March 1, 2018

OnePlus 6 Mungkin Tambah Daftar Smartphone Android Pencontek Layar iPhone X

Penulis: Iwan RS
OnePlus 6 Mungkin Tambah Daftar Smartphone Android Pencontek Layar iPhone X  

Mobitekno – OnePlus cukup sukses memasarkan flasghip OnePlus 5T yang diluncurkan November 2017 lalu. Berbeda dari Samsung atau Apple, produsen Tiongkok satu ini masih memakai strategi untuk meluncurkan hanya satu model smartphone selama periode tertentu.

Strategi yang dulunya juga dilakukan Apple ini terbilang cukup efektif menjaga loyalitas penggunanya yang tersebar di seluruh dunia.

Memasuki paruh pertama 2018, pengguna setia OnePlus sudah mulai menanti-nantikan, seperti apa ‘penampakan’ penerus OnePlus 5T (mungkin dinakaman OnePlus 6).

Bocoran foto terbaru dari ITHOme seperti mulai sedikit menunjukkan sosok seperti apa nantinya OnePlus 6. Foto bocoran jelas menunjukkan jika sisi depan OnePlus 6 dengan layar 5,6 inci terlihat mirip dengan layar iPhone X.

Namun, jika dilihat sisi belakangnya, susunan kamera ganda dan sensor sidik jari OnePlus 6 terlihat lebih mrip Galaxy S9+. Setidaknya, ciri khas smartphone OnePlus masih terwakili dengan adanya logo ada di bawah sensor sidik jari.

Munculnya smartphone dengan layar notch di sisi atas ini, seperti Asus Zenfone 5 dan ZenFone 5, ZenFone 5Z, Leagoo S9 Pro, hinggga Oukitel U18 menunjukkan pengaruh kuat Apple iPhone dalam menentukan tren di industri smartphone.

Kini, rumor jenis layar yang sama pada OnePlus 6 dan Huawei P20 akan semakin menambah deretan produsen pengikut tren tersebut. Apakah Xiaomi dan Samsung juga akhirnya terpaksa melakukan hal sama (meniru iPhone) seperti produsen-produsen tersebut.

Argumen diplomatis (karena meniru layar iPhone) dari produsen tentunya adalah merespons keinginan pengguna yang memang menginginkan layar penuh atau ber-bezel tipis pada smartphone. Cara terefektif dan aman tentu saja mengikuti layar iPhone X yang sudah terbukti laris manis.

Namun, apakah adakah opsi/cara lain agar layar smartphone terlihat lebih penuh (full view/display) dan nyaris tanpa bezel? Tentu saja ada, seperti yang sudah dilakukan Samsung di seri Galaxy S9 atau Xiaomi pada Mi Mix. Bagaimana menurut Anda?

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS