November 2, 2018

Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini ‘Trik’ Honor Magic 2 Bisa Usung 6 Kamera dengan Layar Tanpa Bezel dan Notch

Penulis: Iwan RS
Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini ‘Trik’ Honor Magic 2 Bisa Usung 6 Kamera dengan Layar Tanpa Bezel dan Notch  

Mobitekno – Inovasi tiada henti terus terjadi di industri smartphone. Trennay mengarah ke keunggulan kamera dan layar yang nyaris tanpa bezel, bahkan tanpa notch. Inilah yang dihadirkan produsen Honor dengan ponsel flaghsip terbarunya Magic 2.

Berbeda dari produsen lainnya, produsen yang asal usulnya dari Huawei ini mensiasati tren layar ponsel tanpa bezel (bezel-less) dan tanpa notch (notch-less) dengan menggunakan mekanisme slider yang meskipun tidak sama persis, juga telah diadopsi produsen lain, seprti Xiaomi, Oppo, Vivo, Nubia, dan Lenovo.

Selain mekanisme slider, Honor Magic 2 juga menawarkan fitur kamera unik karena mengusung 6 lensa sekaligus. Masing-masing, tiga kamera utama/belakang dan tiga kamera selfie/depan.

Honor Magic 2

Honor Magic 2 ditopang prosesor Kirin 980 dari Huawei dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan 256GB. Sementara layarnya yang seluas 6,39 inci mengadopsi teknologi AMOLED 1080p dengan screen-to-body ratio mencapai 91,5 persen.

Smartphone yang juga mengadopsi fitur sensor sidik jari di layar (in-display fingerprint sensor) sudah diperkuat chipset 7 nm terbaru HiSilicon Kirin 980 yang juga digunakan di ponsel Huawei Mate 20 series. Selain chipset canggihm, Magic 2 juiga sudah didukung RAM hingga 8 GB dan internal storage 128 GB atau 256 GB.

Honor Magic 2 datang dengan layar Super AMOLED 6,39 inci (1080 x 2340 piksel, aspect ratio 19.5:9, 403 ppi) yang nyaris tanpa bezel (screen to body diklaim 91,5 persen).

Adapun sistem enam kameranya ( tiga di depan dan tiga di belakang) juga menggunakan kombinasi sensor/lensa menarik. Triple camera di belakang terdiri dari kombinasi 16 MP (f/1.8, PDAF), 24 MP (B/W, f/1.8), dan 16 MP (wide angle, f/2.4). Sedangkan kamera di depan (selfie camera) menggunaka kombinasi tiga sensor 16 MP (f/ 2.0), 2 MP, dan 2 MP (f/ 2.4).

Honor Magic 2

Kunci dari layar Magic 2 hadir tanpa notch dan nyaris tanpa bezel adalah penggunaan mekanisme slider pada sisi belakang layar. Sisi nilah yang menyembunyikan kamera depan/selfie dan modul2 lainnya. Pengguna dapat mengakses kamera depannya seperti pada ponsel Xiaomi Mi MIX 3 terbaru.

Apabila pengguna juga ingin menggunakan fitur face unlock untuk membuka layar, slider ini pun harus wajib diaktifkan (diangkat ke atas). Namun, pengguna masih memiliki opsi lainnya untuk membuka layar dengan menggunakan fitur sensor sidik jari di bawah layar.

Kapasitas baterai Magic 2 terbilang standar untuk ponsel flaghsip (3.400 mAh) meski diklaim dudah mendukung pengisian dengan daya 40 W (10V/4A) via port port USB Type C. Port ini juga berfungsi interface audi via adapter mengingat Magic 2 ponsel tidak lagi menyertakan audio jack 3.5 mm.

Honor Magic 2 baru dipasarkan di Cina dalam pilihan warna Blue, Red, dan Black seharga mulai dari CNY 3.799 (sekitar Rp 8,2 jutaan) untuk varian 6GB/128GB hingga CNY 4.799 (sekitar Rp 10,4 juta) untuk varian 8GB/256GB. belum diketahui apakah ponsel ini juga akan dipasarkan di Tanah Air.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS