August 31, 2017

SHAREit, Aplikasi Transfer yang Kecepatannya Bisa 200 Kali Dibandingkan Bluetooth

Penulis: Redaksi Mobitekno
SHAREit, Aplikasi Transfer yang Kecepatannya Bisa 200 Kali Dibandingkan Bluetooth  

MOBITEKNO – Proses transfer fle atau dokumen tentunya sering Anda lakukan, bisa dari smartphone ke smartphone, smartphone ke notebook, atau sebaliknya. SHAREit, aplikasi transfer berbasis Android, iOS, dan Windows ini tentunya sudah tidak asing terdengar di telinga orang Indonesia.  Tercatat, sudah 100 juta pengguna di Indonesia yang memakai aplikasi SHAREit untuk bertukar file. Berbagai masalah transfer pun yang sering dialami oleh perangkat smartphone, tablet, dan desktop kini tidak lagi ditemukan berkat adanya SHAREit.

Seperti yang kita ketahui bersama, seringkali proses transfer mengalami masalah pada saat diperlukan. Waktu transfer yang lama, file yang terlalu besar, hingga kesulitan dalam melakukan setting antar-perangkat kerap ditemui para pengguna smartphone dan desktop. Padahal, semuanya menginginkan proses transfer yang lancar dengan proses yang mudah dalam mengirimkan sebuah dokumen ke perangkat lainnya. SHAREit pun muncul sebagai solusinya dan mampu menghilangkan semua masalah tadi.

Mengapa bisa demikian? Ternyata aplikasi ini terhubung dengan perangkat lain menggunakan koneksi langsung Wi-Fi. Ada satu perangkat yang berfungsi sebagai penyedia hotspot WiFi, di mana perangkat lain terhubung ke jaringan tersebut.

Mekanisme transfer yang dioptimalkan memudahkan kecepatan hingga 200 kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth. Asyiknya lagi, semua format file dapat dikirim dan tidak dibatasi besaran filenya. Termasuk foto, video, musik, hingga aplikasi dan game.

Yang harus Anda ketahui, penggunaan jaringan internet/Wi-Fi dalam proses transfer tidak berhubungan dengan pengurangan kuota data. Jaringan tersebut murni sebagai lalu lintas data dan tidak mengurangi kuota data.

Untuk bisa menggunakannya, masing-masing perangkat yang terlibat pemindahan data terlebih dulu harus menginstal aplikasi SHAREit. Pengguna Android bisa menginstalnya di PlayStore, sedangkan pengguna iOS bisa mengunduhnya di AppStore. Sedangkan yang memakai komputer atau laptop, baik Windows maupun Mac OS, bisa mengunduhnya di situs ushareit.com.

Untuk membuktikan hal tersebut, kami pun melakukan pengujian melalui file berkapasitas lebih dari 2 GB. File ini akan menjadi subjek transfer dari perangkat smartphone ke smartphone, smartphone ke desktop atau notebook, dan sebaliknya. Ternyata, aplikasi ini benar-benar ingin menunjukkan diri sebagai platform untuk berbagi dan menerima file. Tidak heran jika tersedia dua menu SEND dan RECEIVE di bagian depan dalam ukuran yang cukup besar.

Kemudahan penggunaan aplikasi SHAREit terlihat dari tampilan antarmukanya. Aplikasi ini benar-benar ingin menunjukkan diri sebagai platform untuk berbagi dan menerima file. Tidak heran jika tersedia dua menu SEND dan RECEIVE di bagian depan dalam ukuran yang cukup besar.

Aplikasi ini menyediakan fitur pencarian data lokal secara langsung, sehingga membantu memudahkan pemilihan dan pertukaran data secara lebih efisien. Selain itu, mekanisme transfer yang dioptimalkan memudahkan dan meningkatkan kecepatan pengiriman (hingga 20 MB/detik).

Pengujiannya sendiri dimulai dengan tahap awal transfer data sebesar 2GB dari tablet iPad ke smartphone Android. File itu berisi video-video dan foto. Selain file, SHAREit juga bisa mengirimkan file dengan format ZIP, RAR dan lainnya

Untuk file yang akan dikirim, smartphone tinggal di set sebagai “SEND”. Sementara smartphone yang menerima di set sebagai “RECEIVE”. Dalam proses ini, baik perangkat pengirim maupun penerima file, harus berada dalam satu jaringan yang sama. Perlu diketahui bahwa nama jaringan bukanlah nama internet yang digunakan, melainkan nama hotspot pada perangkat, yaitu jaringan Wi-Fi yang otomatis dibuat oleh aplikasi SHAREit. Jika jaringan yang digunakan sudah sama, smartphone si pengirim akan langsung mengenali. Kita cukup mengklik avatar smartphone pengirim, maka seluruh file yang ada akan langsung ditransfer.

Dalam pengujian tersebut, mengirimkan file hingga 2GB ternyata dapat diselesaikan kurang dari 7 menit. Bayangkan jika harus menggunakan metode transfer melalui Bluetooth. Prosesnya bisa jadi mencapai total 2 hari berturut-turut.

Berkat fitur lintas platform tanpa hambatan, kecepatan transfer data 200 kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth, dan kemampuan untuk mentransfer data dalam format apa pun, SHAREit berhasil menjadi aplikasi berbagi konten paling populer di dunia.

Aplikasi ini menduduki posisi pertama dalam daftar peringkat Google Play di 36 negara dan daftar peringkat produktivitas App Store di 64 negara. Jumlah berbagai berkas yang ditransfer dengan SHAREit mencapai lebih dari 700 juta setiap hari.

Tags: , , ,


COMMENTS