudkan pengalaman penggunaan smartphone yang lebih baik lagi,” ujar Charles P.C Chen pada kesempatan yang sama.

Mozilla bertujuan untuk membentuk internet sebagai sumber daya masyarakat dunia, dan juga terbuka dan aman untuk masyarakat Indonesia. Kini, para pengguna di Indonesia dapat menikmati masa uji coba di ExpressVPN secara eksklusif selama tujuh hari dengan gratis di smartphone Android mereka.

Firefox 2

Selain meresmikan Firefox Lite, pada kesempatan yang sama, Mozilla juga memperkenalkan aplikasi baru yang diluncurkan khusus untuk pengguna Android Indonesia, yaitu Firefox ScreenshotGo beta. Apikasi tersebut bertujuan untuk membantu pengguna dalam mendokumentasikan informasi dari berbagai aplikasi lain.

Dengan mengedepankan efisiensi dan kemudahan penggunaan, aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengambil, mengatur dan mencari screenshots dalam hitungan detik. ScreenshotGO juga dilengkapi dengan fitur Text Recognition yang bisa membantu pengguna untuk menyalin tulisan dari screenshot saat diperlukan. Menurut Cheng, banyak pengguna internet Indonesia mengambil screenshot dari artikel dan berbagai informasi menarik lainnya dari media sosial melalui browser mereka. Kami memahami bahwa pengguna juga menghabiskan banyak waktu di dalam berbagai aplikasi.

Dengan Firefox ScreenshotGo, kami ingin membantu pengguna untuk mengambil, mengatur dan menemukan screenshot yang telah diambil dari berbagai aplikasi. Fitur yang paling menyenangkan adalah Text Recognition yang memungkinkan pengguna menemukan kembali konten relevan pada web dengan cepat,” jelas Cheng

Tags: ,


COMMENTS